Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo Jakarta

Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta (disingkat RSUPN CM) atau secara singkat Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (disingkat RSCM) secara resmi didirikan pada masa penjajahan kolonial Belanda. Tanggal berdirinya RSCM kalau tidak salah 19 Nopember 1919 (sampai tahun 2011 berarti sudah 92 tahun RSCM berdiri).

Gerbang Utama RSCM Jakarta

Gerbang Utama RSCM Jakarta

Luas RSCM mencapai sekitar 12 hektar, wow luas sekali ya. Tapi itu termasuk beberapa kavling tanah dan bangunan yang tersebar, bukan hanya yang di Salemba dan dekat FKUI Salemba saja. Ada beberapat tanah di menteng, jalan raden saleh dan tempat lainnya. (ga hapal).

Gedung A RSCM

Unit Rawat Inap Terpadu Gedung A RSCM

Pelayanan Kesehatan Spesialis

RSCM mengadakan pelayanan kedokteran spesialistik terdiri dari (kurang lebih) 23 disiplin ilmu kedokteran dan ratusan pelayanan subspesialistik (divisional). Pelayanan spesialistik tersebut dari
1) Departemen Anestesiologi dan Intensive Care,
2) Departemen Akupunktur,
3) Departemen Bedah Saraf,
4) Departemen Bedah Urologi,
5) Departemen Ilmu Bedah,
6) Departemen Farmakologi Klinik,
7) Departemen Forensik dan Medikolegal,
8) Departemen Gigi dan Mulut,
9) Departemen Gizi Klinik,
10) Departemen Ilmu Kesehatan Anak,
11) Departemen Ilmu Kesehatan Jiwa,
12) Departemen Ilmu Penyakit Dalam,
13) Departemen Kulit Kelamin,
14) Departemen Mata,
15) Departemen Mikrobiologi Klinik,
16) Departemen Neurologi,
17) Departemen Orthopedi dan Traumatologi,
18) Departemen Radiologi,
19) Departemen Radioterapi,
20) Departemen Patologi Anatomi,
21) Departemen Patologi Klinik,
22) Departemen Rehabilitasi Medik,
23) Departemen Telinga Hidung & Tenggorok (THT)

Gedung Rawat Inap Terpadu (Gedung A)

Pada tahun 2008 pemerintah yang diwakili oleh Bapak Presiden DR. Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan Gedung Rawat Inap Terpadu terbesar milik pemerintah di dalam kompleks Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo. Gedung ini memiliki 8 lantai dan 1 basement. Kapasitas tempat tidur untuk pasien rawat inap RSCM di gedung tersebut kurang lebih 650 tempat tidur. Gedung yang diberi nama singkat dengan nama Gedung A RSCM tersebut peruntukannya untuk melayani pasien ekonomi menengah ke bawah (kelas III). Ruangan didesain dengan modern, dilengkapi oleh pendingin udara sentral dan dilengkapi oleh sarana yang canggih. Dari segi SDM dan Pelayanan juga ditingkat mengacu pada kepuasan pelanggan dan keluarganya. Gedung ini telah disertifikasi dan lulus ISO 9001:2008.

Kamar pasien kelas III dan II di gedung A RSCM, 1 kamar rata-rata diisi oleh 6 tempat tidur pasien untuk kelas III dan 4 tempat tidur untuk kelas II.;

Gedung RSCM Kencana

Gedung RSCM Kencana

RSCM Kencana

Pada tahun 2010 pemerintah membuka secara resmi gedung RSCM Kencana Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo. Sebelum mendapatkan masukan dari Ibu Menteri Kesehatan (almarhum) kompleks ini akan diberi nama International Wing. Gedung RSCM Kencana berdiri 6 lantai di pinggir Jalan Diponegoro:, Salemba Jakarta Pusat. Pada waktu diresmikan kapasitas tempat tidur untuk rawat inap di RSCM Kencana baru 3 tempat tidur. Saat ini sudah hampir mencapai 30 tempat tidur.

RSCM Kencana diresmikan oleh Almarhum Ibu Menteri Kesehatan Rahayu Sedyaningsih untuk melayani pasien high class dan high economy serta high social strata. Pokoke untuk pasien yang tidak mau ribet dan tahu beres saja. Pasien di unit RSCM Kencana ini akan dilayani dengan paripurna dengan dukungan grup-grup dokter. Satu pasien akan ditangani oleh beberapa dokter berbagai disiplin ilmu dengan satu orang dokter kepala (penanggung jawab). Tentu saja tarifnya tidak seperti di Kelas III gedung A. Servicenya high tarifnya high, Kalau tidak salah tarif tempat tidur Kelas III Gedung A hanya Rp 90ribu per hari (udah dapat makan ini, dan jumlahnya kayaknya 3x, pagi, siang dan sore serta 1x snack). Nah kalo di RSCM Kencana tarifnya dari Rp2 juta sampai Rp3 juta per hari. Pasien di sini kamarnya masuk Kelas VVIP (Very-very important person), 1 kamar 1 pasien.

Pasien yang menggunakan jaminan Askes Sosial tidak dapat dilayani di unit RSCM Kencana pembiayaan semua tunai atau dijamin oleh perusahaan atau instansi yang sudah bekerja sama terlebih daulu dengan RSCM. Jadi kartu Askes tidak berlaku di RSCm Kencana.

RSCM Kirana

Cipto Mangunkusumo Eye Center

Pusat Kesehatan Mata Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo

Pada tahun 2011 pemerintah meresmikan gedung RSCM Kirana Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo. RSCM Kirana adalah pusat pelayanan kesehatan mata nasional di Indonesia. RSCM Kirana terletak di Jalan Kimia Cikini Jakarta Pusat. Gedung dengan 6 lantai ini digunakan untuk pelayanan (rawat jalan, operasi masih di tempat lain di RSCM), pemberian obat di apotek, pendidikan (dokter, dokter spesialis, perawat dan lain-lain) serta untuk penelitian kesehatan dan penyakit mata.

Unit Rawat Jalan Terpadu

Unit Rawat Jalan Terpadu adalah pengelola pelayanan rawat jalan yang dilaksanakan di poliklinik-poliklinik spesialis RSCM. Poliklinik tersebut terdiri dari 29 poliklinik dengan lebih dari 200 ruangan periksa yaitu pelayanan konsultasi rawat jalan di
1) Poliklinik Akupunktur,
2) Poliklinik Alergi Imunologi,
3) Poliklinik Anesthesi,
4) Poliklinik Bedah,
5) Poliklinik Bedah Orthopaedi,
6) Poliklinik Bedah Syaraf,
7) Poliklinik Bedah Urologi,
8) Kesehatan Anak – Paviliun Tumbuh Kembang,
9) Poliklinik Kesehatan Anak Umum,
10) Poliklinik Geriatri (Pasien khusus 50 tahun ke atas),
11) Poliklinik Penyakit Gigi & Mulut Umum,
12) Poliklinik Konsulktasi Gizi,
13) Poliklinik Hematologi Onkologi Medik (penyakit darah, kanker, dll)
14) Poliklinik Hemodialisa (cuci darah, gagal ginjal)
15) Poliklinik Kardiologi / Jantung
16) Poliklinik Kebidanan dan Kandungan (obsgyn),
17) Poliklinik Penyakit Kulit dan Kelamin,
18) Majelis Pemeriksaan Kesehatan (untuk pemeriksaan kesehatan calon PNS),
19) Poliklinik Neurologi / Syaraf,
20) Poliklinik Penyakit Dalam,
21) Poliklinik Telinga, Hidung & Tenggorokan (THT),
22) Poli Jiwa Dewasa
23) Poliklinik Madya,
24) Poliklinik Psikiatri Anak & Remaja,
25) Poliklinik Pulmonologi,
26) Poliklinik Rheumatologi,
27) Poliklinik Syaraf Kamar 63 dan
28) Poliklinik Konservasi Gigi Kebayoran (ini letaknya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, di luar kompleks RSCM) serta terakhir
29 Poliklinik Kebidanan Raden Saleh (Letaknya juga di luar kompleks RSCM, namun masih satu kecamatan, yaitu di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat)

Poliklinik Madya RSCM

Poliklinik Madya RSCM adalah pelayanan swasta dari RSCM (karena RSCM adalah RS Pemerintah, jadi pelayanan rawat jalan umumnya di luar Poli Madya ini adalah pelayanan pemerintah dengan biaya yang menjangkau masyarakat paling bawah).

Pelayanan dilaksanakan setelah jam buka Poliklinik umum tutup yaitu mulai pukul 14.00 – 17.00 setiap hari Kerja Senin – Jumat. Bertempat di Gedung URJT RSCM (depan Kampus YAI, Jln Diponegoro No. 71) Untuk informasi pelayanan bisa menghubungi sekretariat Poli Madya nomor 021-3190 0129.

Poliklinik Madya RSCM

Spanduk Poliklinik Madya RSCM

Jenis pelayanan spesialistik yang dilayani sudah cukup banyak, ada sekitar 15 pelayanan konsultasi dan tindakan yang tersedia. Informasi lanjut bisa lihat foto di atas.

Prosedur Pelayanan Pasien Rawat jalan

Jumlah Pasien di RSCM

Kunjungan pasien rawat jalan ke RSCM setiap harinya bisa mencapai 1.300 sampai 1.500 orang. Setahun bisa mencapai 270 ribu – 300 ribu orang yang memanfaatkan pelayanan kesehatan di RSCM. (Pantes parkir susah banget, makanya dengar2 di RSCM Kencana ada gedung parkir vertikal dengan daya tampung 90-an mobil).

Pasien di rumah sakit ini unik sekali dari 1.300 -1.500 pasien yang datang dan mendapat pelayanan hanya 500-600 orang yang membayar tunai. Yang lain bagaimana? Pasien RSCM yang lain menggunakan jaminan, ada yang dijamin Askes, mungkin juga jaminan perusahaan, jaminan pemerintah daerah (SKTM, Jamkesda) dan jaminan pemerintah pusat (Jamkesmas). Jadi kalau anda berobat bulan Juni 2012 dengan menggunakan Jamkesda misalnya, maka RSCM baru akan dibayar kalau tidak telat sekitar Agustus dan September 2012. Hehehe. RSCM harus kuat ya diutangin, namanya juga rumah sakit pemerintah.

Setiap hari rata-rata ada 450 – 550 pasien yang dirawat nginap di RSCM. Jadi setahun ada berapa ya? Wah tidak bisa langsung dikali 365 karena 1 pasien ada yang hanya 4 hari bisa pulang (normal), ada yang komplikasi dan berat bisa 3 bulan dirawat belum tentu bisa pulang juga. Ada pasien terlantar, sakit atau kecelakaan, sudah sembu tapi tidak ada alamat dan keluarganya. Jadi mesti diurus ke Dinas Sosial ini juga kadang memakan tempat juga.

Setiap hari ada berapa bayi yah yang lahir di umah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM)? Kalau sehari ada 10 bayi saja maka RSCM telah membantu persalinan 3.650 ibu melahirkan tiap tahun (setahun kalender 365 hari).

IGD

Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo setiap hari disesaki oleh pasien gawat atau darurat atau yang mau lahiran. Setiap hari ada 80 pasien sampai 140 pasien yang masuk melalui pintu IGD menuju RSCM atau pulang kembali ke rumah. Bahkan waktu ada kerusuhan di Jakarta pasien bisa di atas 200 pasien. Semoga tidak pernah ada lagi kerusuhan di Jakarta.

SDM RSCM

Sumber Daya Manusia yang bekerja di umah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) sekitar 5.000 sampai 6.000 orang. Dokter dan perawat semua? Bukan. SDM RSCM terdiri dari dokter umum, dokter gigi, dokter pendidikan dokter spesialis, dokter spesialisnya sendiri (sekitar 22-27 jenis dokter spesialis yang praktek dan mendidik di sini (kalau tidak salah hitung. Abis banyak sih)., dokter gigi spesialis, dokter administrasi rumah sakit, perawat yunior dan senior, bidan, apoteker, asisten apoteker, sarjana (S1) dan diploma (D3) farmasi, analis farmasi, sarjana kesehatan masyarakat, sarjana epidemiologi, sarjana kesehatan lingkungan, sanitarian, D3 kesehatan masyarakat dan administrasi rumah sakit, sarjana gizi, dietesien, ahli gizi, tenaga gizi, radiografer (RO), radioterapis, ahli teknik gigi, refraksionis optision, rekam medis, , teknik elektromedik, analis kesehatan patologi klinik, teknik transfusi darah, fisioterapis, okupasi terapis, terapis wicara, keterapian fisik, ahli audiologi, s1 Fisika Medis, dan perekam kesehata.

Selain tenaga kesehatan itu, RSCM juga didukung oleh tanaga administrasi dan keuangan yang terdiri dari ahli informasi kesehatan, ahli manajemen rumah sakit, ahli keuangan, akuntan, sarjana hukum, sarjana psikologi, sarjana ekonomi, sarjana komputer, sarjana biologi, sarjana muda ekonomi, dan lain sebagainya.

Status SDM RSCM

Status tenaga SDM Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo terbagi ke dalam beberapa staus yaitu: Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawwai Non PNS (Non PNS) dan tenaga Honorer para dokter.

Setiap tahun sebelum ada moratorium pengangkatan PNS, Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo menerima tenaga calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang ditempatkan oleh Kementerian Kesehatan ke RSCM dan disamping itu secara mandiri RSCM juga membuka lowongan kerja (loker) untuk mengangkat pegawai non PNS.

Tenaga Outsourcing RSCM

RSCM sebagai sebuah perusahaan skala besar, kalau mau dibilang demikian, tentu tidak bisa hanya mengandalkan tenaga PNS dan non PNS-nya saja. Ada banyak tenaga outsourcing juga kalau diperhatikan bekerja di sini.

RSCM adalah sebuah rumah sakit, jadi pelayanannya mulai dari pelayanan medis klinik (ini yang utama), pelayanan hotel (rawat inap dan hospitality), pelayanan restoran (makan pasien dan dokter jaga), pelayanan keamanan dan parkir serta pelayanan linen dan kebersihan (laundry dan cleaning service) semuanya harus ada dan harus lengkap. Ini semua tidak bisa dipegang dengan baik oleh RSCM. RSCM tentu harus fokus pada titik pelayanan kesehatannya dahulu baru pada bidang yang lain.

Oleh karena itu, jika anda berkunjung ke RSCM anda akan menemukan tenaga atau pekerja yang statusnya bukan tenaga RSCM, panggilan cakepnya sih pegawai outsourcing, misalnya petugas parkir (seragamnya warna hijau gitu).

Lalu ada petugas keamanan, security, seragamnya seragam satpam biasa, putih di atas dan celana gelap dengan topi polisinya (eh bukan ya). Lalu ada petugas pramusaji makanan, ini seragamnya waktu itu kemeja putih celana hitam, tapi tampaknya sekarang sudah diganti seragam yang bagus. Lalu ada petugas cleaning service dengan baju seragam warna biru keunguan dan celana biru atau ungu gelap. Ada juga petugas pengendali hama (pest control) seragamnya coklat-coklat muda gitu.

Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Tulisan ini dipublikasikan di RSCM dan tag . Tandai permalink.

222 Balasan ke Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo Jakarta

  1. Ping-balik: Pengumuman Penerimaan Lowongan Kerja Pegawai RSCM 2012 dari Bagian SDM | Pegawai BYM

  2. Kim akimoto berkata:

    AC nya kalo udah lewat tengah malam jadi dingin banget, sayang AC sentral ga bisa saya naikin suhunya kemarin pas dirawat di sana… maklum biasa tidur pake AC alam

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth. Kim Akimoto,
      Terima kasih sudah mampir di blog kami. Iya AC-nya di Gedung A Rawat Inap banyak yang ga kuat terutama utk pasien-pasien tertentu yang membutuhkan udara hangat. Hehehe. AC sentralnya ga bisa diatur-atur lagi. Kalau siang tidak begitu terasa anginnya tapi kalau tenga malam jadi dingin sekali. Tapi pada Juli 2012 ini AC-nya terasa nyaman coz Jakarta sedang panas-panasnya. Hehehe. Semoga Kim sehat selalu, salam dari kami

  3. pike berkata:

    tanya dunk.. kelas 3 hanya boleh untuk pasien askes? kalo pasien biasa (bayar langsung) bisa ga? trus berapa harga kamar per harinya. terima kasih.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth. Pike,
      Tempat tidur pasien kelas 3 di RSCM tidak hanya untuk pasien Askes, namun untuk semua golongan baik pasien yang mampu membayar tunai atau pasien yang tidak mampu, juga untuk pasien dengan jaminan seperti pasien Askes (dijamin PT Askes), pasien Jamkesmas (dijamin Depkes), pasien Jamkesda (dijamin pemda/dinas kesehatan daerah), pasien Jamper (dijamin perusahaan yang mengadakan kerja sama dg RSCM). Pasien biasa atau umum atau pasien yang membayar tunai juga bisa dirawat di kelas 3. Harganya sekitar 90ribu rupiah per hari (kalau tidak salah).

  4. iwan dwi raharja berkata:

    Sy seorg refraksionis optisien.usia 31thn,pengalaman krj di klinik mata & optik2 bsr yg ada di jkt.saat ini sy sdg mencari pekerjaan dibidang poli mata.mhn bantuan info nya.domisili sy di jaksel.ini nmr hp sy yg bisa dihubungi.trm ksh byk sblmnya…
    0815939**** / 08121913**** (iwan dwi raharja)

  5. suryanti berkata:

    adik saya yang di diagnosa dokter rumah sakit abdul muluk lampung menderita tumor di lubang hidung nya. dokter menyarankan untuk operasi di cipto,, apakah adik saya bisa dilayani dengan baik karena adik saya ingin operasi dengan menggunakan biaya dr jamkesmas??

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Mba Suryanti
      Kami ikut prihatin atas penyakit adindanya, untuk Operasi di Cipto, RS ini melayani seluruh pasien dari wilayah Indonesia dan dengan jaminan Jamkesmas. Setahu kami tidak ada masalah dan akan dilayani sama baiknya dengan yang membayar tunai.

  6. Andi Permana berkata:

    saya mau tanya utk berobat di poli urologi biaya nya berapa yah dan untuk memakai kartu jakarta sehat bisa gak karena saya tidak mampu untuk berobat yang biayanya mahal,terima kasih.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Andi Permana
      Untuk konsultasi di Poli Urologi biayanya sekitar Rp40.000. Yang mahal biaya tindakannya, jenis pemeriksaannya. RSCM menerima jaminan dari KJS (Kartu Jakarta Sehat)

  7. Yohana Budiarti berkata:

    Saya mendapat rujukan dari RSUD untuk ke poli mata RSCM. untuk jam operasional (registrasi /pendaftaran) dari dan sampai pukul berapa? jumlah rata2 untuk pasien rawat jalan mata di hari selasa berapa orang? RSCM untuk mata ini yg di jl. kimia cikini? kalau tidak menggunakan jamkesmas/kjs/jamkesda berapa kisaran biaya untuk pemeriksaan mata umumnya? apa ada alamat web RSCM yang lebih detail untuk bagian mata? Terima kasih banyak.

    • Pegawai BYM berkata:

      yth. Yohana B, untuk registrasi pasien di Gedung RSCM Kirana Jln Kimia, Cikini Jakarta Pusat mulai pukul 08.00 – 11.00. Pelayanan sampai dengan jam 15.00. Biaya untuk konsultasi dan pemeriksaan mata untuk tunai adalah Rp 70.000,-. Untuk jumlah pasien kami kurang tahu, mungkin bisa telepon ke no 021-31934878
      Untuk alamat web mungkin bisa dibuka di alamat mata-fkui-rscm.org/
      Semoga lekas sembuh dan sehat kembali. Terima kasih

  8. Melissa berkata:

    Saya ingin melahirkan di RSCM. Kebetulan dokter saya dr. Dwiana Ocvianti SpOG (Dr. Ovi) juga katanya praktek di sana. Boleh tau jadwal dokter Ovi di RSCM besarta harga kamar untuk RSCM Kencana ? Saya tidak bisa membuka jadwal praktek dokter di web RSCM.
    Terimakasih.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Melissa, Kami mendoakan mba Melissa melahirkan bayi yang sehat dan cantik/ganteng. Untuk jadwal dr. Dwiana O SpOG dan harga kamar RSCM Kencana dapat ditanyakan ke nomor telepon RSCM Kencana di 02139831100 atau 0213913162. terima kasih atas kunjungannya

  9. hery berkata:

    saya ingin tanya jadwal dokter spesialis mata buat anak kira2 sampai jam berapa?biaya yg harus dikeluarkan berapa.nomor contat person tdk bisa dihubungin apa ada yang baru.terima kasih

  10. Wati Nolis berkata:

    saya ingin bertanya , Dokter Spesialis Periodontal ada nya hari apa dan jam berapa ? terus kira-kira biaya dikeluarkan berapa ?
    Sebelumnya terimakasih ..

  11. lisa berkata:

    biaya untuk tindakan artroscopy sendi lutut brp?

  12. aris berkata:

    Selamat siang, saya mendapat informasi bahwa di RSCM terdapat pelayanan bantuan obat gratis untuk penderita HIV. Adik dari temen saya positife mendapati HIV. Saya mau nanya, prosedur untuk bisa mendapatkan pelayanan itu bagaimana? dan biaya administrasi nya berapa serta biaya rawat inap dan juga harus bertemu dengan dokter siapa? terima kasih banyak.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Aris, untuk pelayanan pasien dengan HIV/AIDS dilayani di Poliklinik HIV Terpadu di lantai 4 Gedung URJT (Unit Rawat Jalan Terpadu) RSCM (dekat Bank Mandiri RSCM). Untuk konsultasi dengan dokternya setahu saya gratis, kalau bayar untuk konsultasi Rp40ribu dan untuk penegakan diagnosis biaya pemeriksaan CD4 pasien Kelas 3 Rp119ribu.
      Untuk dokternya ada tim dokter di Poliklinik HIV, ada yang wanita dan ada dokter yang pria. Buka setiap hari Senin-Jumat.
      Untuk rawat inap, harus dengan rujukan dokter rawat jalan di Poliklinik tersebut. Biaya rawat inap kelas 3 sekitar Rp120ribu per hari. Teleponnya 500135 lalu ke pesawat 4193 atau telepon langsung 021-3905250.
      Untuk paket gratis mohon mencari informasi di nomor tersebut.
      Semoga cepat mendapat perawatan dan tertangani. Salam

  13. Jayanto berkata:

    minta infonya untuk pengangkatan polip di lambung dengan endoscopy, berapa ya biayanya?

  14. zuhelmy berkata:

    Sy ingin membawa kakak sy konsul ke Prof. Dr. dr. Sarwono, klo bole tau brp biayanya. …. Apakah pasien dtg lgs dilayani, ati hrs diboking duli jauh hari krn sy berasal dr sumatra. … Thanks

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth. Bapak Zuhelmy SKM
      Semoga kakaknya mendapat kekuatan agar cepat diberikan kesembuhan dari Allah SWT. Untuk Konsultasi dokter di RSCM Kelas 3 Rp 40-50ribu per konsultasi (Poli Umum), namun untuk Swadana sekitar Rp140ribu-200ribu per konsultasi (biasanya ini di Poli Swadana, RSCM Kencana, Poli Swasta RSCM, Poliklinik Madya). Prof.Dr.dr. Sarwono yang dimaksud mungkin konsultan Metabolik Endokrin, Departemen Ilmu Penyakit Dalam. Untuk mengetahui jadwal beliau serta mengatur jadwal pertemuan/konsultasi kesehatan mohon dpt menghubungi sekretariat Divisi Metabolik Endokrin, Departemen Ilmu Penyakit Dalam di telepon 021 3907703 atau nomor Hotline RSCM 021 500135 minta disambungkan ke Endokrin IPD nomor 3326. Terima kasih

      • zuhelmy berkata:

        Trims atas jawabannya…..
        Apakah bs mendaftar online di RSCM Kencana. …. Kk saya kena penya hyperthyroid,….
        Renc sy ke RSCM Kencana hari jumat, misalkan hr itu tdk tuntas pemeriksaannya apakah bs dilanjut hr sabtu atau hrs menunggu hr senin. ….. Thanks

  15. Kurni berkata:

    Mau tanya, untuk praktek dokter spesialis mata hari sabtu ada tidak ya?kalau ada jam brp ya?terima kasih.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Kurni,
      Dokter Spesialis Mata di RSCM Kirana buka pelayanan konsultasi dan pemeriksaan pada Hari Senin – Jumat pukul 08.00-14.00. Kalau hari Sabtu, Minggu dan Libur tidak memberikan pelayanan. terima kasih.

  16. Melissa berkata:

    Untuk USG 4 D apakah harus ada rujukan, keluhan atau boleh langsung ke RSCM? Mohon informasi berapa biayaUSG 4D di RSCM dan jadwalnya. Terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Mellisa
      Untuk USG di Klinik Mawar RSCM (lihat di obgyn-rscmfkui.com) harus ada rujukan entah dari dokter Puskesmas, Praktek swasta, atau RS kecil. Untuk USG 4 Dimensi, setahu saya sekitar 300-400 ribuan. Namun karena banyaknya pasien biasanya Calon IBu dan keluiarganya tidak diberikan CD rekaman USG tersebut. Kadang suami juga ga boleh masuk untuk lihat monitor USGNya. Hanya dapat foto 2D-nya saja. Entah mungkin kalau USGnya di RSCM Kencana (swastanya RSCM) (telp 021 3985 7799)

  17. alek berkata:

    mohon bantuanya…bagaimana prosedur untuk rujukan ke RSCM dan berapa lama untuk prosesnya..karena kondisi pasien sudah memprihatinkan sedangkan RS tempat saat ini dirawat untuk fasilitas belum memadai…terima kasih sebelumnya

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Alek, Kami ikut empati dengan kondisi keluarg/kenalan anda. Untuk rujukan ke RSCM harus ada surat rujukan dari dokter RS yang saat ini dirawat. Yang membuat proses lama adalah ada tidaknya ruang rawat yang kosong untuk kondisi yang sesuai dengan pasien tersebut (rawat intensif, rawat non infeksi, rawat khusus, dll ruang perawatan). Kalau ruang rawat kosong sebenarnya hanya 3 – 8 jam sudah bisa masuk RSCM. tapi kenyataannya saat ini ruang rawat selalu penuh. SUlit untuk masuk RSCM. Salam

  18. Namira M Rosa berkata:

    Selamat Siang, Saya ingin menanyakan jadwal praktek dr. Dwiyana Ocviyanti (dr.Ovy) di RSCM?
    Terima kasih.

    • Pegawai BYM berkata:

      Mohon coba telepon ke RSCM Kencana di nomor 021 391 3162, tanya poli kebidanan tentang jadwal dr. Ovy Kebidanan. Atau telepon ke 021 500135 lalu minta disambungkan ke Poli Kebidanan RSCM.

  19. Chairunnisa berkata:

    Assalamu’alaikum..
    Mau nanya, apakah bisa registrasi pasien di RSCM Kirana lewat telepon?
    Terima kasih..

    • Pegawai BYM berkata:

      Wa’alikum salam.
      Yth Chairunissa, coba saja telepon ke Bagian Admisi (Penerimaan Pasien) di nomor RSCM Kirana (021)31902883. Untuk informasi bisa buka websitenya http://www.mata-fkui-rscm.org . Terima kasih

      • Ferry berkata:

        Assalamu’alaikum
        Dok saya minta jadwal praktek rawat jalan untuk penyakit dalam tlg kirim k’email sy t dok makasih f.s3tiawan@gmail.com

      • Pegawai BYM berkata:

        Yth Ferry, kami tidak mempunyai jadwalnya. Namun dapat kami sampaikan bahwa dokter spesialis penyakit dalam praktek rawat jalan di Klinik Teratai, RSCM Kencana dan di Poliklinik Rawat Jalan RSCM. Jika ingin mengetahui jadwal dan biayanya bisa mengubungi RSCM Kencana dan UNit Rawat Jalan terpadu RSCM (URJT). Bisa telepon ke sentral RSCM 021-500135 lalu minta di sambungkan ke URJT. Kalau nomor telepon RSCM Kencana bisa dicari di Blog ini (di atas). Trm kasih

  20. Rizka Karisma berkata:

    Assalamualaikum, wr. wb.

    saya ingin menanyakan, apakah dokter spesialis mata memang berpusat di RSCM Kirana? dan bagaimana untuk mengetahui jadwal dokter dan ingin membuat janji temu?
    kebetulan saya ingin mendaftarkan untuk ayah tercinta saya. beliau sudah sakit Glaukoma kurang lebih 6 tahun. dulu pernah operasi penanaman lensa di salah satu klinik JakSel. tetapi sangat disayangkan, hanya bertahan 2 tahun saja penglihatan ayah saya pulih. setelah itu lensa tsb hilang, kembali konsultasi ke dokter tersebut pun, beliau mengatakan bahwa sudah tdk ada harapan untuk melihat lagi.
    kebetulan kerabat ayah saya, ada yang berhasil operasi mata di RSCM, menurut info yang diterima, kerabat ayah saya itu ditangani langsung oleh ketua dokter mata yang memang sudah sangat ahli.

    mohon bantuannya jika ada info yang patut saya ketahui.

    terima kasih.
    Rizka

    • Pegawai BYM berkata:

      Wa alaikum salam, Yth Rizka Karisma
      Kami mendoakan semoga Ayanda Rizka mendapatkan kesembuhan dan dapat pulih kembali penglihatannya. Untuk informasi mengenai Departemen Kesehatan Mata RSCM atau RSCM Kirana dapat membuka website-nya di http://www.mata-fkui-rscm.org Kalau mau telepon bisa ke nomor Telp : (021) 31902883. Untuk informasi mengenai dokter yang terbaik. Semua dokter mata di RSCM Kirana adalah yang terbaik. terima kasih

      • Rizka Karisma berkata:

        Terima kasih atas respon positif yang Bapak berikan. kebetulan sekali, kami sudah datang dan konsultasi ke RSCM Kirana hari Kamis kemarin. dan saya sangat puas dengan pelayanan yang ramah di RSCM Kirana. sangat helpfull sekali seluruh staff disana.
        dan untuk biaya konsultasi dan pemeriksaan sangat sangat murah, yaitu hanya Rp 70.000,- saja dimana itu yang saya kira hanya biaya pendaftaran saja. tapi ternyata itu sudah termasuk biaya konsul dan periksa oleh dokter-dokter ahli disana. walau Ayah saya dirujuk ke beberapa dokter bagian mata, tapi tetap tidak ada tambahan biaya. terkecuali resep obat yang memang ada biaya sendiri.

        Sekian yg dpt saya sampaikan.

        Terima kasih,
        Rizka

  21. Hermanto S berkata:

    Info Untuk Mengetahui nama2 Suster2 DiRSCM Gd.A.ada situsnya Pak. Maaf saya Tidak ada unsur apa2 dalam hal ini

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Hermanto S, informasi mengenai nama2 suster di Rawat Inap Terpadu Gedung A RSCM tidak tersedia di situs RSCM atau dimanapun. Data tersebut ada dikelola oleh Bagian SDM dan Bidang Keperawatan RSCM. Data tsb tidak ditampilkan untuk umum. Lagipula perpindahan perawat dari 1 unit / lantai ke tempat lain juga banyak perpindahan dan kerja shift-shiftan. Jadi kalau mau bertemu untuk sharing kondisi pasien/keluarga pun harus tahu jadwalnya. :) Salam

  22. aise berkata:

    Mohon info utk praktek Prof Dr Bambang Hermani di rscm kencana jadwalnya kapan yah?apakah di rscm sdh bisa melakukan operasi pita suara,mengenai biaya bisa disimulasikan,apakah menerima dari asuransi sinar mas atau prudential,mohon infonya terima kasih sebelumnya.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Aise, kami mohon maaf tidak bisa memberikan info yang tepat, untuk jadwal Prof Bambang di RSCM Kencana dan apakah sudah bisa operasi pita suara mohon menghubungi nomor telepon RSCM Kencana ke Poli THT 021 3913192 atau no telepon Call Center RSCM 021 500135 minta dsambungkan ke Poli THT RSCM Kencana.
      Untuk jaminan pembiayaan dari Asuransi bisa ditanya di nomor telepon tersebut. APakah perusahaan asuransi tsb sudah bekerja sama dan tindakan medisnya (operasi pita suara) ditanggung atau tidak. Kalau Poli THT tidak bisa menjawab mengenai perusahaan tsb maka Aise bisa minta disambungkan ke Bagian Pemasaran RSCM melalui telpon 021 500135 untuk dapat info yang lebih lengkap. terima kasih

  23. Ragil Suprianto berkata:

    Mohon info utk praktek Dr. Loemongga S, SpM di rscm jadwalnya kapan yah?
    praktek di klinik kencana atau kirana? Rencana saya akan memeriksakan mata anak saya.
    mohon infonya terima kasih sebelumnya.

  24. oktapia berkata:

    mohon info kalo biaya konsul di rscm kencana sama rscm pusat itu beda ya? kira2 brapa? saya mau konsul sama dr.lis soerachmawati spkk, kira2 bisa minta jdwal prakter rscm pusatnya ga kpn ajaa?

  25. Putri berkata:

    mohon info…apakah rscm bekerja sama dengan perusahaan waskita karya ? karena surat jaminan dari perusahaan saya (Waskita Karya) ditolak oleh bagian administrasi RSCM ? Apakah RSCM tidak ada kerja sama dengan waskita ?

  26. edi s berkata:

    Selamat malam,pak anak saya lahir prematur dan 2bln dirawt dRsud didaerah jakarta timur,menrut dokter yg menangani anak saya beliau menyaran untk test mata dan tht dirscm,,mau tanya kira2 biaya test mata ma tht berapa???dan k pakai KJs bsa g????

  27. Semi Sri Rahayu berkata:

    Mohon info, jam operasional RSCM Kirana, jam brp? terimakasih.

  28. rissa berkata:

    pgn tny kl bag fetomaternal kpn n brp biayana ya…makasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Rissa, Poli Fetomaternal (Bagian Kebidanan) buka setiap hari Senin – Jumat pukul 08.00 – 11.00 (untuk pendaftaran) Pelayanan sampai jam 15.00. Biayanya untuk konsultasi saja di Poli Kebidanan Rwaat Jalan sebesar 40 – 60 ribu.

  29. Fatma berkata:

    Selamat malam admin.
    Saya Fatma, saya pegawai baru di RSCM, saya ingin membuat surat keterangan sehat di RSCM. Apakah bisa? Dan saya harus ke poliklinik pegawai atau poliklinik umum? Kalau poliklinik madya itu bisa untuk membuat surat kesehatan atau tidak? terima kasih sebeumnya..

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Fatma, surat keterangan sehat untuk keperluan melamar pekerjaan (khususnya CPNS) biasanya yang dari RSCM tidak berlaku. Surat keterangan sehat yang diminta biasanya dari Puskesmas atau rumah sakit pemerintah lainnya. RSCM (baik di Poli Pegawai, Umum maupun Madya) setahu kami tidak mengeluarkan surat keterangan sehat untuk keperluan melamar pekerjaan.

  30. jojor betty berkata:

    saya di suruh salah satu dokter di karolus untuk konsultasi dengan dokter Gatot SPOG..mohon info dong beliau praktek kapan…

  31. Christina berkata:

    Selamat siang Admin,
    Anak sy saat ini adalah pasien dari dr. Fernandi Moegni SpOG(K) dan akan menjalani operasi rectovaginal fistula. Mohon info tarif kamar di Gedung A dan masing2 terdiri dari berapa bed?
    Terima kasih sebelumnya.

    • Pegawai BYM berkata:

      Tarif perawatan gedung A mulai dari 175rb per hari (Kelas III: 1 kamar 6 pasien) sampai 2jutaan (VVIP: 1 kamar 1 pasien). Ada juga kelas 2 4 tempat tidur, kelas 1 dan VIP (1 kamar 2 pasien)

  32. rahmat berkata:

    mf min untk hri senin rscm buka gak?mksh

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Rahmat, terima kasih sudah bertanya. RSCM pada hari Senin, 14 Oktober 2013 untukm pelayanan rawat jalan dan pemeriksaan lain tutup karena dinyatakan sebagai Hari Cuti Bersama PNS. Yang buka hanya IGD saja. terima kasih

  33. rahmat berkata:

    hri senin tangal 14,bka gak min mksh,.

  34. supriherni berkata:

    sy mau tanya bila berobat untuk pengobatan anak penis kecil dibagian apa ya. berapa biaya konsultasinya.dokternya namanya siapa terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Supri, mohon hubungi departemen kesehatan anak di Nomor 021-500135 (minta disambungkan ke Pelayanan Masyarakat Bagian Anak) untuk mendapatkan info tsb. Atau datang langsung ke Poli Anak di URJT (Unit Rawat Jalan Terpadu) di lantai 5 untuk konsultasi awal agar dapat didiagnosis dahulu kondisi anaknya. terima kasih

  35. Jenni Melissa berkata:

    Maaf kalau USG 4D di klinik anggrek RSCM biayanya brapa ya…Tks

  36. cahya berkata:

    Mohon
    info untuk dokter tht prakteknya hari apa saja dan untuk biaya konsultasinya kira2 brp ya? Terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Cahya, Dokter Spesialis THT praktek setiap hari (Senin-Jumat, kecuali hari Libur) di Rawat Jalan di Unit Rawat Jalan terpadu (URJT) dan di RSCM Kencana. Di Swadana URJT bahkan sekarang buka konsultasi sampai jam 18.00 setahu kami. Di URJT biaya konsultasi sekitar 60ribuan, di Swadana sekitar 120ribuan sedangkan di RSCM Kencana sekitar 200ribuan.

  37. supriherni berkata:

    sy mau tanya di bagian apa pengobatan anak mikropenis. berapa biayanya terima kasih infonya

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Supri, mohon hubungi departemen kesehatan anak di Nomor 021-500135 (minta disambungkan ke Pelayanan Masyarakat Bagian Anak) untuk mendapatkan info tsb. Atau datang langsung ke Poli Anak di URJT (Unit Rawat Jalan Terpadu) di lantai 5 untuk konsultasi awal agar dapat didiagnosis dahulu kondisi anaknya. terima kasih

  38. Nisa berkata:

    Yth. Maaf mau tanya, anak saya rencana konsul ke RSCM karena ada gangguan pendengaran boleh tahu ngga..kalo pakai askes bisa? Apa boleh konsultasi awal dulu tanpa melihat diagnosis dari rujukan di daerah kami..karna saya berharap hasil disgnosis di RSCM dapat memberikan hasil yang lebih baik. Makasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Nisa, RSCM menerima pasien dengan jaminan Askes. Anda nanti harus bilang di pendaftaran jenis pembayarannya apa, nanti akan diberitahukan proses pengurusannya. Untuk konsultasi awal biasanya di RSCM dilakukan pemeriksaan2 lanjutan dan lain2 untuk menegakkan diagnosis, tidak terbatas hanya melihat diagnosis rujukan. Namun kalau mau dari awal maka biasanya Askesnya tidak bisa dipakai karena tidak ada surat rujukannya. Semoga anaknya cepat tertangani dengan baik. Terima kasih

  39. dina muhaeni berkata:

    mohon infonya biaya berobat dpoli madya bag kandungan,rinciannya tuk apa aja,sudah termasuk USG blm?

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Dina, biaya konsultasi dokter kebidanan sekitar 120-170ribu, belum termasuk biaya pemeriksaan USG. USG biasa sekitar 175ribu, yang 4Dimensi sekitar 400ribuan. Terima kasih

  40. sheila berkata:

    mohon infonya, apakah RSCM Kirana melayani peserta askes rujukan dari banda aceh???? bagaimana mekanisme pendaftarannya??? suami saya sudah 6 bulan penglihatannya kabur, jika membaca pusing apalagi menyetir. sudah periksa ke RSZA, dan beberapa dokter spesialis mata tetapi tidak ada perubahan. terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Sheila, RSCM Kirana menerima peserta Askes rujukan dari seluruh Indonesia. Untuk pendaftaran membawa kartu askes dan surat rujukan dari rumah sakit daerah/asal ditujukan ke rscm jakarta. Terima kasih

  41. nadira berkata:

    mohon informasi jadwal dokter Aman B pulungan & dokter Bambang tridjaya bagian – Klinik Endokrinologi anak mksh

  42. yanto kusuma berkata:

    info untuk dokter anak brp biaya konsultasinya terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth, Bapak Yanto, konsultasi di Unit Rawat Jalan Terpadu (URJT) Poli Anak Gedung URJT Lantai 5 sekitar 40-60ribu. Kalau periksa di RSCM Kencana sekitar 200-300ribu. Kalau pakai Akses, KJS (Kartu Jakarta Sehat), Jamkesda, Jamkesmas di URJT gratis, namun tidak berlaku di RSCM Kencana.

  43. gerrardviii berkata:

    Terima kasih atas layanan blog ini. Saya ingin bertanya, saya mendapat rujukan dari dokter untuk menjalani prosedur ESWL di bagian urologi di RSCM. Karena domisili saya jauh di Pontianak (Kalbar), saya ingin tahu setelah saya melakukan pemeriksaan awal, dengan kondisi ramainya pasien di RSCM kira2 kapan saya bisa menjalani prosedur ESWL di bagian urologi, Terima kasih sebelumnya…..

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Gerrard, mohon menghubungi nomor telepon sentral RSCM 021 500135 minta disambungkan ke Tata Usaha Departemen Urologi atau langsung ke nomor Dept Urologi Nomor 021 3145592 atau 021 3152892 mungkin mereka bisa memberikan informasi. Terima kasih kembali

  44. Andi Permana berkata:

    pak tolong info utk poli urologi untuk dr.chaidir hari apa saja yah, tp bukan di RSCM kencana yg poli rscm pusat, terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Bp Andi Permana, Untuk informasi praktek dr. Chaidir, Sp.U di Poliklinik Bedah Urologi lantai 2 URJT RSCM bisa tanya ke Dept Urologi Nomor Telepon 021 3145592 atau 021 3152892 mungkin mereka bisa memberikan informasi. Terima kasih

  45. dinar berkata:

    Dear Admin,

    Mohon informasi nya untuk biaya melahirkan cesar kelas 3 di RSCM (non Kirana), dengan kondisi calon ibu memiliki penyakit giant kondiloma? apakah semua biaya yg di sebutkan sudah termasuk obat, kamar, dokter, perwatan thd bayi, dll.
    dan berapa biaya untuk tindakan kauterisasi di RSCM?
    Terima kasih.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Dinar, biaya operasi Caesario untuk persalinan di IGD Lantai 3 (Kebidanan) perkiraan kami adalah sebesar Rp4,3jutaan. Belum termasuk biaya kamar perawatan di Gedung A (sehari kira2 125ribu untuk rawat gabung kelas 3, ada kunjungan dokter 40ribu/kunjungan, biaya alat kes, obat, pampers bayi sekitar 40ribuan sehari). Biasanya tagihan pada saat keluar (3 hari) sekitar 5 – 6jutaan).
      Kalau kauterisasi kami kurang tahu perkiraanya biayanya. Terima kasih

  46. Dewi berkata:

    Dear Admin,

    Asuransi apa sajakah yang bekerjasama dengan RSCM Kencana?
    Misalnya dari AXA, Manulife, Prudential, dan Sinarmas

    Terima Kasih

  47. mamah ghazy berkata:

    Assalammualaikum wr wb.. Boleh minta recomended nama dokter untuk dokter ahli fetomaternal di RSCM kencana?? Terimakasih..

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Mamah Ghazy mohon menghubungi langsung RSCM Kencana Klinik Fetomaternal karena menurut kami semua dokter kandungannya qualified. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga sehat walafiat selalu. Salam dari kami

  48. debby berkata:

    Untuk pasien dengan KJS, apakah dikenakan biaya untuk pemeriksaan Fetomaternal ?

  49. Yuni berkata:

    Admin Yth.

    Maaf mau tanya. kalau pemeriksaan kista dll (kandungan) berapa biayanya ya (termasuk konsultasi dan USG) kalau tidak memakai KJS? (hanya ada rujukan dari Puskesmas atau dokter). Terima kasih..

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Yuni, terima kasih sudah mengirim pertanyaan, untuk pemeriksaan kista secara pasti biayanya agak sulit kami perkirakan, sebagai gambaran pendaftaran Rp60ribu, USG 175ribu, pemeriksaan biopsi sekitar 225ribu, pemeriksaan darah ??, tindakan pengambilan sampel biopsi kista biaya bervariasi tergantung kesulitan.

  50. Met pagi , ijin menyanyakan , saya anggota Polri, kebetulan istri lagi hamil kembar? kemarin kita periksa di Rs Polri Kramat jati dan di beri surat rujukan ke RSCM bagian usg 4 Dimensi, kira2 berapa biayanya ya dokter

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Pak Eko, untuk USG 4 DImensi di Klinik Mawar, Poliklinik Kebidanan dan Kandungan, URJT RSCM Lantai 1 biayanya sekitar 400ribuan, namun tidak diberikan VCD Imagenya (Video), hanya diberi fotonya saja. Sekedar informasi untuk pemeriksaan USG 4D belum dijamin oleh Askes. Semoga sehat Ibu dan Anaknya serta Ayahnya. AMin. Terima kasih

  51. zuhria berkata:

    saya ingin periksa pendengaran kalo bole tau jadwlnya kpn” saja dan biayanya brp? terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth. Zuhria, Pendaftaran Poli THT di URJT buka setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 08.30-11.00. Untuk pelayanan THT sampai dengan 14.00. Biaya konsultasi dokter spesialis Rp60ribu. Selain itu pada sore hari mulai pukul 16.00 (4 sore) THT RSCM dilayani di Poli Madya di Gedung URJT (dekat bank Mandiri RSCM). Kalo Poli Madya biayanya Rp120ribu -200ribu (untuk konsultasi dokter spesialis). Terima kasih

  52. ratnawati berkata:

    Saya mau tanya apakah gedung A rawat inap RSCM itu swastanya RSCM? kalau iya, gedung tawat inap yang pemerintah. Itu dmana? Apakah RSCM tidak menerima jaminan rawat inap dari PT Bank Rakyat Indonesia?karena saya dirujuk ke RSCM oleh kantor saya bank BRI dan sdh konsul ke Prof dadang untuk bag digestive dan disarankan rawat inap karena penyakit gastroparesis.trmkshy

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Ratnawati, Unit Rawat Inap Terpadu Gedung A atau disingkat Gedung A diperuntukkan untuk pelayanan umum. Mayoritas tempat tidur di Gedung A terutama untuk pasien kelas III, peserta Askes, Jaminan Daerah, dll. Biaya rawat inap di Gedung A relatif tidak mahal dan boleh menggunakan kartu Askes dan Jaminan lain (jadi gratis untuk pasiennya yang nanti akan diganti oleh PT Askes, Pemda, Pemkot atau Pemerintah Pusat).
      Untuk pelayanan yang terintegrasi dengan biaya mahal di RSCM dilaksanakan di RSCM Kencana.
      Untuk Jaminan Pelayanan Kesehatan dari Bank Rakyat Indonesia anda bisa bertanya ke Bagian Humas RSCM apakah sudah menjalin kerja sama dengan RSCM atau belum di Nomor 021 500135 (minta disambungkan ke Bagian Humas).
      Semoga anda cepat sembuh dan bisa beraktivitas kembali. Salam

  53. camelia berkata:

    Selamat pagi, ibu saya 2 minggu lalu terkena serangan jantung dan disarankan untuk segera di katerisasi oleh dokter dari rumah sakit harapan kita, karena jauh dr rumah, saya ingin merujuk ke rs cipto. mohon bantuan nya bagaimana prosedur penggunaan KJS dan saya harus ke bagian apa ? terimakasih banyak atas perhatiannya.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth. Camelia, selamat pagi, semoga Ibunda cepat dapat pertolongan. Untuk pelayanan Pasien KJS, pasien harus membawa surat rujukan dari RSUD dan kartu KJS-nya. Setelah mengurus Registrasi dan mendapat Nomor Rekam Medik, Silahkan keluarga datang ke UPPJ (UNit Pelayanan Pasien Jaminan) untuk mendapatkan / mengurus Surat Jaminan Pelayanan (SJP)

  54. denisha berkata:

    Maaf, mohon infonya biaya pendaftaran,konsultasi dan tindakan u/ Prof.Dr.Jusuf Misbach Sp.S berapa ya?
    Beliau praktek di RSCM yg mana dan jadwal prakteknya hari apa saja dan jam berapa?

    Mohon bantuannya,,thx

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Denisha, Prof.Dr. Jusuf Misbach, Sp.S buka praktek di RSCM Kencana, mohon menghubungi nomor RSCM Kencana. Nomornya ada di Blog ini sudah pernah kami cantumkan. Biaya konsultasi di RSCM Kencana sekitar 200-300ribu per kunjungan. Terima kasih

  55. Okwan Izzaldi berkata:

    Yth Admin,
    Mohon informasi lokasi gedung, jadwal praktek dan no. telepon divisi fetomaternal RSCM. Kira-kira berapa total biaya yang harus disiapkan untuk pemeriksaan dan konsul dokter SPOG ya?
    Apakah peserta Jamsostek (swasta) dapat dilayani?
    Demikian, terima kasih atas bantuan informasinya.
    Okwan S.
    Bekasi 17520

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Okwan Izzaldi, Poliklinik Fetomaternal terletak di sebelah kanan Gedung IGD (masuk dari Gerbang RSCM IGD) Di Jalan Diponegoro No. 71. Nomor teleponnya 021 500135 disambungkan ke ekstensi 4197 atau 4195. Biaya konsultasi dokter kandungan Rp60ribu. Buka Hari Kerja Senin – Jumat, 8.00-13.30. Untuk Jamsostek kami kurang tahu apakah sudah ada kerja sama atau belum dengan RSCM, untuk mengetahuinya hubungi Humas RSCM di Nomor 021 500135 atau telepon Pelayanan Pasien Jaminan di nomor 021 3143767 (atau SMS 021 3708 9097). terima kasih
      Salam sehat selalu. Salam

  56. Debrian berkata:

    Assalamualaikum .. Ibu saya sedang dirawat dii ruang ICU RSCM karna pendarahan kemarin dan sudah dilakukan operasi di RSCM kemarin malam .. Kalau boleh tau infonya jenis asuransi apa saja yah yang diterima di RSCM tsb? PT apa dan mengcover apa aja yah? Terimakasih
    Ditunggu infonya

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Debrian, Wa alaikum salam, Semoga ibunya cepat sehat kembali. Untuk informasi jenis asuransi swasta/atau jaminan perusahaan yang sudah bekerja sama dengan RSCM dapat menghubungi bagian humas di nomor 500135. Untuk pegawai negeri/TNI/Polri juga diterima Kartu Askes dan Askes Sosial, juga jaminan dari Pemerintah Daerah seperti Kartu Jakarta Sehat, Jamkesda dan Jamkesmas dari pemerintah pusat. terima kasih

  57. Assalammualaikum, saya mau bertanya untuk biaya operasi Hernia di RSCM itu brpa yah klo qta pasien bayar umu, terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Waalaikum salam
      Yth Andi Permana, kami tidak mempunyai informasi tarif RSCM untuk pelayanan operasi Hernia. Namun mungkin anda bisa menghubungi Bagian Tarif RSCM di Bagian Akuntansi Nomor 021 500135. Terima kasih

  58. untuk konsultasi kelainan saluran kandung kemih anak dgn dokter siapa…….dan jadwalnya tiap hari apa………..

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Bernadinus, terima kasih sudah bertanya. Konsultasi dokter spesialis anak RSCM dilayanai di Poliklinik Kesehatan Anak, URJT Lantai 5 (Gedung yang ada Bank Mandirinya). Buka setiap hari Senin – Jumat pukul 08.00 – 13.00.
      Untuk informasi lebih jelas bisa menghubungi nomor telepon sentral RSCM 021 500135. Terima kasih

  59. nurhayati berkata:

    kalau biaya berobat ketht dari pendaftaran sampai pengobatan kirakira hasis biaya berapa

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Nurhayati, Biaya pendaftaran di Poliklinik THT RSCM adalah Rp 60 ribu. Untuk pengobatan dan lain2 bervariasi tergantung diagnosis penyakit dan tindakan yang dilakukan serta jenis obatnya. Terima kasih

  60. Dian berkata:

    Assalamualaikum, mohon bantuannya, saya pns di Kota Tangerang Selatan, apakah bisa jika saya rujukannya ke RSCM? Mohon info jadwal dokter kandungan di RSCM, saya cari di website RSCM tidak dicantumkan. Apakah bisa operasi laparoscopy dengan menggunakan Askes? Tks.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Dian, RSCM adalah RS rujukan yang paling atas dan berlaku sistem pelayanan rujukan berjenjang (tidak bisa langsung dilayanai di RSCM untuk peserta Askes), kalau dari Tangerang Selatan maka biasanya tidak langsung ke RSCM tapi harus periksa dulu di Puskesmas setempat kemudian ke RSUD setempat dulu, misal dari RSUD Tangerang atau RSUD Cengkareng baru kemudian bisa dirujuk ke RSCM.
      Untuk jadwal pelayanan dokter kandungan buka setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 08.00 – 13.00 di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan lantai 1 dekat IGD RSCM. Untuk pelayanan Askes dilayani di Poliklinik ini saja. Untuk pelayanan swadana (dengan biaya tunai mandiri) dilayani di Cluster Obsgin di RSCM Kencana dan Poliklinik Madya RSCM (buka Sore Hari pukul 14.00 – 19.00)
      Untuk tindakan operasi laparoskopi kami kurang tahu apakah bisa atau tidak dengan Askes Anda bisa telepon ke nomor 3143767 atau 021 3918522 atau 021 – 37089097 untuk informasi bisa tidaknya memakai jaminan Askes untuk pelayanan operasi laparoskopi Kebidanan. Terima kasih

  61. MissekaYa berkata:

    Mohon info tentang dokter spesialisasi internis bernama dr. Faizal. Beliau mendadak menghubungi saya dr Fakfak, Papua dg alasan baru saja dipindahkan 2 minggu yg lalu ke RSCM kemudian berniat meminjam rekening saya krn satu kepentingan tertentu. Saya mencium adanya indikasi penipuan, mohon bantuan dan kerjasamanya. Terimakasih.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth MissekaYa, kami tidak mengenal nama dr. Faizal, SpPD. Hati-hati terhadap oknum yang mengaku sebagai pegawai RSCM yang meminta tolong sesuatu. Apalagi terhadap rekening Bank, bersikap tenang dan jangan terpancing untuk diminta ke mesin ATM. Saat ini begitu banyak modus, metode, teknik penipuan, lebih baik berjaga-jaga dengan mengabaikannya daripada menyesal setelah dibobol

  62. ulfah berkata:

    Yth. Mau bertanya, apakah di RSCM ada klinik psikologi atau psikiater ? Kalo ada, boleh tau info mengenai waktu dan biaya konsultasi nya . Terima kasih sebelumnya..

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Ulfah, di RSCM ada Poliklinik Jiwa Dewasa dan Poliklinik Psikiatri Anak. tenaganya adalah dokter psikiater (Spesialis Kedokteran Jiwa). Waktu buka Senin – Jumat mulai pukul 08.00 – 13.00. Biaya konsultasi umum tunai Rp60.000,-
      terima kasih

  63. Jolly berkata:

    Yth. Pegawan YBM
    Mohon info kira2 berapa biaya untuk Edescopy yg lengkap di RSCM (kalau gak salah ada 3 bagian: gestraskopi, koloneskopi, ercp?) Trimakasih sebelumnya.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Jolly, Biaya Endoskopi (saluran cerna atas, alat melewati kerongkongan) dengan biaya tunai adalah sekitar Rp 1,5juta, untuk kolonoskopi (saluran cerna bawah, alat melewati anus) sekitar Rp1,8juta. Untuk tindakan ERCP (endoskopi dengan pencitraan radiasi) sekitar Rp3-4jutaan per tindakan.
      Terima kasih

  64. aditya alfian berkata:

    assalamualaikum, saya mau tanya apakah ada lowongan untuk teknologi tranfusi darah?

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Aditya A, wa’alaikum salam. Belum ada lowongan lagi, mungkin pada Bulan Juni 2014 RSCM akan buka lowongan. Terima kasih

      • zuhelmy_skm berkata:

        Dear rumah sakit cipto

        Sy mau bertanya berapa biaya endoscopy di rscm tp di pavilunnya 

        Regrad

      • Pegawai BYM berkata:

        Yth Zuhelmy SKM, Biaya Endoskopi (saluran cerna atas, alat melewati kerongkongan) dengan biaya tunai adalah sekitar Rp 1,5juta dilaksanakan di Pusat Endoskopi Saluran Cerna (PESC). Kalau di Paviliun RSCM Kencana mungkin harganya 2-3 kalinya dari harga standar. terima kasih

  65. ari permana berkata:

    untuk pelaksanaan Endoscopy di PESC lokasinya di RSCM salemba ya ?
    jadwalnya tertentu atau tiap hari,
    ada no kontak untuk pelaksanaan endoscopy
    terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Ari Permana, pelaksanaan endoskopi dilaksanakan setiap hari kerja Senin – jumat pukul 09.00 – 16.00 di PESC (PUsat Endoskopi Saluran Cerna) di tengah-tengah kompleks rumah sakit RSCM Jalan Diponegoro No. 71, Salemba jakarta Pusat. Nomor teleponnya untuk informasi Hotline RSCM 021 500 135 atau langsung ke PESC di nomor 021 3190 5831. terima kasih

  66. rani zakiya berkata:

    Assalamualaikum…..saya mau tanya, saya peserta jamsostek dari kaltim dan sekarang sudah beralih ke Bpjs saya dirujukan ke jakarta RSCM, diagnosa kista ovarium ganas apakah RSCMKencana bisamenerima rujukannya? kalau bisa apakah di tanggung?
    salam
    sigit

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Rani Zakiya / Sigit, Wa’alaikum salam. Semoga anda diberikan kesembuhan sehingga dapat beraktivitas kembali. RSCM Kencana tidak menerima pasien dari BPJS Kesehatan (Jaminan Kesehatan nasional / JKN), hanya menerima pasien tunai / umum / swadana. Untuk pasien JKN dirawat di Kelas II Gedung A Rawat Inap terpadu. Terima kasih

  67. anggun berkata:

    Ass..mau tanya rs cipto kapan ya buka lowongan lg tahun 2014…
    Kalo boleh tau masih ada lwongan untuk rekam medis ga ya?
    Thank admin…

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Anggun, waalaikum salam. RSCM buka lowongan tenaga kesehatan (perawat, apoteker, SKM, Rekam Medis, radiografer, tenaga transfusi darah, analis) dan tenaga administrasi/non kesehatan (keuangan, komputer, teknik sipil, teknik elektro, sanitasi) padad Bulan Juni 2014. terima kasih

  68. Ping-balik: Lowongan Kerja Tenaga Kesehatan & Administrasi 2013 RSCM | Pegawai BYM

  69. Ping-balik: Pembagian SHU Koperasi KPRI RSCM 2012 | Pegawai BYM

  70. Ping-balik: Pemeriksaan Kesehatan Pegawai | Pegawai BYM

  71. Ping-balik: Tidak Ada Cuti Bersama 16 Nopember 2012 di RSCM | Pegawai BYM

  72. Ping-balik: Pengumuman Lulus Ujian Tulis Penerimaan CPNS Kemenkes RI 2013 | Pegawai BYM

  73. Ping-balik: Soal Ujian Seleksi CPNS Kemenkes RI 2013 | Pegawai BYM

  74. Ping-balik: Lowongan Kerja Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo RSCM Juni 2012 | Pegawai BYM

  75. saya mau nanya, kalo sakit diabetes kedokter spesialis penyakit dalam bagian apa ya??

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Npvilla A M, assalamu alaikum. Kalau DM (diabetes mellitus) berobat ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam (SpPD) saja sudah cukup tertangani dengan baik. Namun kalau perlu lanjutan ke Subspesialis Metabolik Endokrin Penyakit Dalam. Kalo di Unit Rawat Jalan terpadu URJT ke Poliklinik PD lantai 2 lalu ke ruang periksa Endokrin. terima kasih

  76. sabti yuliani berkata:

    Untuk dokter spesialis THT hari sabtu buka tidak?? kalau hari biasa buka jam berapa untuk spesialis THT dan jam pendaftaran jam berapa saja?? untuk biaya dokter spesialis THT brapa???

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth, Sabti Yuliani, Poli THT Rawat Jalan RSCM tidak buka pada hari Sabtu dan Libur. Waktu operasionalnya adalah pada hari Senin – Jumat pukul 08.00 – 13.00. Terletak di lantai 4 Gedung Unit Rawat Jalan terpadu RSCM (URJT). Biaya konsultasi dokter THT di poli rawat jalan Rp 60ribu. Oh ya untuk konsultasi pada pukul 14.00 – 17.00 dilayani di Poli Madya RSCM, kalau di Poli Madya biayanya sekitar 130-150ribu setiap konsultasi. terima kasih

  77. sabti yuliani berkata:

    untuk yang jam 14.00-17.00 itu hanya untuk konsultasi atau sekalian tindakan??? untuk polimadya letaknya di lt.4 gedung URJT Bukan???

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Sabti Y, selain konsultasi jika diperlukan bisa dilakukan tindakan/pelayanan penunjang. Yang saya tahu registrasinya di lantai 1 untuk Poli Madya. Tempat periksanya mungkin di lantai 4 juga. Untuk info lengkap Polimadya bisa telpon nomor yang tertera di website ini.

      • anggun berkata:

        Mksh min infonya…
        Tpii ko ada yg bilang per 3 bln sekali? Apakah benar ?
        Nah kemarin saya kirim lamaran bulan desember pertengahan katanya bln desember pertengahan udh telat karena sdh proses test2 dsb. Lalu saya disuruh untuk kirim lamaran kembali pada bln februari. Itu benar ga yaa ?
        Maaf mimin ceritanya kepanjangan :)

      • Pegawai BYM berkata:

        Yth Anggun, trm kasih kembali. Umumnya pembukaan lowongan yang 3 bulan sekali terbatas hanya untuk tenaga perawat. Kalau tenaga lain biasanya hanya setahun sekali. Untuk lowongan Bulan Februari 2014, kami pikir itu mungkin benar karena saya dengar itu untuk mengganti pegawai honorer yang menjadi CPNS di luar RSCM. Tenaga yang dibutuhkan pada Februari 2014 adalah tenaga D3 Analis Kesehatan, D3 & S1 Farmasi/Apoteker, D3 Elektromedis (ATEM) dan D3 Rekam Medis. Syaratnya Perguruan Tingginya ter-Akreditasi B. Terima kasih

  78. Ping-balik: Lowongan Kerja Tenaga Kesehatan RSCM Februari 2014 | Pegawai BYM

  79. anggun berkata:

    Lalu saya hrs ngirim lamaran lagii atau cukup yang saya kirimkan pd bulan desember ??
    Makasih sebelumnyaa

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Anggun, mungkin anda akan dihubungi oleh Bagian SDM RSCM, atau anda bisa juga hubungi bagian SDM RSCM di nomor hotline RSCM 021-500135 minta disambungkan ke Bagian SDM RSCM. terima kasih

  80. suyamti berkata:

    Assalamualaikum,ini bu yanti di priok,mau tanya kalau berobat di cipto bagian penyakit dalam ada di bagian mana? dan jadwalnya hari apa saja,mohon infonya terimakasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Waalaikum salam wr wb, Yth Bu Yanti. Terima kasih sudah bertanya, berobat ke dokter spesialis penyakit dalam RSCM letaknya di Lantai 2 Gedung Unit Rawat Jalan Terpadu ((URJT) letaknya di gedung yang ada Bank Mandiri). Pendaftaran Poliklinik Penyakit Dalam buka setiap hari kerja Senin – Jumat mulai pukul 08.00-11.00 (pemeriksaan pasien sampai 14.00). Biayanya Rp60ribu per konsultasi.
      Untuk Poli Madya buka setiap hari Senin – Jumat jam 14.00 – 17.00. Biayanya Rp220ribu per konsultasi (di luar obat-obatan dan lab). Terima kasih

      • ryan berkata:

        Salam,
        Saya dari Samarinda Kaltim, terdiagnosa hepa B. Ada rencana untuk melakukan 2nd opinion di RSCM. Mohon bisa dibantu utk arah konsultasi dokter dan berapa biaaya rawat inap di ruangan yg 1 kamar 1 org. Tks

      • Pegawai BYM berkata:

        Yth Bapak Ryan, salam hangat, semoga kesehatan anda akan baik kembali. Konsultasi untuk kasus Hepatitis B bisa ke dokter spesialis penyakit dalam divisi Hepatologi. Untuk pelayanan kesehatan website-nya bisa buka di http://hepatologi.org/alpha/?page_id=13 . Untuk biaya rawat inap Ruangan VVIP 1 kamar 1 orang biayanya sekitar 2 jutaan. Telepon rawat inap RSCM Kencana di nomor 02139831100 atau 0213913162. Atau bisa telepon ke Hotline 021 500135 minta disambungkan ke Gedung A (Rawat Inap Terpadu).

  81. Dina berkata:

    Mau Tanya berapa tarif businasi oesephagus dan jadwalnya baik di rscm atau di kenanga

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Dina, informasi tarif Tindakan Businasi Esofagus di Pusat Endoskopi Saluran Cerna (PESC) Penyakit Dalam dapat ditanayakan di nomor PESC 021 3190 5831. Kalau dari RSCM Kencana (bukan kenanga) tarifnya dikali 2,5 sampai 3 kali tarif biasa. Terima kasih

  82. djoni syahril berkata:

    Selamat pagi … biaya untuk USG di jalan kimia berapa ? apakah harus ambil no antrian dulu.?Anak saya mau di operasi tumor di perutnya di luar rahim menurut dr di RS Jakarta harus di USG disini. Terima kasih

  83. Zuandi berkata:

    selamat malam..mohon infonya, anak saya 45 hari rencananya akan dibiopsi hati oleh DR.dr.Hanifa Oswari,Sp.A(K) setelah dirujuk oleh beliau ke RSCM.Sy mau tanya. untk biayanyya dikenakan brapa ? serta prosedur saat sy dtng ke Rscm seperti apa ? trima kasih sebelumnya.
    wassalam.

    • Zuandi berkata:

      mksdny akan dibiopsi

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Bapak Zuandi, Selamat Malam. Semoga pemeriksaan anaknya berjalan baik dan ananda menjadi sehat walafiat kembali. Biaya biopsi hati untuk pasien anak sekitar kira-kira Rp1,7jutaan. Untuk prosedur registrasi pasien baru, Bapak dapat datang ke Gedung URJT RSCM, yang ada kantor Bank Mandirinya, (tepat di seberang jalan Gedung kampus YAI Salemba) di lantai 1 dengan membawa surat rujukan dari dokter tsb. Di Lobby tersebut juga ada petugas RSCM yang akan melayani pertanyaan pengunjung. Untuk telepon bisa menghubungi Hotline RSCM 021 500135 minta disambungkan ke Bagian Humas. Terima kasih. Wassalamu alaikum wr wb.

  84. Yth pEgawai BYM:saya mau tanya ibu saya sudah bolak balik (rawat jalan) ke rs swasta di jakarta dgn diagnosis dokter internisnya yaitu maag (lambung) ttp sampai saat ini blm ada kemajuan yg berarti krn ibu saya masi merasakan nyeri di perutnya.jika saya ingin membawa ibu saya ke rscm pusat saya harus ke poliklinik mana?krn saya searching di internet penyakit ibu saya mirip dgn gejala kanker lambung olh krn itu saya ingin memeriksakannya secara detail di rscm.saya pernah baca di rscm ada Poli Gastro Penyakit Dalam RSCM,klo sya mau ke poli tsbt saya ke gedung sebelah mana ya & menemui dokter sapa?krn saya belum pernah sama sekali ke rscm.mohon infonya jg untuk jadwal dokter di poli gastro tsbt & biaya konsul,cek darah lengkap,endoscopi dll yg berkaitan dgn penyakit ibu saya.tks

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth. Fitriana Lestari, penyakit lambung memang banyak jenis ragamnya dengan gejala dan tanda yang mirip-mirip. Kalau mau konsultasi ke Poliklinik Penyakit Dalam RSCM bisa datang langsung kalau membayar tunai ke Lobby RSCM di dekat kantor Bank Mandiri yang pintu masuknya ada patungnya Dr. Cipto Mangunkusumo, pendaftaran pasien baru tunai. Kalau sudah dari Lobby nanti langsung mengantri di Ruangan periksa Poliklinik Penyakit Dalam Dokter Gastroenterologi di Lantai 2 gedung yang sama (Gedung URJT). Biaya konsultasi sebesar Rp60ribu, biaya periksa darah lengkap 600ribuan, periksa tinja 300ribuan, biaya EKG 75ribu, biaya endoskopi Rp1,6jutaan. Kalau dokternya ada banyak, saya tidak hapal jadwalnya. Jadwal buka Poli Gastro Penyakit Dalam mulai 08.00 – 11.00 setiap hari kerja Senin – Jumat (kecuali hari besar libur). Semoga Ibundanya mbak Fitri sehat kembali. Salam

  85. Wiyatno berkata:

    selamat sore, saya ingin bertanya apa RSCM cipto membuka praktek untuk anestesi/hemodialisa/kamar operasi, jika ada bulan apa ya dan biaya berapa?
    terima kasih sebelumnya

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Wiyatno, selamat sore, RSCM Jakarta memang sejak dari jaman dahulu kala sudah membuka bukan hanya pelayanan / praktek anestesi, hemodialisa, dan kamar operasi. Mungkin sejak tahun 1960-an sudah bisa melakukan hal-hal tsb. Biaya anestesi tergantung tindakannya kalau konsultasi saja Rp60-120ribuan, biaya hemodialisa (cuci darah) berkisar Rp800-1,5jutaan, kamar operasi mungkin 1,2juta -3jutaan (sebenarnya biaya tsb biasanya sudah dimasukkan kedalam biaya operasi sedang atau besar). Terima kasih

  86. Rahmah berkata:

    Saya mau bertanya, jadwal praktek Dr. Muharam itu kapan dan jam berapa aja yaa?? soalnya ga nemu-nemu cari jadwalnya..Terimakasih atas infonya..

  87. Gita berkata:

    Sya gita dr pontianak klo mw daftr bt HD ma simino d sana gmna syarx ap sja klo daftar via tlp bs gak ntr syaratx kmi fax,,,klo bs nomor tlp yg bs d hubungi donk trimaksih sblumnya,,,

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Gita, untuk pendaftaran HD di RSCM sepertinya sudah penuh dengan pasien rutin. Untuk pemasangan Semino kami kurang tahu persyaratannya. Nomor telpon ke Hotline RSCM saja mbak di Nomor 021 500135 minta disambungkan ke Unit HD Lantai 8 Gedung PJT

  88. FanOmali berkata:

    Saya mau tanya kisaran biaya operasi plastik rekonstruksi bibir bawah dan dagu kalo rawat inapnya di BCH brp, di PTK brp ? mungkin beda biaya operasi swadaya dan swadana

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth FanOmali, kami kurang tahu besaran biaya operasi plastik untuk Bedah Anak (BCH) dan di PTK (Paviliun Tumbuh Kembang). Sulit untuk mencoba menghitungnya karena variabilitasnya besar. Perbedaan biaya untuk tunai biasanya dibedakan dari kelas perawatan pasien. Pasien dari Ruang VVIP dan VIP berbeda dengan biaya tunai untuk pasien dari ruangan kelas 3. Kadang2 pasien VIP membayar sampai 3x dari tarif pasien kelas 3 (ada subsidi silang). Terima kasih

  89. dicky berkata:

    Saya dicky,istri saya menderita anemia saya mendapat rujukan dari RS Sukmul tj priok untuk tranfusi darah ke rumah sakit yang bisa menangani di karenakan adanya kelainan darah pada bagian antibody,dokter menyarankan ke rs persahabtan atau rd darmais,apakah tindakan tsb bisa di lakukan di rscm dengan jaminan BPJS(jamsostek) mohon penjelasan prosedurnya,terimakasih.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Dicky, semoga isterinya kembali sehat dan beraktivitas kembali. RSCM bisa menangani pasien anemia dan memberikan pelayanan untuk mengobatinya. RSCM juga bekerja sama dengan BPJS (Jamsostek). Namun memang RSCM saat ini penuh sekali dengan belasan ribuan pasien rawat jalan dan ribuan pasien (calon) rawat inap. Pelayanan Anemia biasanya ditangani di Unit Rawat jalan Terpadu (URJT) Poliklinik Penyakit Dalam Divisi Hematologi Lantai 2 dengan sebelumnya mengurus di Counter Registrasi BPJS di lantai 1. Terima kasih

  90. alifa berkata:

    Maaf saya mw tau info ttg total biaya eswl di klinik kencana berapa ya??
    Trims sblumnya..

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Alifa, biaya tindakan ESWL di RSCM Kencana kami kurang tahu. Mungkin bisa menghubungi Klinik Urologi RSCM Kencana di Nomor Hotline 021 500135. Untuk biaya Tindakan ESWL pasien swadaya sekitar Rp5-7jutaan. Itu biaya tindakan dan dokternya saja belum termasuk obat, pemeriksaan penunjang jika diperlukan (Lab, Rontgent) dan konsultasi di luar Dokter Urologinya. Terima kasih

  91. mella berkata:

    maaf mau nanya..biasanya selisih berapa hari ya hari testnya dari waktu pendaftaran? terimakasih ..

  92. Yenny Suryadi berkata:

    Maaf mau tanya Ibu mertua saya mengalami penyakit syaraf di pinggul kejepit udah lama ( sek 15 thn ) sekarang-sekarang terasa lagi dan menurut dokter penyakit dalam harus melakukan MRI di Cipto kira-kira harganya berapa dan bs g menggunakan kartu askes ( dulu almarhum bpk mertua saya PNS )

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Yenny Suryadi, semoga Ibu Mertua mba Yenny diberikan kesembuhan. MRI sekitar tahun 2012 tagihannya sebesar Rp3,1juta per pemeriksaan. Waktu itu pasien yang diperiksa bagian chest (dadanya). Untuk 2014 saya tidak tahu tarifnya. MRI bisa menggunakan jaminan kartu Askes dan RSCM menerima peserta BPJS-Kesehatan eks Askes. Namun perlu diketahui bahwa antrian pasien untuk MRI ada banyak. Informasi bisa telepon 021 500135 coba ke Bagian Radiologi. Terima kasih

  93. adrian berkata:

    keponakan saya, bayi berumur 1,5 tahun mempunyai kelainan bentuk pada bagian kelamin laki2 namun berfungsi normal, mohon infonya untuk ke bagian apa saya harus memeriksanya dan jadwal operasionalnya? dan info no telp untuk di hubungi,..
    terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Adrian, untuk konsultasi pada masalah anak-anak dapat menghubungi Departemen Ilmu Kesehatan Anak. Hotline telepon RSCM 021-500135 minta disambungkan ke Bagian Anak. Kalau ingin datang konsultasi datang aja ke Poliklinik Kesehatan Anak di URJT lantai 5 (biaya konsul 60ribu, JKN KJS gratis). terima kasih

  94. annisa berkata:

    MAAF mau tanya kalo dokter bagian penyakit dalam ada g hari sabtu. terima kasih.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Annisa, RSCM untuk poliklinik rawat jalan tidak buka praktek hari Sabtu dan Minggu. Hanya ada pelayanan dokter penyakit dalam di IGD untuk emergensi dan untuk pasien Rawat Inap di Gedung A. Atau coba telepon ke RSCM Kencana di nomor 021-500135 untuk informasi jadwal praktek dokter internist pada hari Sabtu. Terima kasih

  95. susan berkata:

    Bag.fetomaternal rscm itu di gedung yg mana ya?sy disarankan usg+konsul ke feto rscm oleh obgyn sy..klo fetomaternal yg di jl.kimia itu dr rscm jg atau bkn ya?tks

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Ibu Susan, Bagian Fetomartenal RSCM di bawah Departemen Kebidanan dan Kandungan. Kalau lokasi Polikliniknya yang umum (reguler) tepat di samping kanan Gedung IGD. Kalau mau pelayanan yang First Class bisa ke Poli Fetomaternal di Gedung RSCM Kencana (kalau dari arah Megaria adalah kompleks pertama RSCM di Jalan Diponegoro. Paling ujung Barat RSCM.
      Untuk dapat dilayani di Poliklinik2 tsb harus ada surat rujukan dari dokter/puskesmas/rumah sakit.
      Klinik Fetomartenal di Jalan Kimia tidak berada di bawah manajemen RSCM. Terima kasih

  96. lenni berkata:

    Mau nanya, maaf subuh2. Saya ad rujukan k rscm dr rs lain krn pake bpjs n mao operasi batu empedu. Bedah digestife. Dngn dr. Wifanto. Saya harus kemana ya ( gedung mana )n jam brp? Krn sy liat gambar diatas praktek dimulaijam 14.00, info yg sy dpt dari rs sebelumny beda. Kl abis operasi dirawat dmn ya? Sy pk bpjs kelas 1. Makasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Lenni, semoga mba Lenni Cepat sembuh. Foto perihal Praktek yang dimulai pada pukul 14.00 itu adalah untuk Poli Madya. Peserta BPJS tidak dilayani di Poli Madya tapi di Poliklinik Umum mulai 08.00-15.00. Untuk peserta BPJS Kesehatan yang ingin mendpt pelayanan di RSCM mendaftar dulu di Hall/Lobby RSCM yang ada patung dr Cipto Mangunkusumonya (samping Bank Mandiri) untuk verifikasi kepesertaan. Jangan kaget jika melihat antrian begitu banyak, sejak BPJS antrian mengular panjang. Setelah selesai pendaftaran, maka minta ke Poli Bedah di lantai 2 untuk diperiksa ulang. DI sini antri lagi lumayan lama sebelum periksa dokter. Baru nanti menjalani pemeriksaan Lab, Rontgent, Anestesi dll. Kalau oke maka akan dilakukan operasi jika ada Kamar Rawat Inap yang kosong.

  97. rosirazer berkata:

    Assalamualaikum,
    Saya mau tanya, ibu saya sedang sakit kuning, terindikasi penyumbatan di empedu atau bs jadi terkena kanker hati, sudah pernah rawat inap di persahabatan tp disuruh pulang dan disuruh ke rscm, karena peralatannya tidak lengkap katanya,
    Karena sy menggunakan bpjs, jd minta rujukan ulang dr puskesmas ke rscm untuk melakukan MRCT /scan penyakitnya, dan penangan lebih lanjut disana, katanya setelah dpt rujukan dari puskesmas langsung ke poliklinik rscm nya,
    Bagaimana alur pendaftaran dan berobatnya nya kalo menggunakan bpjs di rscm ya ?
    Apakah langsung ke poliklinik atau daftar kemana dulu yah,
    Apakah operasi kanker hati (mudah2an tidak terjadi) bisa ditanggung bpjs di rscm ?
    Terimaksih.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Rosirazer, wa alaikum salam wr wb. Semoga Ibunda sakitnya tidak separah bayangan kita dan cepat diberikan kesembuhan oleh Alloh SWT. Prosedur pendaftaran peserta BPJS sudah kami bahas juga di Blog ini. Coba baca komentar di atas.
      Pendaftaran harus ke Hall/Lobby RSCM yang ada Patung Dr Cipto Mangunkusumo-nya samping Bank Mandiri RSCM (kelihatan dari luar Jalan Diponegoro tepat di seberang Kampus YAI/UKI) untuk verifikasi kepesertaan BPJS. Baru nanti bilang sama petugas registrasinya mau ke poliklinik mana. Kalau kasus ini maka ke Plokilimik Penyakit Dalam Ruang Hepatologi di lantai 2 URJT untuk pemeriksaan ulang dan rencana tindakan (pemeriksaan lanjutan, operasi, obat, atau tindakan lainnya).
      Kami tidak tahu operasi kanker hati ditanggung 100% atau tidak oleh BPJS Kesehatan. Sejauh ini RSCM masih memberikan toleransi pelayanan kesehatan tanpa membebankan biaya ke peserta BPJS Kesehatan.
      Oh ya jangan kaget kalau anda datang jam 4 pagi (Subuh) dan antrian peserta BPJS Kesehatan sudah mulai untuk mendapat pengobatan di RSCM. RSCM setiap hari didatangi 3.000 pasien (tidak termasuk keluarga yang mengantar). terima kasih. Wassalam.

      • rosirazer berkata:

        Terimakasih sudah menjawab,
        owh jd mendaftar dulu yah di lobby nya, ya saya tau letak posisinya,
        tapi apakah untuk mendaftar di loby itu bisa datang sepagi itu jam 4an, bukannya jam 7/8 an yah bukanya, berarti 24 jam ya sama seperti IGD ?
        Atau hanya banyak pasiennya saja yg datang sepagi itu tp buka nya tidak 24 jam, maaf sebelumnya banyak tanya, trimakasih mas/mba…

      • Pegawai BYM berkata:

        Yth Rosirazer, Rawat Jalan RSCM tidak buka 24 jam namun karena banyak pasien dari luar kota maka sepagi itupun sudah ada antrian. Pelayanan baru dilayani pada pukul 7.30 pagi. Kalau IGD benar buka 24 jam untuk penanganan pasien gawat darurat saja. Terima kasih

  98. Debby Agthary R berkata:

    Saya debby, mau minta informasi praktek dr. Ahmad Fauzi , Sp. PD waktunya kapan aja ?

  99. Asri Wardhani berkata:

    selamat pagi mau tanya untuk alur memakai askes PNS bagaimana untuk kontrol ke klinik mata? terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Asri Wardhani, Askes PNS saat ini sudah melebur ke BPJS Kesehatan namun kartu askes yang lama masih bisa digunakan untuk berobat. Untuk dapat berkunjung/Kontrol ke RSCM dengan kartu askes maka persyaratannya adalah ada surat rujukan dari dokter puskesmas/dokter keluarga/RSUD dll dan membawa kartu askesnya. Bu Asri silahkan datang langsung ke RSCM Kirana di Jalan Kimia, Cikini, Jakpus untuk registrasi pasien di sana dan ke polikliniknya. Terima kasih

  100. barjo berkata:

    assalamualaikum…Maaf mau tanyaa…kalau tindakan ESWL di rscm bisa menggunakan KJS/bpjs tidak?? dan bgmna prosedurnya? terima kasih…wassalam

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Barjo, Wa alaikum salam. Saya pernah antar saudara berobat ke Bedah Urologi untuk tindakan ESWL. Waktu itu dia pakai Askes. Sepertinya untuk KJS/BPJS Kesehatan juga bisa. Untuk dapat berkunjung/Kontrol ke RSCM dengan kartu BPJS maka persyaratannya adalah ada surat rujukan dari dokter RSUD dan membawa kartu KJS/BPJS-nya serta KTP. Silahkan mendaftar di pasien baru di Hall RSCM samping Bank Mandiri RSCM (seberang Kampus YAI/UKI Salemba).

  101. Toko Semusim berkata:

    Assalamu alaikum. saya rahmat di salemba. Mau nanya kalo mau scan di bagian kepala dan scan di bagian leher di rscm salemba biayanya berapayah. apakah untuk melakukan scan tersebut harus ada rujukan dari dokter tempat biasa saya periksa. Mohon informasinya. terima kasih.

    • Pegawai BYM berkata:

      Wa alaikum salam Wr Wb. Yth Rahmat, Untuk Biaya Swadana/Umum, Biaya foto CT-Scan kepala sebesar Rp 1.000.000 (satu juta) tapi kalau pakai cairan contrast biayanya sekitar Rp2.100.000 (dua juta seratus). Harus ada surat pengantar rujukan dari Dokter Rumah Sakit atau dokter praktek. Dokter tsb yang menentukan dan menuliskan di surat rujukan perlu tidaknya cairan contrast. Misal untuk pemeriksaan tumor di kepala maka diperlukan cairan contrast agar batas tumor tersebut jelas. Terima kasih

  102. ch. sumarah berkata:

    Mau tanya untuk pemeriksaan di patologi dan anatomi di gedung apa ya. Terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Ch Sumarah, untuk pemeriksaan sediaan Patologi Anatomi pasien RSCM dilaksanakan di Departemen Patologi Anatomi, lokasinya adalah disamping Kamar Jenazah RSCM. Kalau dari dalam RSCM menuju arah Fakultas Kedokteran FKUI (ke arah Timur). Terima kasih

      • Lucky berkata:

        Selamat sore.
        keponakan saya sekarang berusia 21 tahun setahun yang lalu mengalami pelecehan seksual di anusnya (sodomi) lalu akhir2 ini dia merasakan sakit dan daging tumbuh di anus nya.
        kemudian dokter memberitahu bila dia terkena kondiloma dan harus segera di kauter.
        Dokter menyarankan untuk melakukan anuskopi. untuk melihat seberapa jauh kondiloma itu.
        Kira2 bagaimana prosedur melakukan anuskopi dengan menggunakan bpsj?
        apakah bpjs menanggung operasi untuk masalah seperti ini?
        dan boleh minta jadwal praktek dokter Maria ahli digestive?

      • Pegawai BYM berkata:

        Yth Lucky, kami ikut berempati dengan yang dialami oleh keponakan anda. Semoga kesehatannya akan baik kembali. Untuk mendapat pelayanan kolonoskopi (anuskopi) dengan jaminan BPJS Kesehatan maka pasien harus mendapat surat rujukan dari dokter RSUD ke RSCM. Sebenarnya tindakan tsb sepertinya bisa dilakukan di RSUD jadi kemungkinan tidak dirujuk ke RSCM.
        Pengelola BPJS menjamin semua biaya tindakan medis yang sesuai prosedur dan sesuai indikasi medis. Jadwal dr. Maria mungkin bisa telepon ke 021-500135. kami kurang tahu jadwalnya.
        Untuk informasi BPJS bisa baca tulisan kami http://bym71.wordpress.com/2014/03/06/sakit-jantung-dan-bpjs-kesehatan/ dan http://bym71.wordpress.com/2014/03/07/prosedur-pelayanan-rawat-jalan-baru/
        Terima kasih

  103. pretty berkata:

    tanya untuk biaya gastroskopi dan kolonoskopi di rscm berapa ya? apakah harus rawat inap atau tidak? terimakasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Mba Pretty, Biaya tindakan Gastroskopi (endoskopi dan kolonoskopi) kalau tidak salah masing-masing sekitar Rp1,7 jutaan. Dilaksanakan di Pusat Endoskopi Saluran Cerna, Ilmu Penyakit Dalam RSCM. Pasien yang menjalani tindakan endoskopi tidak diharuskan rawat inap (bisa rawat jalan). Lama tindakan sekitar 45-120 menit tergantung beratnya. Terima kasih

  104. lina harahap berkata:

    selamat pagi
    adik saya pernah cek EEG tetapi hasilnya kurang bagus, dan dianjurkan untuk MRI kepala
    kira-2 biaya MRI di RSCM berapa ya pak, dan biaya daftarnya juga,
    terima kasih
    lina

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Lina Harahap, MRI sekitar tahun 2012 tagihannya sebesar Rp3,1juta per pemeriksaan. Waktu itu yang diperiksa bagian chest (dadanya). Untuk 2014 saya tidak tahu tarifnya. Namun perlu diketahui bahwa antrian pasien untuk MRI di RSCM sangat panjang. Informasi bisa telepon 021 500135 coba ke Bagian Radiologi. Kalau biaya pendaftaran konsultasi dokter spesialis di Poliklinik RSCM sekitar Rp60-70ribu. Terima kasih

  105. Liek Kusumawati berkata:

    Dear RS CM,sy mau tanya kalau biaya pemeriksaan Biopsi melalui (bersamaan dengan) pemeriksaan endoskopi dengan rapid urea test, pemeriksaan histologik serta kultur mikrobial. berapa ya? dan saya harus konfirmasi kemana?Terimakasih sebelumnya :)

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Ibu Liek Kusumawati, biaya pemeriksaan Biopsi lumen usus di Departemen Patologi Anatomi RSCM sekitar Rp700ribu per botol, biaya tindakan endoskopi sekitar Rp1,5juta dan Rapid Urea Breath Test sekitar Rp200rban dilaksanakan di PESC (PUsat Endoskopi Saluran Cerna) RSCM. Pemeriksaan histologik dan kultur mikrobial sepertinya dilaksanakan di Lab Departemen Mikrobiologi Klinik FKUI/RSCM namun kami tidak tahu berapa biayanya. Untuk informasi kultur mikroba coba telepon ke Departemen Patologi Klinik Nomor telepon sentral RSCM 021 500135. Terima kasih

  106. Liek Kusumawati berkata:

    Terima kasih atas informasinya sangat membantu sekali :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s