Prosedur Pelayanan Rawat Jalan Baru

UPDATE: Sejak tanggal 27 April 2015 ada alur yang baru bagi orang yang akan berobat ke Poliklinik Spesialis RSCM baik untuk pasien umum tunai maupun dengan jaminan BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan Mandiri, Informasinya bisa dibaca di sini. Pelayanan Pasien RSCM Mulai 27 April 2015

Tadi pagi kebetulan ada seorang Ibu yang ingin berobat mata ke Departemen Ilmu Kesehatan Mata RSCM atau RSCM Kirana. Beliau dirujuk oleh RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur ke RSCM karena alat USG Mata tidak ada di RSUD Pasar Rebo.

Ibu tersebut ada di Gedung URJT RSCM di Jalan Diponegoro sedangkan Pelayanan Mata di RSCM Kirana di jalan Kimia. Ibu itu dikasih tahu sama tetangganya kalau berobat mata itu dulu di Lantai 4 Gedung URJT, wah kayaknya ga update ya tetangganya. Terus dia juga udah tanya sama satpam dan karyawan berseragam RSCM. Ternyata satpam dan karyawan tersebut salah info, ga update juga nih. Dulu emang di lantai 4, now udah punya Gedung sendiri, berlantai 6 yang mewah.

Oh ya sebelumnya saya tanya dulu ke petugas Informasi/Humas RSCM di Lobby RSCM dekat Bank Mandiri perihal orang yang ingin berobat ke RSCM Kirana (Mata) dengan pembayaran jaminan Kartu Jakarta Sehat. Apakah bisa langsung ke RSCM Kirana atau daftar dulu di Lobby RSCM tersebut. Kata orang Humas bisa langsung ke RSCM Kirana karena di sana tersedia juga petugas BPJS Kesehatan dan petugas rekam medis untuk memberikan nomor rekam medis pasien baru.

Lumayan sekitar 500 meter saya ajak Ibu itu jalan kaki, mulai dari Gedung URJT, Gedung IGD, Gedung Laboratorium Pusat, untuk kemudian berbelok ke kanan di depan Gedung PJT. Lalu lanjut melintasi jembatan di atas kali Ciliwung Lama (ini masih dalam area RSCM lho), melewati Unit Laundry dan Dapur RSCM. Finnaly melewati bangunan masjid yang sedang dalam tahap pembangunan (lama juga ya bangun Masjid).

Sampailah Ibu tersebut ke Gedung RSCM Kirana, tapi saya antar sampai situ aja.

Regsitrasi Pasien Rawat Jalan Penyakit/Gangguan Mata

Persyaratan untuk orang yang ingin berobat ke RSCM Kirana untuk konsultasi kesehatan mata dengan kartu BPJS Kesehatan atau Jaminan Kesehatan Nasional atau kartu lain yang dikeluarkan pemerintah daerah atau provinsi adalah sebagai berikut:

  • membawa kartu identitas diri / KTP (sebaiknya bawa fotokopinya juga)
  • membawa kartu BPJS Kesehatan (sebaiknya bawa fotokopinya juga) atau Kartu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)
  • membawa surat rujukan dokter puskesmas/RSUD

Dokumen yang diperlukan untuk pembuatan surat SEP JKN (Surat Eligibilitas Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional) ada 2 yang utama yaitu Kartu JKN (BPJS-Kes) dan Surat Rujukan Dokter RSUD.

Untuk registrasi pasien RSCM Kirana bisa datang langsung ke Gedung RSCM Kirana di Jalan Kimia, Cikini Jakarta Pusat. Kalau dari Megaria langsung belok kiri sebelum Jembatan Ciliwung. Dari jalan utama Jalan Diponegoro Jakarta Pusat masuk sekitar 300 meter ke Jalan Kimia.

Alur pelayanannya adalah sebagai berikut :

  1. Pasien datang membawa dokumen pembuatan SEP BPJS
  2. Pasien antri di Counter Registrasi BPJS di RSCM Kirana
  3. Petugas BPJS yang bertugas di RSCM memeriksa berkas dan melakukan verifikasi keabsahan kepesertaan
  4. Petugas BPJS jika OK membuat SEP untuk pasien tsb
  5. Pasien kemudian mendaftar ke Poliklinik Mata dengan menunjukkan SEP. Setelah terdaftar…
  6. Pasien menuju Poliklinik di lantai 2
  7. Pasien lalu menunggu panggilan pemeriksaan dokter spesialis mata

(akan berlanjut, bersambung….)

RSCM Kirana 2013

RSCM Kirana 2013
RSCM Kirana 2011

RSCM Kirana 2011

Tulisan Lainnya :

UPDATE: Sejak tanggal 27 April 2015 ada alur yang baru bagi orang yang akan berobat ke Poliklinik Spesialis RSCM baik untuk pasien umum tunai maupun dengan jaminan BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan Mandiri, Informasinya bisa dibaca di sini. Pelayanan Pasien RSCM Mulai 27 April 2015

Cerita Cerita Pasien Yang Berobat di Rumah Sakit Bisa klik Cerita Pasien

DALAM PROSES PENYELESAIAN PENULISAN

Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM)

Iklan

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di RSCM dan tag , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Prosedur Pelayanan Rawat Jalan Baru

  1. Ping balik: Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo Jakarta | Pegawai BYM

  2. Irman rosiadi berkata:

    Sy punya anak laki skr berumur 9 tahun setengah,,Dr pertama lahir mata sebelah kanan anak sy ada putih pupil dipinggir sebelah mata hitamnya,,sy mau periksa anak sy ke RS Cipto krna pas sy antar ibu mertua sy berobat,,sy menunggu diruang tunggu ugd ada video yg memperlihatkan video tentang mata yaitu Dr.Rita,, walaupun ibu mertua sy saat ini sudah pulang ke Rahmatullah,,sy ingin sekali mau bawa anak sy periksa karena anak sy skr sdh malu krna teman2 sekolahnya menanyakan tentang mata anak sy ke anak sy sendiri,,sy sangat sedih,,sehingga sy keinginan untuk anak sy diperiksa tp sy sendiri takut dan khawatir,,,dengan menulis ini sy harap sekali dengan ibu dokter Rita yg sy liat di video tersebut..sy takut dan khawatir..nama anak sy M.rafa Fadillah ( 9 thn ) kelas 3 sd No hp sy 08778498****..terima kasih..dan sangat mohon penjelasannya.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Bapak Irman Rosiadi, Bapak bisa membawa anak Bapak ke RSCM Kirana yang terletak di Jalan Kimia Cikini Jakarta Pusat untuk konsultasi dengan dokter spesialis Mata. Biaya konsultasi sekitar 70ribu untuk pasien umum. Semoga anandanya diberikan kesehatan dan kesembuhan. Aamiin

  3. vera berkata:

    Selamat pagi.saya mau tanya…saya salah satu pasien cangkok ginjal di rscm..pertanyaan saya kalau pendonor saya mau control apakah bisa menggunakan rujukan saya dan langsung kepoli ginjal atau bagaimana..terima kasih.mohon penjelasan

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Ibu Vera, Pendonor Ginjal untuk Kontrol bisa pakai BPJS kesehatan pendonor sendiri. Nanti dia datang langsung ke Poli ginjal di Poli IPD lantai 2 Gedung URJT. Prosedur berobat sama seperti prosedur rawat jalan pasien yang lain. Tidak berbeda apakah dia pendonor atau bukan.
      Nanti tinggal menunjukkan kartu BPJS dan Surat keterangan kontrol dari Tim dokter Transplantasi organ ditempat pendaftaran pasien BPJS lantai 1, Lobi Utama RSCM. Terimakasih

  4. Destina Oresta berkata:

    Selamat sore, mohon infonya untuk Pasien baru untuk operasi di RSCM, kami sudah dapat surat dari Rumah Sakit yang di runjuk ke RSCM.

    Terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Destina Oresta, selamat sore, silahkan anda dengan keluarga yang sakit datang ke Lobi Utama RSCM untuk pendaftaran pemeriksaan awal ke Poliklinik yang dituju. Membawa surat rujukan RS, identitas diri dan jika memakai asuransi membawa kartu asuransi nya (termasuk juga bagi yang BPJS kesehatan).
      Untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi Line Telepon RSCM di Nomor 1500-135. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s