Ceramah Tanda Akhir Zaman Masjid Asy Syifa RSCM

Ceramah Masjid Asy Syifa hari ini, Rabu, 19 September 2018 mendatangkan narasumber dari Palestina yang menjadi kepala Yayasan Al Quds Malaysia

Pada kesempatan ini juga dilakukan penggalangan dana untuk membantu masyarakat Palestina.

Iklan
Dipublikasi di Nondinas, RSCM | Tag , , , , , | Meninggalkan komentar

Simulasi Gempa dan Evakuasi Kebakaran di Gedung Administrasi RSCM

Pada hari Kamis, 13 September 2018 pukul 10.00 – 12.00 dilakukan kegiatan simulasi Gempa dan Evakuasi Kebakaran di Gedung Administrasi RSCM. Melibatkan semua pegawai yang bekerja di Gedung Administrasi RSCM yang lantainya berjumlah 7 lantai.
Acara berlangsung aman dan terkendali serta tidak ada laporan mengenai adanya korban akibat latihan simulasi tersebut. Alhamdulillah

Simulasi Gempa 20180913

Simulasi Gempa 201809132

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan pegawai jika suatu waktu ada musibah yang terjadi. Diharapkan pegawai cepat tanggap dalam situasi darurat serta melakukan tindakan yang sesuai dengan petunjuk keselamatan saat bencana.

Dipublikasi di RSCM | Tag , , , , , , | Meninggalkan komentar

Pengalaman Sukses Ikut Seleksi CPNS Kemenkes

Sebenarnya dulu agak kurang tertarik bekerja di unit kerja pemerintahan, apalagi kalau dengar di pemerintahan, pegawainya katanya bekerja asal-asalan, tanpa target kinerja yang jelas, Namun karena ada senior di kampus yang diterima menjadi CPNS di instansi lain maka jadilah saya menggantikannya sebagai tenaga honorer instansi kesehatan pemerintah  (plat merah).

Bermula dari bekerja di instansi ini, banyak pengalaman dan kenalan yang membuka pengetahuan saya perihal PNS. Ternyata PNS itu bukan Pegawai Nunggu Sore (alias asal absen kehadiran saja). Bukan juga Pegawai Nasibnya Sulit. Namun banyak hal yang bisa membuat kita berguna langsung bagi masyarakat banyakj.

Dari sini  saya menjadi tahu hak dan kewajiban seorang PNS (pegawai negeri sipil). Kewajiban untuk membaktikan diri kepada negara dan masyarakat. Menjadi golongan yang netral dan mengayomi demi kebaikan bangsa. Kewajiban untuk memberikan unjuk kinerja yang terbaik agar program2 pemerintah dapat terlaksana dengan baik dan mencapai target sasaran. Thanks to my PNS seniors di unit kerja.

Hak yang dimiliki oleh PNS pun akhirnya saya tahu. Hak atas penghasilan yang layak dan halal. Pegawai Negeri SIpil itu mendapatakan gaji bulanan, gaji 13, THR lebaran, insentif tunjangan kinerja, tunjangan risiko kerja, uang makan harian, uang lembur, uang transport dinas, SHU koperasi PNS, honor menjadi panitia suatu kegiatan dinas, uang penyegaran / uang piknik dll. Walaupun banyak posnya,  penghasilan sebagai PNS tidaklah membuat pegawai menjadi kaya raya. Pengeluaran harus dikelola dengan benar. Kita harus mampu mengendalikan keinginan yang konsumtif. Jangan sampai terjebak pepatah besar pasak daripada tiang.

Hak-hak yang lain adalah mendapatkan kesempatan pendidikan dan pelatihan, kuliah lagi dengan biaya sebagian ditanggung dinas, menjadi panitia Kesehatan, misal di Asian Games, tenaga kesehatan haji Indonesia (TKHI), Mendapatkan hak cuti tahunan selama 12 hari, cuti melahirkan selama 3 bulan, mendapat jaminan kesehatan BPJS dan poliklinik pegawai (untuk rawat jalan). Mendapatkan kesempatan untuk berkembang dalam organisasi profesi yang diminatinya.

img-20171030-wa0018129107230.jpg

Nah melihat seabrek hak dan kewajiban tersebut, mulai bersemi ketertarikan daku akan Pegawai Negeri Sipil.

Pembukaan Lowongan CPNS 2017

Akhirnya ada pembukaan lowongan CPNS di tengah tahun. Teman-teman kantor pun langsung memotivasi dan menyemangati. Sebelumnya dari Bagian SDM telah menyampaikan informasi tersebut. Sehingga saya bisa bersiap2. Bagian SDM juga memfasilitasi sarana dan pembimbing untuk menginput data registrasi online Pendaftaran CPNS buat pegawainya.

Pada tahun tersebut tidak ada pembedaan dan prioritas antara pendaftar jalur umum dan pendaftar jalur pegawai honorer. Mereka diadu bersaing satu sama lain, baik yang honorer ataupun fresh graduate dari kampus. Kalau tahun 2018 ini yang saya dengar panitia memprioritaskan pegawai honorer untuk dapat menjadi CPNS. Mereka akan diberikan point extra pada hasil ujian SKB sebanyak 10 points.

Sayapun akhirnya mendaftar di alamat sscn.bkn.go.id mengisi beberapa identitas singkat, mendaftarkan alamat email serta mendapatkan username dan password. Lalu lanjut mengisi ke peminatan jabatan di kementerian atau instansi pemerintah yang sesuai kualifikasi kita. Kalau saya ya ke situs biro kepegawaian kementerian kesehatan RI.

Untuk mengisinya dengan baik saya menyediakan waktu yang cukup dan tempat yang cukup tenang agar tidak melakukan kesalahan2 input yang fatal.

Kesalahan sekecil apapun akan berakibat Pendaftaran kita dibatalkan oleh panitia penerimaan CPNS. Atau kita tidak bisa mengakses kembali akun registrasi online kita. Misal pasfoto kita latar belakangnya tidak merah. Wah dijamin langsung ga lulus deh.

 

Sayapun mendaftar di instansi saya bekerja. Masuknya di situs pendaftaran PNS di bawah biro kepegawaian kementerian kesehatan RI. Saya memilih instansi saya, lalu memilih lagi formasi jabatan sesuai kualifikasi pendidikan saya. Mengisi formulir identitas diri dan informasi lain kemudian mengupload file scan dokumen KTP, Ijazah yang dilegalisir, pasfoto diri serta transkrip nilai kuliah yang sudah dilegalisir.

Studi Banding RS Margono (19)

Tips dan trik mencari Kementerian, unit kerja dan lowongan yang dibuka sesuai Pendidikan

Kalau dilihat maka banyak tempat, instansi yang membutuhkan tenaga kita. Kalau saya, ada beberapa Kementerian yang cocok dengan kualifikasi pendidikan saya. Ada di kementerian kesehatan, BKKBN dan Kementerian Pertahanan serta Kementerian lain. Tapi akhirnya saya memilih Kementerian Kesehatan karena ini adalah rumpun utama pembina jabatan fungsional saya. Kalau ada beberapa lowongan yang cocok, jangan melihat hanya jumlah lowongan yang tersedia. Misal tenaga dokter umum di RS A dibutuhkan 15, di Kementerian B butuh 10, di Kementerian C butuh 5, dan di Kementerian D butuh 3. Kadang2 yang lebih aman dan pesaingnya sedikit malah yang jumlah lowongannya tersedikit. Kalaupun jabatan atau Instansi nya kurang seksi sebenarnya tidak mengapa untuk melamar di tempat tersebut. Karena kemungkinannya jumlah pesaing cuma sedikit. Coba saja mendaftar dulu. Semoga saja lebih mudah untuk diterima. Nanti 5 tahun kemudian juga bisa minta pindah tugas ke Instansi yang lain. Tahun ini saya dengar hanya ada kesempatan memilih 1 lowongan saja. Tidak bisa memilih 2 atau lebih dengan kualifikasi yang sama. Kadang untuk menghindari pesaing berat seperti yang dilakukan teman saya, doi memilih mendaftar di unit kerja yang di luar pulau jawa.

Kebetulan kalau saya cukup yakin untuk memilih instansi tempat saya telah bekerja. Selain itu, banyak juga alokasi tenaganya untuk jabatan tersebut di instansi.

 

Pengumuman kelulusan syarat administrasi

Sesudah melamar dan memasukkan syarat-syarat CPNS via online. Kita pun bisa melihat berapa banyak saingan kita di formasi jabatan tersebut. Yah jangan berkecil hati dan gentar sebelum bertempur. Relax saja. Selanjutnya adalah saya sering-sering memantau informasi yang ada di situs BKN.Go.id dan depkes.go.id serta ropeg,kemkes.go.id. Selain itu yang paling utama adalah saya mempersiapkan diri berlatih dan belajar soal-soal contoh dari CPNS Kemenkes RI 2014, 2017, dan kisi-kisi soal 2018.

Akhirnya setelah sempat tertunda 2-3 hari dari jadwal, akhirnya pengumuman itupun datang juga dan yeayy namaku termasuk yang lolos seleksi dan verifikasi oleh Panitia Seleksi Nasional (PAnselnas) CPNS. Berarti aku lanjut ke babak berikutnya, yaitu ikut ujian Seleksi Kemampuan Dasar. Waktunya hanya sedikit, hanya 3-4 hari dari pengumuman kelulusan administrasi ke waktu ujian Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Saat itu diberitahu nama-nama peserta ujian SKD, lokasi ujian, tanggal dan waktu ujian. Wah lumayan jauh ya dari tempat kost dan kantor. Daerahnya ga familiar, belum pernah ke sana.

Mencetak kartu ujian

Bagi pendaftar seleksi CPNS yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi maka pada saat login ke situs ropeg.kemkes.go.id dia dapat mencetak kartu ujian atas namanya sendiri. Jadi nanti tinggal verifikasi ke petugas di tempat ujian saja. Cetaklah di kertas HVS ukuran A4. Kalau bisa jangan hanya selembar. Buat cadangan.

Survei tempat lokassi ujian

Biar PD ya kita harus survei beberapa hari sebelum ujian lokasi tempat ujiannya. Minimal pada hari H tidak kesasar jalan. Yang pasti dalam survei ini yang harus kita ketahui adalah waktu tempuh dan rute normal untuk ke tempat ujian. Selain itu kita tentu ingin melihat seperti apa fasilitas tempat ujian, ruang kelas ujian di sebelah mana, di gedung apa, di lantai berapa. Jauh ga dari depan. Kebetulan saya dapatnya di sebuah kampus diploma 3 di bawah naungan kementerian kesehatan. Jadi ya itu, memang wajib survei lokasi karena saya juga belum sekalipun ke situ. Cuma memang waktunya mepet sekali dari pengumuman sampai dengan waktu ujian paling hanya 2-3 hari jaraknya, yang ideal kan seharusnya seminggu sebelumnya.

Ujian seleksi Kemampuan Dasar (SKD)

Ujian Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) yang saya ikuti dilaksanakan pada hari kerja, saya kebetulan dapat di hari Rabu siang. Jadwalnya per 2 jam, jadi mulai 8.00 – 09.30, 10.00 – 11.30, 12.00 – 13.30, 14.00-15.30 16.00 – 17.30 dan terakhir 18.00 – 19.30 Seingat saya ada 6 gelombang. Peserta diminta hadir untuk absen 1,5 jam sebelum ujian. Pakai pakaian putih celana hitam dan sepatu pantofel. Sebelumnya kita absen dulu ke Panitia, kemudian menitipkan tas dan barang bawaaan. Tidak boleh membawa barang apapun ke dalam ruang ujian, kecuali hanya KTP. Kemudian kita akan diperiksa seperti di Bandara, bahkan kacamata juga diperiksa. Ini kacamata beneran apa kacamata kamera. Alat tulis ga boleh dibawa? Iya ga boleh bawa apapun. Dompet dan HP dimasukkan dalam tas dan dititipkan.

img-20171105-wa0000542371809.jpg

Soal SKD (Seleksi Kemampuan Dasar)

SOalnya terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Jumlah soal 100 soal dan waktu yang diberikan adalah selama 90 menit. Tes menggunakan komputer dengan database soal. Jadi kanan kiri depan belakang kita tidak sama urutan soalnya dan mungkin juga memang soalnya berbeda hanya bentuknya saja yang sama.

Nilai Skor SKD CPNS

TWK itu adalah 30 pernyataan dan pertanyaannya meliputi Dasar Negara RI, Pancasila, Konstitusi Negara, UUD 1945, NKRI, Sejarah Kemerdekaan, Bhinneka Tunggal Ika, Tata Negara, Kekuasaan Negara, Tugas Lembaga Negara, Otonomi Daerah, Hukum di Indonesia, Demokrasi, Sejarah Demokrasi Indonesia

Sedangkan TIU terdiri dari 35 soal pernyataan dan pertanyaan Aritmetika, Perbandingan, Persamaan dan Pertidaksamaan, Statistik, Jarak Waktu dan Kecepatan, Himpunan, Barisan dan Deret, Logika.

Dan TKP adalah 35 soal pernyataan dan pertanyaan tentang integritas diri (kejujuran), semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi dalam bekerja, berorientasi pada kepuasan dan kebaikan orang lain, kemauan dan kemampuan untuk belajar berkelanjutan, kemampuan untuk mengendalikan diri, kemampuan untuk beradaptasi, kemampuan untukbekerja sama dalam kelompok, kemampuan untuk bekerja mandiri dan tuntas, serta kemampuan untuk menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Soal-soal berbentuk pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda, dengan memilih 1 jawaban yang paling tepat/benar. SOal-soal tersebut muncull 1 per 1 di layar monitor komputer atau laptop yang sedang kita pegang. Jika ada soal yang terlalu sulit segeralah beralih dahulu ke soal yang lain. Ingat kita hanya punya waktu 50 detik untuk menemukan jawaban soal. SOal yang terlewat pada saatnya nanti jika masih ada waktu bisa cepat kita buka lagi untuk dicari jawabannya.

Pengumuman kelulusan SKD

Ada nilai ambang batas (passing grade) untuk masing-masing kategori soal agar kita bisa lolos dan ikut kelanjutan proses seleksi CPNS 2017 yaitu :

Nilai TWK minimal = 75 , Nilai TIU minimal = 80 , dan Nilai TKP minimal = 143 , nilai total minimal adalah 298.

Cara penilaiannya adalah untuk SOal Kategori TWK dan TIU nilainya jika salah 0 dan jika benar adalah 5. Soal TWK dan TIU hanya ada 1 jawaban yang benar. Sedangkan penilaian untuk soal kategori TKP berbentuk skala mulai dari 1 – 5, jika jawaban kita sangat tepat maka diberi nilai 5, sedangkan kalau kurang tepat antara 1-4.

Setelah mumet mengerjakan soal tersebut, di akhir waktu atau ketika kita mengklik selesai maka nilai kita secara otomatis akan keluar, apakah kita lolos passing grade atau tidak. Secara Instant akan ketahuan. Kalau nilai kita lebih kecil dari passing grade ya sudah, sudah pasti kita tidak akan lanjut ke babak berikutnya. Jika nilai kita di atas passing grade belum tentu kita lolos, karena masing-masing jenis soal ada passing gradenya juga. (lihat tabel di atas). Kalaupun kita lolos passing grade untuk masing-masing soal belum tentu kita dipanggil untuk ujian karena yang dipanggil untuk ujian adalah berdasarkan rangking.

Misal untuk posisi tenaga dokter umum di Instansi RS A, kuota lowongan 5 orang, yang melamar ada 120 orang, yang ikut ujian SKD dan lolos passing grade sebanyak 40 orang, maka yang berhak ikut ujian hanyalah 5 kuota x 3 = 15 orang saja, jadi hanya peringkat 1-15 saja yang berhak ikut ujian. Bagaimana yang peringkat 16 – 40. Ya sudah habis sudah, tidak dapat melanjutkan proses.

Kalaupun nilai kita adalah tertinggi pada sesi atau hari tersebut, belum tentu kita juga akan lolos. Karena untuk perangkingan nilai TKD akan dilihat total peserta ujian di hari itu dan hari berikutnya jika memang mereka adalah pelamar di 1 posisi jabatan yang sama. Jadi banyak-banyak berdoa semoga nilai kita menempati rangking tertinggi. Jadi jangan hanya berharap lolos passing grade saja.

Ujian Seleksi Kemampuan Bidang (SKB)

Contoh Sampel Soal Ujian Tes Kemampuan Bidang TKB CPNS Kemenkes tahun 2017 bisa diminta ke email nurulsosweet@yahoo.co.id subject/Judul Email: Contoh Soal TKB 2017.

Setelah tes SKD maka yang dilakukan adalah menunggu pengumuman hasil kelulusan ujian tes SKD. Kita berdoa semoga kita termasuk yang lolos passing grade (nilai ambang batas) dan rangking kita juga termasuk yang tinggi. Pada 2017, pengumuman kelulusan ujian tes SKD di kemenkes sempat ditunda beberapa kali, hingga akhirnya waktu antara pengumuman dan ujian hanya berjarak 2-3 hari. Kondisi kayak gini bikin peserta ujian deg-degan. Mau begini salah, mau begitu salah. Bagi sebagian orang ini tentu merepotkan. Dan yang lebih repot lagi kadang orang juga malas memantau lagi, sehingga ketinggalan informasi dari www.bkn.go.id atau www.kemkes.go.id. Belum lagi kalau kita dinyatakan lulus, wah repotnya harus mencari tahu lokasi ujiannya dimana, jarak tempuhnya berapa lama, ruangannya nanti dimana. Sementara waktu meffeettt/sin gkat sekali.

Saya kebetulan mendapat panggilan ujian di daerah Jakarta Selatan. Lumayanlah bisa diprediksi dengan baik, di tengah kota lagi, jadi lebih familiar dan terjangkau angkutan umum. Alhamdulillah. Saya dapat sesi yang ketiga. Oh ya untuk ujian kali ini ada 3 sesi Ujian Seleksi Kemampuan Bidang (SKB), yaitu pukul 08.00 – 09.30, 10.00 – 11.30 dan sesi ketiga 12.00 – 13.30. Seperti biasa kita diminta menitipkan seluruh barang bawaan. Hanya boleh bawa KTP, kartu ujian dan otak saja ke ruang ujian :D.

Soal SKB CPNS Kemenkes RI

Kata teman senior yang dulu pernah ikut ujian, baru tahun ini aja ujian SKB memakai system CAT (Computer Assissted Test). Kalau dulu sih ujiannya SKD saja yang sudah computerized, sedangkan SKB masih pakai kertas komputer yang dibulatkan hitam-hitam. Tahun 2017 ini sudah pakai komputer juga, jadi ga repot bulet-buletin jawaban. Nah tahun ini juga untuk masing-masing kualifikasi pendidikan soalnya berbeda-beda. Seingat saya 70-65% adalah soal kesehatan umum dan 30-35% adalah soal sesuai dengan kualifikasi pendidikan kita. Misal soal untuk dokter umum dan spesialis terselip soal tentang diagnosis penyakit dan tatalaksana suatu penyakit. Kalau buat pelamar perawat maka soalnya ada asuhan keperawatan dan filosofinya. Untuk yang apoteker maka soalnya bercampur banyak dengan soal-soal kefarmasian.

Soal Kesehatan Umum adalah soal-soal seperti kegiatan puskesmas, kegiatan kesehatan masyarakat, program-ppogram kesehatan Kemenkes RI, isu-isu kesehatan nasional, dasar-dasar kesehatan, statistik kesehatan dasar

Soal Kesehatan Sesuai Jabatan/Kualifikasi adalah soal-soal sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan jabatan yang kita lamar.

Kita dberikan waktu 90 menit saja untuk mengerjakan tes dengan soal sebanyak 100 soal kesehatan umum dan kesehatan bidang. Total soal hanya 100, kesempatan kita berpikir mencari jawaban hanya 54 detik per soal. Dibulatkan ke bawah jadi hanya 50 detik/soal

 

Tes EBA

Berbeda dengan ujian-ujian seleksi CPNS Kemenkes RI sebelumnya maka pada tahun 2017 ini ada satu tes tambahan untuk peserta yang mendaftar lowongan CPNS Kementerian Kesehatan RI, yaitu Tes Executive Brain Assessment (EBA). Setelah selesai ujian SKB, pada hari yang sama, kita diminta tidak meninggalkan lokasi ujian dulu tapi kita diarahkan untuk bersiap mengikuti ujian selanjutnya. Setelah salat dan istirahat sejenak. Kita diaja ke ruangan ujian yang lain.

Soal EBA dikerjakan di kertas, tidak memakai komputer. Kita memilih dengan melingkari jawaban yang kita anggap tepat. Bentuk soalnya adalah pernyataan dan kita diminta pendapatnya tentang pernyataan tersebut. Soalnya sih cuma memilih sangat tidak setuju, tidak setuju, ragu-ragu, setuju dan sangat setuju. Seperti tes psikologi dan karakter pribadi kita. Kayaknya soal EBA tersebut jumlahnya ada 200 soal (lupa) dan kita diminta menjawabnya secepat mungkin. Waktu yang diberikan adalah 60 menit saja. Konsistensi jawaban dan kecepatan menjawab menjadi kunci keberhasilan dalam menjalani ujian Tes EBA ini. Soal seperti ini ingin memetakan apakah kita termasuk orang dalam kategori dominan otak kanan atau otak kiri. Juga menggambarkan kepribadian kita dalam bekerja itu seperti apa.

Pengumuman Kelulusan CPNS Kemenkes

Pengumuman pada Bulan Desember, dan pada awal tahun di Januari kami sudah penempatan di unit-unit kerja Instansi. Diterima oleh Bagian SDM setempat dan disalurkan sesuai dengan unit kerja yang kita lamar. Kalau Apoteker ya diserahkan ke Instalasi Farmasi, kalau ahli gizi ya ke Instalasi Gizi, Tenaga Elektromedik ya ke Unit Fasilitas Medik, dokter-dokter umum ada yang ke Instalasi GAwat Darurat, Ke Ruang Rawat Inap dank e Poliklinik Pegawai. Nomor NIP kami mengikuti tahun 2018.

Saat penempatan ada sekitar 63 kawan seangkatan CPNS 2017 di instansi kami. Ada dokter spesialis, dokter umum, apoteker, asisten apoteker, ahli gizi, tenaga elektromedik dan lain-lain. Kami pun menerima proses penempatan, orientasi tugas, orientasi budaya unit kerja, pendaftaran absen kehadiran secara elektronik, menerima dan mencoba password Electronic Health Record (EHR) untuk pelayanan dan kepegawaian.

Hanya sekitar 2 bulan, ada panggilan untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan CPNS. Dari instansi kami gelombang pertama diikuti oleh sekitar 20 orang. Seperti biassa kata teman-teman, undangan mengikuti diklat prajab tersebut datang tiba-tiba. Sementara banyak persyaratan dan kebutuhan kelengkapan yang harus dilengkapi. Surat datang di hari Kamis/Jumatnya sementara hari MInggu kita sudah harus masuk asrama Bapelkes Kemenkes RI. Semisal kami harus mempersiapkan surat tugas dan dokumen SKP (Sasaran Kinerja Pegawai). Surat tugas ditandatangani oleh Direktur Utama dan SKP ditandatangani oleh direktur sesuai unit kerja kami. Ini tentu membutuhjkan waktu sebenarnya waktunya tidak cukup, akhirnya menjadi terburu-buru.

Pemeriksaan Kesehatan CPNS oleh MPK

Setelah kita memiliki sertifikat kelulusan Diklat Prajabatan maka biasanya tidak lama kita akan mendapatkan surat panggilan untuk pemeriksaan kesehatan di rumah sakit yang ditunjuk oleh kemenkes RI. Yang saya tahu biasanya di Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta Pusat (RSCM) atau di RSUP Fatmawati Jakarta Selatan.

Ceklist yang diperiksa oleh dokter spesialis dari Majelis Pemeriksa Kesehatan (MPK) adalah wawancara riwayat kesehatan kita, riwayat kesehatan keluarga (orang tua dan saudara kandung), laboratorium darah perifer lengkap (ada yang harus puasa dahulu), tekanan darah, pemeriksaan EKG jantung dan rontgent thorax (dada). Biaya pemeriksaan kesehatan berkisar 700-900ribu per orang. Biaya Ini ditanggung sendiri oleh CPNS.

Hasil pemeriksaan kesehatan kita tidak diberikan kepada kita. Kalau aman-aman saja, yaitu badan kita sehat dabn kuat tanpa ada riwayat kesehatan yang berbahaya maka hasilnya akan diasmpaikan kepada Kepala Bagian SDM untuk ditindaklanjuti dengan mengirimkan surat dan dokumen lengkap ke Ropeg Kemenkes RI untuk diproses status kita menjadi PNS 100% dari sebelumnya status hanya seorang CPNS (Calon PNS).

Semoga saya berhasil menjadi PNS penuh dan kawan=kawan di sini berhasil meraih mimpinya untuk menjadi abdi negara yang berintegritas, memberikan kinerja yang d’best dan menjaga lingkungan kantornya dari bahaya laten korupsi. Aamiin

(seperti diceritakan oleh kawan Vanya N, K Hafidza, Dony R H S)

Dipublikasi di CPNS, CPNS 2018, Lowongan Kerja | Tag , , , , , | 12 Komentar

Cidahu Camping Ground, Cicurug, Sukabumi Jawa Barat gerbang indah menuju Puncak Gunung Salak dan Kawah Ratu

Masjid Asy Syifa RSCM pada kesempatan Bulan September 2018 ini menyelenggarakan acara Kemah Ukhuwah Masjid Asy Syifa RSCM Jakarta bagi para anggota pengajian di dalamnya. Acara dipusatkan di Cidahu Camping Ground, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat. Tempat kemping atau kemah ini termasuk baik juga dan fasilitas standarnya memadai.
Tiket untuk menginap 2 hari 1 malam di tempat ini menurut panitia sebesar Rp 35ribu/orang. Ini tanpa fasilitas apa-apa. Kalau mau sewa tenda ukuran sedang kena charge sebesar 55ribu, sewa sleeping bag 15ribu, kompor tanpa gas 15ribu, panci nesting kena 15ribu, matras 10ribu, dll. Fasilitas yang tersedia hanyalah hamparan tempat mendirikan kemah dengan toilet berjumlah sekitar 10 kamar (terbagi 2 tempat).

Tanahnya sudah diperkeras, ditata dan dibuat undak-undakan terasering, sehingga memudahkan air untuk lewat tanpa tergenang lama

Menurut kami lokasinya cukup okay, saat hujan deras tidak tergenang air, kalau becek pasti jadi becek. Saluran air di pinggir-pinggir lahan menjadi tempat pelarian air tanpa harus melewati kemah kami. Air bersih juga tersedia cukup dan bisa untuk memasak. Ada sungai kecil di arah barat yang membatasi wilayah Cidahu Camping Ground dengan Javana Spa dan Track Pendakian Gunung Halimun Salak. Sungai berbatu besar itu sungguh indah.

Foto ini diambil dari ujung dalam lapangan kemah dengan background lokasi depan camping ground

Kami sampai di lokasi tanpa harus berjalan kaki, kendaraan minibus berupa tronton TNI kecil sanggup mencapai lokasi tersebut melalui jalan kecil yang hanya bisa dilalui satu kendaraan saja per saat.

Kita bisa berkemah, masak, bermain dan tidur nyaman di lokasi kemah

Hewan yang kami jumpai di lokasi tersebut aneka jenis serangga, monyet ekor panjang dan burung-burung. Kalau melihat jejak-jejak kotoran tampaknya musang pun suka berkeliaran di sekitar hutan tersebut.

Foto ini diambil dari depan mengambil background Lapangan kemah yang berundak-undak

Kami sangat merekomendasikan teman-teman yang ingin berkemah untuk memilih Cidahu Camping Ground Sukabumi ini sebagai basecamp. Selain indah, lingkungannya juga aman. Kalau lokasi yang lain kami tidak tahu keamanannya

Dipublikasi di Jalan-jalan, RSCM | Tag , , , , , | Meninggalkan komentar

Jadwal Seleksi Ujian CPNS Kementerian Kesehatan Kemenkes RI tahun 2018

Sebagai Kementerian yang menjadi ujung tombak peningkatan Kesejahteraan masyarakat, bersama kementerian Pendidikan Nasional maka Kementerian Kesehatan RI perlu didukung oleh ketersediaan tenagaa profesional untuk mensukseskan setiap program kegiatannya agar dapat mencapai target tujuan pembangunan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pada kegiatan pengadaan Tenaga CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil tahun Anggaran 2018 ini, pemerintah membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil untuk ribuan tenaga kesehatan Indonesia.

Perekrutan tenaga CPNS Bidang Kesehatan tahun 2018 ini adalah untuk mendapatkan tenaga profesional bidang kesehatan yang mampu meningkatkan kesehatan masyarakat dan mampu menjalankan program-program Kesehatan masyarakat.

Jenis Tenaga Kesehatan Yang DIbutuhkan pada CPNS 2018

Selain tenaga pendidik alokasi pengadaan CPNS tahun 2018 yang terbanyak adalah perekrutan tenaga kesehatan yang terdiri dari tenaga-tenaga sebagai berikut :

  • Dokter Umum dan atau Dokter Spesialis,
  • Dokter Gigi dan atau Dokter Gigi Spesialis,
  • Bidan,
  • Perawat,
  • Perawat Gigi,
  • Apoteker,
  • Asisten Apoteker,
  • Pranata Laboratorium Kesehatan,
  • Teknik Elektromedis,
  • Perekam Medis,
  • Fisioterapis,
  • Radiografer,
  • Sanitarian,
  • Nutrisionis,
  • Epidemiolog Kesehatan,
  • Entomolog Kesehatan,
  • Refraksionis Optisien,
  • Administrator Kesehatan,
  • Penyuluh Kesehatan Masyarakat,
  • Analis Kesehatan;
  • Penguji Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Tenaga Kesehatan Lingkungan Kerja)
Sumber : cpns.kemkes.go.id

Sumber : cpns.kemkes.go.id

    CPNS 2018 Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah

    Pada kesempatan perekrutan CPNS Kesehatan 2018 ini dilaksanakan pengangkatan tenaga CPNS di instansi pusat dari berbbagai Kementerian dan CPNS di instansi daerah di bawah pemerintah daerah Kota dan Provinsi. Untuk pelaksanaan ujian dan materi ujiannay ditetrapkan oleh BAdan Kepegawaian Negara dan diawasi oleh Kemenpan RB RI.

    Tenaga Honorer Non PNS tahun Pengangkatan 2013 di Instansi Kesehatan

    Ada kabar baik bagi pegawai non PNS di Instansi Pemerintah, seperti tenaga honor di unit-unit kerja Kementerian Kesehatan, di rumah-rumah sakit vertikal Kemenkes, rumah sakit daerah, pegawai honorer di dinas-dinas kesehatan, tenaga honorer Puskesmas dan lain-lain, anda dapat diangkat menjadi CPNS Kesehatan tahun ini melalui jalur khusus. Anda akan diprioritaskan. Ada penambahan poin sebesar 10 poin pada Hasil Ujjian Seleksi Kemampuan Bidang (SKB). Jadi mulailah melengkapi dokumen Pendidikan dan pengangkatan anda sebagai pegawai non PNS.

    Tenaga yang dibutuhjkan adalah dengan kualifikasi pendidikan sebagai berikut :

    Tenaga Kesehatan Eks Tenaga Honorer Kategori II adalah tenaga honorer eks THK-2 yang telah bertugas di unit kerja instansi kesehatan milik pemerintah sebagai:

    • Dokter Umum dan atau Dokter Spesialis,
    • Dokter Gigi dan atau Dokter Gigi Spesialis,
    • Bidan,
    • Perawat,
    • Perawat Gigi,
    • Apoteker,
    • Asisten Apoteker,
    • Pranata Laboratorium Kesehatan,
    • Teknik Elektromedis,
    • Perekam Medis,
    • Fisioterapis,
    • Radiografer,
    • Sanitarian,
    • Nutrisionis,
    • Epidemiolog Kesehatan,
    • Entomolog Kesehatan,
    • Refraksionis Optisien,
    • Administrator Kesehatan,
    • Penyuluh Kesehatan Masyarakat,
    • Analis Kesehatan;
    • Penguji Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Tenaga Kesehatan Lingkungan Kerja)

    Yang akan difasilitasi adalah tenaga honorer kategori II yang telah bekerja minimal sejak tahun 2013.

    Jadwal Kegiatan Pengadaan CPNS Kesehatan  tahun 2018

    Jadwal Tes CPNS Kesehatan 2018

    Kalau melihat proses dan jadwal kegiatan pengadaan tenaga CPNS tahun 2017 maka kegiatan di tabel di atas akan dilaksanakan seperti alur jadwal tersebut.

    Jadwal Lengkap Pelaksanaan Pengadaan CPNS Kementerian Kesehatan

    • 1.Pengumuman Pembukaan Seleksi Pengadaan CPNS tahun 2018
    • 2.Registrasi Online
    • 3.Pengiriman berkas offline ke PO Box Panselnas
    • 4.Pengumuman kelulusan seleksi administrasi
    • 5.Pencetakan lembar identitas peserta ujian CPNS
    • 6.Pengesahan lembar identitas peserta ujian oleh Panselnas
    • 7.Ujian Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dengan system CAT
    • 8.Pengumuman kelulusan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD)
    • 9.Ujian Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) dengan system CAT
    • 10.Tes EBA (Executive Brain Assessment).
    • 11.Pengumuman Kelulusan Peserta Seleksi CPNS.
    • 12.Peserta kemudian melakukan pemberkasan CPNS ke Pemda/Kementerian
    • 13.Penerimaan CPNS oleh instansi dan serah terima ke unit kerja.
    • 14.Orientasi CPNS baru di instansi kerja, biasanya 2-3 hari.
    • 15.Pemanggilan Pendidikan dan Pelatihan Pra Jabatan CPNS (Diklat Prajab CPNS) oleh Kementerian / Pemerintah Daerah, berlangsung selama 6 bulan
    • 16.Pemeriksaan kesehatan CPNS melalui Majelis Pemeriksa Kesehatan (MPK).
    • 17.Pemberkasan CPNS (Calon PNS) menjadi PNS 100%.
    • 18.Selamat anda akhirnya menjadi PNS

    Setiap proses dilakukan seleksi dan pemeriksaan serta penilaian. Siapa yang nilainya terbaik maka dialah yang berhak melanjutkan proses seleksi.
    Kami doakan semoga anda sukses menjadi pegawai negeri sipil yang bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat, bermartabat dalam mengayomi tugas kemasyarakatan, berintegritas salam mengampu pekerjaan kedinasan dan mampu menyejahterakan dirinya sendiri dari pendapatan yang halal.

    Dipublikasi di CPNS 2018, Lowongan Kerja | Tag , , , , , | 1 Komentar

    Lepas Sambut Pegawai Lama BYMers

    Ada saat pertemuan, ada saat perpisahan, ada saat permulaan dan pasti ada ujungnya, ada awal ada akhir.

    Selamat bertugas di tempat baru, selamat berjuang bagi yang menempati jabatan di tempat lama.

    selalu 

    Semoga Allah SWT selalu memberkahi.

    Dipublikasi di Nondinas | Tag , , , , , | Meninggalkan komentar

    Kemah Ukhuwah Masjid Asy Syifa RSCM

    Kemah Ukhuwah Masjid Asy Syifa RSCM diselenggarakan pada tanggal 1-2 September 2018, diikuti oleh sekitar total 70 orang panitia dan Peserta. Lokasi kemah mengambil tempat di Cidahu Camping Ground, Cidahu, Cicurug, Sukabumi yang dekat sekali dengan Hotel Javana Spa. 

     Acara selama dua hari diisi dengan perkemahan, materi survival, hiking sekitar

    Dipublikasi di Jalan-jalan, RSCM | Tag , , , , , , , , | Meninggalkan komentar