PENCULIKAN BAYI DI RUMAH SAKIT

Seorang bayi berusia 2 hari diculik oleh seseorang wanita yang berpakaian seperti dokter dengan jas putihnya. Wanita tersebut bertindak professional, begitu tenang dan mampu mengelabui keluarga dan perawat magang di sebuah rumah sakit pemerintah di Kota Bandung.

penculikan bayi tribunnews.com

penculikan bayi tribunnews.com

Sebuah rumah sakit besar namun ternyata bisa ditembus juga oleh penculik lihay. Walaupun pada akhirnya kejadian ini terbongkar dan sang bayi kembali selamat ke keluarganya namun hal ini telah menimbulkan keprihatinan. Kasus ini perlu dipelajari agar tidak terulang di rumah-rumah sakit dimanapun.

penculik bayi sumber www.detik.com

penculik bayi sumber http://www.detik.com

Bagaimana mencegah, mengatasi kasus penculikan bayi di RS. Padahal ada persyaratan JCI terutama dalam klausul Patient Safety yang jelas terkait. Analisis manajemen perihal kegiatan pencegahan penculikan bayi dengan melihat unsur-unsur. Terutama unsur-unsur fungsi Man, Money, Material, Manajemen and Methods untuk pencegahan penculikan bayi.

Man

Harus tersedia SDM yang handal dan memahami prosedur (SPO) yatiu Kepala Ruangan, Dokter, Perawat, petugas sekuriti dan Karyawan RS.

Money

Harus tersedia anggaran untuk membiayai pembelian peralatan sekuriti, pembuatan nametag yang baik, membiayai diklat petugas-petugas sekuriti, biaya kegiatan simulasi penculikan bayi, biaya konsultan/asesor keselamatan ruangan, biaya penyegaran SDM

Material

Ruangan dengan pagar/teralis yang kuat, dilengkapi dengan pintu otomatis yang dibuka dengan kunci sidik jari elektronik (handkey), lokasi ruangan dipilih yang tidak banyak diakses orang, ruangan anti api dan mampu melindungi dari asap kebakaran, peralatan evakuasi bayi jika terjadi bencana lengkap dan berfungsi baik, ruangan mudah dimonitor oleh SDM RS, CCTV monitoring sistem yang berjalan baik.

Manajemen

Ada sistem pengelolaan manajemen yang baik,bagaimana rekruitmen pegawai yang bagus, ada perencanaan program pelatihan yang baik dan tepat, pengaturan sistem kerja shift SDM dokter, perawat dan sekuriti yang baik. Direksi harus menaruh perhatian besar dalam hal ini, monitoring sistem yang berjalan selalu dilakukan dan dievaluasi jika ditemukan masalah, melakukan cek-ricek kesiapan/kewaspadaan sistem dalam menghadapi kasus penculikan bayi

Methods

Ada SPO Prosedur pengantaran/pemindahan/transfer bayi dari satu ruangan ke ruangan lain yang benar, ada SPO identifikasi pasien/pasien bayi yang mudah identifikasi (gelang pasien), SPO kewajiban penggunaan identitas ID Card pegawai selama beraktivitas di seluruh lokasi RS, Ada SPO Pencegahan dan Penanganan Kejadian Penculikan Bayi, ada pemberlakuan semua SPO tersebut di rumah sakit oleh Direksi, ada kegiatan sosialisasi dan simulasi SPO tersebut agar dapat dipahami oleh SDM RS.

Tulisan Lainnya :

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM)

Iklan

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di RSCM dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s