LOKAKARYA MONITORING DAN EVALUASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) RSCM

RSCM mengadakan lokakarya dengan mengundang peserta dari seluruh Departemen/Unit Kerja dan pelaksana pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional di RSCM.

Aula Radioterapi 17072013

Acara dilaksanakan pada hari Rabu, 16 April 2014 bertempat di Aula Gedung Departemen Radioterapi lantai 3. Lokakarya tersebut diisi oleh 6 orang pembicara/narasumber dan dihadiri oleh kurang lebih 120 peserta yang terdiri dari Ketua dan Anggota Tim Casemix RSCM, Tim Pengendali Jaminan Kesehatan Nasional Departemen/Unit Kerja, Kepala Departemen / Instalasi/ Bagian/ Komite, Koordinator Administrasi dan Keuangan Unit Kerja dan pelaksana layanan Jaminan Kesehatan Nasional unit layanan.

Banyak diskusi yang muncul terutama masalah pentarifan, status pelayanan apakah rawat inap atau bukan, juga masalah pembahasan clinical pathway suatu penyakit, bagaimana pengaruh coding penyakit terhadap besar biaya penagihan. Bagaimana dengan pasien yang memerlukan tindakan serta alat kesehatan dengan pembiayaan yang mahal-mahal, apa yang harus dilakukan sementara besaran penggantian hanya murah.

Semua itu dibahas dan didiskusikan bersama di lokakarya dengan jadwal acaranya adalah sebagai berikut:

1. Overview Pelaksanaan JKN Triwulan I 2014 di RSCM
2. Pelaksanaan Clinical Pathway dalam JKN
3. Monitoring dan Evaluasi Kepesertaaan pasien JKN RSCM
4. DISKUSI PERTAMA
5. Monitoing dan Evaluasi Coding dan Hasil Grouping INA CBG’s
6. Monitoring dan Evaluasi Pentarifan dan Pembiayaan serta Penagihan
7. Peran Implementasi Teknologi Informasi dalam JKN
8. DISKUSI KEDUA

Aula Radioterapi 170713(1)

Pertanyaan perihal implementasi Sistem IT dalam pelayanan pasien Berjaminan JKN:

  1. Registrasi pasien cukup sekali, tidak ada pengulangan input untuk identitas pasien
  2. hubungan sistem IT di tempat registrasi pasien dengan sistem IT di unit rawat jalan, unit rawat inap, unit keuangan, data pelayanan medis dan unit rekam medis
  3. Metode dan teknik agar sistem IT mampu membantu merekam pelayanan peresepan obat pasien JKN dengan e-prescribing
  4. Kendala-kendala dalam implementasi IT dalam pelayanan JKN. Bagaimana meminimalisir kesalahan input oleh petugas registrasi.
  5. Sistem monitoring dan controlling serta trouble shooting dalam pelayanan pasien oleh staf IT
  6. membuat bridging sistem IT RSCM dengan sistem IT INA CBG’s
  7. Sistem IT yang membantu proses penagihan pasien JKN dengan cepat karena datanya lengkap dan sudah terisi dengan benar

Masalah-masalah dalam kepesertaan Pasien JKN:

  1. Bagaimana dengan pasien Orang Terlantar (OT)/Gelandangan atau pasien tanpa identitas, siapa yang menanggung biaya pelayanan kesehatan mereka? Berapa batasan plafon biaya pelayanan kesehatan pasien OT? Bagaimana proses administrasi dan keuangan pasien OT di rawat inap dan rawat jalan?
  2. Apakah pasien bunuh diri ditanggung/dijamin oleh BPJS? Bagaimana kalau yang bunuh diri/berusaha bunuh diri adalah pasien psikiatri/kedokteran jiwa atau pasien dengan gangguna jiwa.
  3. Apakah pasien JKN PBI (Penerima Bantuan Iuran) bisa naik kelas peraawatan? APakah pasien JKN non PBI boleh naik kelas perawatan? Apakah pasien JKN non PBI kalau naik kelas perawatan akan menguntungkan rumah sakit ataukah akan merugikan rumah sakit?

Masalah-masalah dalam hal Tarif dan Pembiayaan (Costing)

  1. Apakah kesalahan-kesalahan yang dilakukan dokter dalam melengkapi dokumen rekam medis pasien JKN? Pada resume medis pasien apa yang biasa salah? Dalam memberi kode penyakit apa yang biasanya salah ditulis oleh dokter? Berapakah (berapa rupiah) besaran kerugian yang ditanggung oleh rumah sakit akibat kesalahan coding dokter DPJP? Bagaimana solusi dari Pokja Coding rekam medis rumah sakit jika menemukan masalah seperti ini?
  2. Kendala-kendala dalam menghitung tarif, menentukan unit cost dan memberlakukan kebijakan tarif di rumah sakit? Bagaimana menghadapi resistensi unit kerja yang menginginkan perubahan/revisi tarif di tengah jalan? Apa jawaban direksi bagi unit kerja yang mengusulkan agar biaya penunjangnya tidak dimasukkan ke dalam paket biaya pelayanan tetapi dimasukkan tersendiri?
  3. Data dan hal-hal apa saja yang harus disiapkan sebelum menghitung tarf rumah sakit? Kapankah idealnya tarif rumah sakit diberlakukan di RS

Tulisan Lainnya :

Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM)

Iklan

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di RSCM dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s