Pembangunan Pusat Kesehatan Ibu dan Anak RSCM

RSCM selalu menjadi rumah sakit rujukan utama untuk seluruh pelayanan kedokteran tidak terkecuali untuk pelayanan kesehatan Ibu dan Anak. Hal tersebut menyebabkan jumlah tempat tidur dan ruang pemeriksaan serta pelayanan menjadi sangat tidak mencukupi. Sesuai dengan masterplan pengembangan menyeluruh RSCM sampai sepuluh tahun ke depan 2004-2014 (Dokumen Cipto Mangunkusumo Hospital Development Plant, Jakarta, Agustus 2004). Bahwa akan dibangun Eye Center (RSCM Kirana) dan Children Hospital (RSCM Kiara / PKIA). Salah satunya menyentuh bidang pelayanan kesehatan Ibu dan Anak.

Kementerian Kesehatan RI sebagai institusi langsung di atas RSCM, juga sebagai penyuplai anggaran dan kegiatan RSCM ternyata mendukung hal tersebut. Dialokasikanlah anggaran untuk membangun pusat pelayanan kesehatan ibu dan anak nasional di RSCM. Tujuannya semata-mata untuk menjalankan tugas pemerintah yaitu menyediakan pusat pelayanan kesehatan terbaik dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) sejak tahun 2011 telah membangun gedung baru untuk Pusat Kesehatan Ibu dan Anak (PKIA). Rencana bentuk bangunan yang terletak tepat di seberang Gedung Kampus UPI YAI Salemba, Jakarta Pusat tersebut dapat dilihat pada maket berikut ini :

Pusat Kesehatan Ibu dan Anak RSCM

Pusat Kesehatan Ibu dan Anak RSCM

keterangan gambar: Tampak jalan besar di depan adalah Jalan Diponegoro. Sebelah kiri maket adalah gedung Unit Rawat Jalan Terpadu (URJT) RSCM sementara sebelah kanan adalah FKUI Salemba. Ruang Pemasaran dan Humas RSCM yang terletak antara URJT dan PKIA tampak akan digusur dan menjadi tempat parkir kendaraan.

Kalau melihat maket gedung PKIA tersebut tampak jumlah lantainya mencapai 12 lantai, merupakan bangunan tertinggi di RSCM karena bangunan yang sekarang berdiri di RSCM paling tinggi hanya 8 lantai saja.

Semoga cepat dapat selesai pembangunannya karena jumlah pasien Ibu dan anak di RSCM selalu bertambah dan tidak pernah berkurang. Bukan hanya dari wilayah sekitar Jakarta Raya namun dari Banten, Jawa Barat, Jateng, Jatim, Yogya, Riau, Kepri, Sumatera dan wilayah lainnya di Indonesia.

Papan proyek PKIA RSCM

Papan proyek PKIA RSCM

Proyek pembangunan PKIA RSCM (view dari samping kampus UPI YAI)

Proyek pembangunan PKIA RSCM (view dari samping kampus UPI YAI)

Proyek pembangunan PKIA RSCM (view dari dalam RSCM)

Proyek pembangunan PKIA RSCM (view dari dalam RSCM)

RSCM Kiara Saat ini

RSCM Kiara atau Pusat Kesehatan Ibu dan Anak diresmikan oleh Bapak Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 9 September 2014. Kata Kiara mungkin berasal dari bahasa sansekerta artinya Pohon Pelindung atau Pengayom atau pohon beringin.

RSCM Kiara melayani pasien anak-anak, bayi, juga untuk kebidanan dan kandungan. Sebagai tempat pelayanan melahirkan dan tindakan pasca melahirkan. IGD untuk pasien anak-anak juga tersedia di RSCM Kiara lantai 1. Selain itu di lantai 1 juga ada Pelayanan Bank Darah, ruang radiologi anak, ruang sterilisasi alat, dll.

Di lantai 2 RSCM Kiara ada ruang transfusi Thalasemia, perawatan kedokteran gigi anak, pelayanan obat dan lain sebagainya.

Dinding-dinding ruang RSCM Kiara dipenuhi oleh karakter kartun disney dan lain-lain.

RSCM Kiara PKIA

RSCM Kiara PKIA

Iklan

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di RSCM dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Pembangunan Pusat Kesehatan Ibu dan Anak RSCM

  1. Ping balik: Presiden SBY Meresmikan RSCM KIARA | Pegawai BYM

  2. Ping balik: Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo Jakarta | Pegawai BYM

Komentar ditutup.