Desa Adat Sade Lombok, Atap Rumputnya Tahan 7 Tahun Lho

Kami pun berkesempatan mengunjungi Desa Adat Sade Lombok, sebuah desa atau kampung yang adat istiadat nya bertahan selama ratusan tahun sampai dengan sekarang.

Hari Ahad, 23 April 2017 siang hari jam 10 siang. Sinar matahari sedang galak-galaknya. Dan kita diajak berputar perkampungan Adat Sade.

Atap rumputnya atau berbahan ilalang yang disusun rapi tahan sampai dengan 6 – 7 tahun lho. Untuk kemudian sesudah masa itu atap rumah wajib direnovasi.

BYM71 Desa Sade Lombok 20170423 atap

Ada banyak hal yang lucu dan aneh menurut kita yang hidup di jaman modern ini seperti lantai rumah yang dipel dengan kotoran sapi, cara menikahi gadis desa adat yang harus diculik dulu, tentang agama dan kepercayaannya.

Kami melihat dan belajar banyak di desa ini. Sambil menikmati keindahan tenunan kain adatnya nan indah.


Rumah Dipel dengan Kotoran Sapi

Lantai rumah dipel dengan kotoran sapi, katanya dipercaya oleh orang Sasak dapat mencegah ular untuk masuk ke dalam rumah.

 

Turis Bule Mancanegara

Kami bertemu banyak turis bule dari mancanegara yang bertandang ke kampung adat ini. Biasanya mereka rombongan kecil terdiri dari 2 – 5 orang yang didampingi 1 orang guide lokal. Guide di Kampung Adat ini tidak dikenakan biaya lho, free of charge. Kalau kita mau menyumbang atau memberi uang maka ada tempat khusus untuk kita memasukkan uang di semacam kotak amal di depan pintu gerbang.

Di dalam Kampung Adat Sade ini kita bisa membeliĀ kerajinan tradisional Lombok seperti kain tenun, kain sarung khas Lombok, baju kaos, gantungan kunci Lombok, mainan anak, gelang-gelang tradisional, dan lain-lain. Kalau kita kehausan minuman dingin juga dijual di Desa Adat Sade ini.

Kita juga boleh masuk ke dalam rumah penduduk, jika sudah diijinkan tentunya. Dan melihat langsung ke dalam perangkat hidup mereka yang masih sangat sederhana. Kalau mau memfoto juga dibebaskan, tidak ada pantangan untuk berfoto.

BYM71 Desa Sade Lombok 20170423

Jika kita mau menjaga adat istiadat dan alam lingkungan kita maka kita akan dapat mewariskan budaya luhur kita sampai dengan anak cucu kita (Dalam proses penulisan)

Iklan

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di BYM at Lombok, Jalan-jalan, RSCM dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s