Ganas dan Liarnya Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh dan Pelabuhan Balohan Pulau Weh

Kami merasakan ganas dan liarnya Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh dan Pelabuhan Balohan Pulau Weh saat kami berkunjung tanggal 9-10 April 2016 dalam rangka BYMers Beautiful Trip To Sabang and Banda Aceh 2016. Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh adalah pelabuhan indah yang masih terjaga keasrian dan kebersihannya. Hanya kehadiran banyak pengemis tentu sedikit menghilangkan kesan tersebut. Selain itu kejelasan naik dan turunnya penumpang juga masih belum ada. Jadi kita harus berdesak-desakan karena khawatir tidak terangkut. Bagaimana pula dengan manifest penumpang nih kalau terjadi apa-apa di lautan lepas.

image

Namun kami juga menyaksikan keindahan dan kehidupan alam yang masih terjaga di kedua pelabuhan itu. Kalau mau snorkeling di Pelabuhan Ulee Lheue dijamin anda bisa menemui biota laut yang cuantik-cantik. Sayapun bisa menemukan manfish dan palett tang fish saat melihat dari ujung dermaga ke batu-batu pemecah ombak Pelabuhan Ulee Lheue.

image

Tiket kapal yang sudah kita pegang belum bisa menggaransi kita untuk masuk ke speedboat dari Balohan Pulau Weh ke Ulee Lheue Banda Aceh. Kapasitas kapal Cepat hanya 200 orang, namun ternyata diisi sampai dengan 300 orang. Sang Nakhoda akhirnya gusar dan ikut terlibat memilah penumpang di Pelabuhan Balohan. Saling tunjuk antara calon penumpang dan Nakhoda kapal dengan disambut percakapan yang keras, ditengahi petugas kepolisian, membuat kami, tamu di Serambi Mekah, merasakan denyut kegusaran dalam hati kami. Dengar punya dengar telinga kami, sang Nakhoda tidak mendapatkan apa-apa dari penambahan penumpang liar tersebut. Uang tersebut katanya mungkin diambil oleh yang menjual tiket di pelabuhan Akankah perjalanan kapal cepat ini bisa berlangsung? Akankah kami selamat mengarung laut di Selat Aceh ini? Seratus doa dan pujian syukur kami ucapkan agar para malaikat mau ekstra bekerja melindungi kami.

image

Alhamdulillahirobbil ‘alamiin. Akhirnya kami tiba kembali di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh setelah 60-70 menit kapal cepat bergerak laju di Lautan Aceh. Beautiful scenery, wild bird, lovely manfish, windy port are very tempting and attracting. Sayang waktu hanya sementara dan gerak kami bergegas. Kami tidak bisa duduk duduk berleha sekedar menikmati suguhan alam.

Iklan

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di Jalan-jalan, Sabang Banda Aceh 2016 dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s