Hamil: Satu Jurang Kehidupan dan Kematian

Dalam proses penulisan πŸ™‚

Kehamilan adalah anugerah yang maha besar dari Sang Mahakuasa. Hanya seorang wanita yang bisa hamil dan mengandung anak penerus kehidupan manusia. Laki laki hanya bisa memberi benih dan menghamili serta nanti satu saat menafkahi anak2 tersebut. Laki laki yang baik harus dapat menjaga kesehatan dan keselamataan seorang isteri nya yang sedang hamil. Oleh karena itu, seorang laki laki harus banyak berdoa kepada Yang Maha Esa dan memperhatikan kondisi isterinya dari waktu ke waktu ketika sang isteri hamil.Vector illustration of Pregnant woman

Vector illustration of Pregnant woman
Kehamilan adalah seperti seseorang yang sedang berada dekat jurang antara batas kehidupan dengan kewmatian. Salah langkah sedikit kematian menyerbu jemput. Tak akan sedikitpun ditangguhkan, meski hanya sepersekian detik. Kematian bagi sang Ibu, kematian bagi sang janin dan bagi kedua duanya secara bersamaan. Kematian tanpa acara perpisahan. Sebuah proses yang amat cepat. Seecepat kereta peluru dari Jepang.

pregnant lady park

Hamil Padahal KB
Alat kontrasepsi hanya mengurangi kemungkinan ibu untuk hamil, namun tidak bisa memberikan hasil sampai 100%. Sebagian ibu yang ikut program KB ada juga yang tetap hamil. Ini patut disyukuri karena anugerah tetap datang meski sudah berusaha mencegahnya. Spiral tidak menjamin kehamilan dapat dicegah, pil pun demikian kadang lupa meminumnya. Kondom pun kadang 2 bocor atau malah sobek, kalau tidak ya terlambat timing memakainya. Susuk dan suntik kb juga demikian.
Yang harus dilakukan kalau ternyata kehamilan terjadi ya yang pertama tama adalah disyukuri dulu. Yang kedua konsultasi ke dokter kandungan. Semoga kehamilan nya tidak apa2 dan sehat terus sampai melahirkan.
Istri Teman ada yg pengalaman masih ada spiral tapi masih hamil juga. Dicek dengan USG ternyata spiralnya masih ada di dalam. Namun kata dokter kandungan masih aman dan spiralnya tidak akan mengganggu janin. Sampai tiba saatnya melahirkan.
Dokter memang pernah bilang, bisa saja setelah melahirkan spiral atau IUD terjatuh dari dalam tubuh saat buang air kecil setelah melahirkan.

Jamu Peluntur Kehamilan
Jamu dan pil datang bulan bisa membahayakan janin. Kadang kita tidak tahu saat kita sedang hamil. Makanan dan minuman yang kita konsumsi tidak dijaga. Bahkan obat obatan warung banyak yang berpotensi membahayakan kehamilan. Kalau tidak dibilang mengganggu, temanku saja kalau flu saat hamil hanya memperbanyak konsumsi buah dan banyak beristirahat. Apalagi kalau jamu datang bulan atau pil pil datang bulan. Di peringatannya memang sudah ditulis agar tidak dikonsumsi ibu hamil. Bagaimana kalau kita sudah biasa mengkonsumsinya, lalu saat masa masa awal kehamilan, belum tahu hamil, eh mengkonsumsinya. Wah, hanya bisa pasrah dan berdoa kepada yang Mahakuasa. Semoga anak kami terlindungi.

Hamil Naik Motor
Seseorang Ibu hamil harus waspada, naik motor ada polisi tidur. Kalau naik ojeq, si tukang ojeq harus diberitahu agar jalannya pelan pelan. Jangan sampai janinnya terbanting banting dalam perut.

Hamil Naik Kereta
Kalau lagi hamil dan kebetulan naik kereta kota misal commuterline maka tidak perlu sungkan dan malu malu untuk meminta kursi duduk. Meskipun bukan di barisan kursi prioritas. Sekali lagi meskipun bukan di deretan kursi prioritas. Meskipun juga merasa badannya fit dan masih kuat berdiri. Sebaiknya anda duduk. Guncangan dan tarikan kereta lebih ringan kalau ibu hamil duduk.
Janganlah karena malu anda membahayakan janin yang sedang dikandung. Sangat berisiko sekali ibu hamil berdiri di dalam kereta, apalagi saat kehamilan masih muda. Jadi harus memberanuikan diri untuk meminta tempat duduk.

bangku prioritas di kereta

bangku prioritas di kereta

Keguguran
Wanita karier kadang merasa dikejar kejar deadline, lupa dengan kondisinya. Akhirnya ia kelelahan dan mulai ada masalah dengan kehamilannya. Kalau sudah keguguran maka untuk membersihkan rahim biasanya bidan atau dokter melakukan tindakan Kuretase.

Janin Meninggal di Dalam
Ada satu masa dimana detak jantung baby sudah tdk terdwngar lagi oleh Bidan atau dokter kandungan. Tanda kehidupan sudah menghilang dan cairan ketuban mulai keruh.

Hamil Anggur
Perut gendut bukan berarti Hamil, mungkin saja anda hamil anggur. Tanda tanda tumor atau daging tumbuh. Isinya hanya air saja. Melalui pemeriksaan USG dan alat pendengar deetak jantung janin dapat diketahui apakah kehamilan ada bayinya atau hanya berisi cairan/massa saja.

Ibu dan Janin Meninggal
Kadang ibu hamil kecelakaan, kadang di rumah terjatuh, kadang musibah Kecelakaan lalu lintas. Saat berangkat pagi seorang ibu hamil yang sedang diantar motor suaminya terjatuh duduk saat sang suami hendak menyalib mobil.

Dirawat di rumah sakit dan detak jantung sang bayi nampaknya tidak ada. Ibu juga mengeluarkan darah segar dari kemaluan. Sang janin nampaknya sudah tiadaa. Untuk memastikan maka dokter melakukan pemeriksaan USG dan mencari detak jantung janin dengan teliti. Dilakukan juga pemeriksaan air ketuban sang ibu. Tampaknya sang janin tidak sanggup lagi.

Pregnancy-4

Ibu Masuk ICU, Bayi Selamat
Ibu melahirkan secara sectio cesaria penuh risiko. Bisa membuat kematian. Seorang dokter muda yang sedang mengambil pendidikan dokter spesialis kebidanan dan kandungan menerangkan dengan detail rencana tindakan operasi sectio caesaria atau operasi sesar kepada suami. Salah duanya adalah risiko kematian terhadap ibu dan bayi atau kedua-duanya. Tentu dokter menyampaikan dengan pelan, hati-hati dan tidak membuat rasa ketakutan terhadap sang calon bapak.
Kasus kriminalisasi dokter di Sulawesi juga terjadi pada kasus kematian ibu yang sedang melahirkan. Yups, hal itu berarti memang kasus ini masih banyak di negeri ini.

Dalam proses penulisan πŸ™‚

Iklan

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di Cerita Pasien dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s