Bukan Cuma Malioboro, Ada Vredeburg, Masjid Gedhe dan Sonobudoyo

Ke Yogyakarta bukan cuma Malioboro dan Pasar Bringharjo, Ada Museum Benteng Vredeburg, Masjid Gedhe atau Masjid Agung Kesultanan Yogyakarta dan Museum Sejarah Sonobudoyo. Semuanya itu dekat di kawasan Malioboro dan Alun alun Yogyakarta.

Museum Benteng Vredeburg
image

image

image

Museum Negeri Sonobudoyo
Museum kata diresmikan oleh Sultan Hamengkubuwono VIII pada tahun 1935, demikian penuturan mbak Tifa, Guide Museum Sonobudoyo. Yogyakarta. Mbak Tifa baik sekali menjelaskan isi Museum Sonobudoyo. Kata mbak Tifa harga tiket kami sudah termasuk jasa guide kalau kita berkenan. Tentu kita senang jadi lebih faham isi museum. Saat kami ke sana pada hari Rabu, 13 Mei 2015 berbarengan dengan serombongan kecil pelajar SD (Muhammadiyah atau Al Azhar). Biasa anak anak berseliweran dan teriak dimana mana. Hehehe.

Sekilas Museum Negeri Sonobudoyo

Museum Negeri Sonobudoyo merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah pada Dinas Kebudayaan Provinsi DIY, mempunyai fungsi pengelolaan benda museum yang memiliki nilai budaya ilmiah, meliputi koleksi pengembangan dan bimbingan edukatif kultural. Sedangkan tugasnya adalah mengumpulkan, merawat, pengawetan, melaksanakan penelitian, pelayanan pustaka, bimbingan edukatif cultural serta penyajian benda koleksi Museum Negeri Sonobudoyo.

Museum Sonobudoyo yang berlokasi di pusat kota Yogyakarta berada dalam lokasi yang strategis, berada dalam lingkungan Pusat Budaya Yogyakarta yang banyak mendapatkan perhatian dari berbagai pihak baik dari dalam maupun luar negeri.

Bangunan Museum Sonobudoyo merupakan rumah joglo dengan arsitektur masjid keraton kasepuhan Cirebon. Didesain oleh Ir Th Karsten.

Keberadaan museum erat hubungannya dengan sebuah yayasan masa Kolonial, yang bernama Java Institut di bidang kebudayaan Jawa, Madura, bali, dan Lombok sebagai pencetus berdirinya Museum Sonobudoyo, yang diresmikan pada tanggal 6 nopember 1935, oleh Sri Sultan Hamengkubuwono    ke VIII dengan ditandai Candrasengkala “Kayu Winayang Ing Brahmana Budha”
Museum Sonobudoyo sebagai museum provinsi kedepannya diharapkan akan menjadi gambaran dari fungsi museum dalam hal pelayanan dan optimalisasi Fungsi, dengan melihat potensi yang dimiliki, sehingga akan mempunyai prospek dan peluang untuk lebih dikembangkan dan ditingkatkan, dalam rangka menghadapi persaingan baik pada level Nasional maupun Internasional. (sumberwww.sonobudoyo.com)

image

image

image

image

image

Masjid Agung Kesultanan Yogyakarta
Kalau mau melihat kayu jati bulat yang besar dan dijadikan konstruksi bangunan maka selepas melaksanakan ibadah salat anda bisa melakukan nya di Masjid ini. Sebuah bangunan luar biasa yang mengundang decak kagum
image

image

Stasiun Tugu Yogyakarta
Di Stasiun ini jadi tempat tujuan akhir bagi orang yang ingin menikmati wisata dan liburan di Yogyakarta. Kereta Prambanan Express juga berhenti di Stasiun ini.

image

image

Malioboro
Yogyakarta adalah Malioboro dan Malioboro adalah Yogyakarta. Surga untuk belanja, kuliner, menikmati kota, aktivitas wisata, melihat bule bule berseliweran. Yups di sini tempatnya.
Beli kaos khas Yogyakarta juga banyak pilihan di sini. Ada yang sudah dilabelin harga, ada yang bisa ditawar. Harga kaos mulai harga 13ribu sampai 35ribu rupiah. Tergantung bahan dan pengerjaan motifnya. Motif gambar ada yang dibordir dan ada yang disablon. Yang bordir dan bahannya dari katun lebih mahal, 35ribuan.
image

image

image

Foto foto tiket dan nota hotel
image
1. Tiket Kereta Pramex
2. Karcis Masuk Museum Sonobudoyo
3. Karcis Masuk Museum Vredeburg
4. Nota Pembayaran Hotel Kencana

Biaya-biaya dan Harga Malioboro Jogya
1. Kereta Pramex Kutoarjo Yogya Rp8ribu
2. Lontong Sayur Padang + Teh Rp7ribu
3. Beli kaos Bordir jogja, malioboro harga kaos Rp35rb/potong (beli banyak bisa tawar 30ribu)
4. Celana panjang batik, celana aladin, harga celana Rp30ribu/potong
5. Air mineral Rp3,5ribu/botol
6. Kaos sablon Rp20-25ribu/potong
7. Baju batik mulai Rp25ribu, 60ribu, 200ribu, bahkan jutaan (kaos, celana, baju batik kami beli di pasar Bringharjo)
8. Museum Vredeburg tiket masuk Rp3ribu
9. Museum Sonobudoyo Yogya tiket masuk Rp3ribu
10. Naik becak Alun Alun – Toko Bakpia – Stasiun Tugu Rp5-15ribu tergantung kesepakatan
11. Naik Andong Malioboro – Alun alun Utara Rp20ribu-30ribu
12. Makan siang di warung2 dekat alun alun utara dan Masjid Agung, Gado gado lontong Rp12ribu, Soto Ayam Nasi Rp10ribu, Buah Kelapa Muda Rp10ribu/butir
13. Beli oleh-oleh, maunya Bakpia Patuk 25 tapi karena naik becak ya dibawa kabur tukang becak ke Toko Bakpia 99, harganya mahal dan rasanya kurang enak, Bakpia Pathuk 99 Rp30ribu, Wingko 50ribu, Keripik Tempe 30ribu (kami sudah mahfum (faham) kalau tukang becak malioboro diberi persen sama yang punya toko)

Iklan

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di Jalan-jalan dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Bukan Cuma Malioboro, Ada Vredeburg, Masjid Gedhe dan Sonobudoyo

  1. Meninggalkan jejak disini, terimakasih sudah sempat mampir ke riffajp4inspiration.wordpress.com
    Tulisannya bagus 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s