Suatu Malam Dingin Stasiun Kutoarjo Purworejo

Kami dalam perjalanan menghadiri mantenan teman kantor kami di daerah Kebumen Jawa Tengah. Ke satu tempat yang kami bertiga belum pernah menjelajahinya. Tanpa perencanaan yang detail sebenarnya. Jadilah kami backpackers dadakan di Kebumen, Kutoarjo dan Yogyakarta. Pengalaman yang mengesankan dan menyenangkan berwisata tanpa perencanaan sebelumnya. Perjalanan di mulai di Stasiun Senen Jakarta Pusat menuju Stasiun Kutoarjo via Kereta Sawunggalih Utama Malam dan diakhiri dengan Kereta Gajah Wong dari Stasiun Kutoarjo menuju Stasiun Jatinegara Jakarta Timur.
image

Malam Dingin Stasiun Kutoarjo
Setelah tiba di Stasiun Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah, Kami sebenarnya bingung menunggu pagi tuh menginap dimana. Hehehe. Akhirnya kami pun memeriksa Stasiun Kutoarjo. Adakah celah celah untuk bisa merebahkan diri.
Malam lumayan dingin bagi kami yang sebaru tiba dan tak tahu Kota Kutoarjo.
image

Kalau membaca wikipedia Kutoarjo itu adalah:
Kutoarjo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
image

Kutoarjo pernah menjadi kabupaten tersendiri di Provinsi Jawa Tengah. Semenjak tahun 1934 wilayahnya digabungkan dengan Kabupaten Purworejo.

image

Kutoarjo merupakan salah satu wilayah kecamatan yang berada di Kabupaten Purworejo. Di antara semua kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo, Kutoarjo memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan yang lainnya. Bukan lantaran dari letak geografisnya namun juga dari sisi historisnya.
image

Secara historis, Kutoarjo sebelum bergabung ke dalam wilayah Purworejo pada tahun 1934, merupakan salah satu kabupaten yang berdiri sendiri di daerah Karesidenan Bagelen. Nama kabupatennya adalah Kabupaten Semawung, yang meliputi Bagelen bagian selatan dengan ibu kota Kutoarjo. Sehingga, pembangunan yang ada kala itu mirip dengan pola pembangunan yang berada di Kabupaten Purworejo. Kutoarjo memiliki alun-alun, Pendopo, dan juga kemegahan Masjid Agung Al-Izhaar Kutoarjo.

image

Kecamatan Kutoarjo sendiri mempunyai berbagai sarana transportasi seperti Terminal Bus, dan Stasiun Kutoarjo. Stasiun ini adalah stasiun kebanggaan Masyarakat Kabupaten Purworejo khususnya Masyarakat Kutoarjo. Stasiun Kutoarjo merupakan stasiun kelas besar tipe B yang terletak di Kelurahan Kutoarjo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Stasiun yang terletak pada elevasi +16 m ini merupakan stasiun paling timur yang dikelola oleh PT KAI Daerah Operasi V Purwokerto. Di timur stasiun ini terdapat percabangan menuju Purworejo sepanjang 9 km sebagai cabang dari jalur selatan utama yang menghubungkan Bandung dan Surabaya.

Mushola Stasiun Kutoarjo
Tidak ada tempat lain selain Mushola Stasiun Kutoarjo yang letaknya di dalam Stasiun yang sepi ini, paling tepat untuk merebah dan tanpa terasa terlelap malu malu. Kami sebenarnya agak gak enak juga, coz ada tulisan dilarang tidur tiduran di dalam mushola Stasiun Kutoarjo.

Rumahnya Dwi Lewat Jalan Gentan-Mirit ternyata terletak dekat Sirnoboyo, Bonorowo, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia (Bujur Timur-7.757814, Lintang Selatan 109.791181

Iklan

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di Jalan-jalan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s