Apa Yang Ditanya Dokter Waktu Kunjungan Pertama

(From note Mond,29072013)

Anda akan berkunjung konsultasi ke dokter, bagusnya anda ada persiapan. Mengingat kembali dan melakukan perekaman memori perihal kejadian dan hidup anda. Wah kayak kontemplasi dong. Ga juga sih tapi hal tersebut berguna utk mengumpulkan informasi. Saat ini memang banyak penyakit yang gejala tandanya mirip mirip. Dengan semakin banyak clue petunjuk dan informasi dari kita yang lengkap dan akurat maka dokter akan terbantu. Bagusnya sih anda membuat catatan di buku notes.

Tapi saya sendiri ga melakukan ini sih. Karena saat di Kamar dokter kadang banyak hal membuat kita sulit mengingat, entah tatapan dokternya, hloooo. Kadang di perjalanan atau saat antri begitu panjang di rumah sakit. Alih alih mau berobat kita jadi lupa sakit apa kita setelah melihat kanan kiri sakitnya parah parah. image Minimal informasi ini harus disampaikan kepada dokter:

1. Apa yang anda rasakan saat ini. Sakit di bagian tubuh anda. Kepala tepatnya di mana Dahi, dahi kanan atau dahi kiri. Lemas tubuh, tubuh terasa lemah setelah berjalan naik tangga. Jantung berdebar-debar. Sakit pada perut, rasanya seperti ditusuk, atau seperti terbakar, atau seperti tergesek gesek atau seperti ditekan. Ada rada enek, mual, panas perih. Mulut asam.

2. Gejala dan tanda yang terlihat. Badan panas, demam. Kuning pada mata/kulit, Mata merah/Kesulitan melihat. Timbul bintik bintik merah pada kulit. Timbul benjolan yang nyeri di selangkangan. Sariawan pada mulut.

3. Apa yang terjadi sebulan, seminggu, sehari sebelum anda sakit? Misal anda pergi ke daerah endemis malaria (Papua, Kalimantan, dll). Menyentuh unggas mati. Ada unggas yang mati di sekitar rumah. Saya berolahraga terlalu berat. Habis pulang hiking dari gunung. Atau anda dikejar pekerjaan sehingga beberapa hari kuranf tidur. Atau baru pulang dari tanah suci. Apakah ada makanan minuman yang memicu timbulnya sakit saya.

4. Jika anda sebelumnya sudah berobat ke dokter dan tidak membawa surat rujukan sebutkan diagnosis dokter yang memeriksa annda sebelumnya. Kira kira simpulan dokternya apa. Apa perkiraaan si dokter terhadap penyakit anda.

5. Jika sebelumnya sudah berobat dan diberikan obat-oobatan sebutkan nama atau merk dan yang juga penting adalah dosisnya. Berapa kali sehari diminumnya. Sudah berapa lama konsumsinya. Kalau beli obat warung berapa banyak dan sudah berapa lama konsumsinya.

6. Jika sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan penunjang laboratorium dan radiologis ada baiknya dibawa dan ditunjukkan kepada dokter.

Dokter Akan Bertanya Macam2

Seorang dokter adalah seorang detektif, ia akan berusaha menyingkap misteri penyakit anda dan kemudian mematikan proses kesakitan anda. Anda harus membantu detektif kesehatan itu dengan menjawab sebaik mungkin, dengan terang dan jelas dan jangan menyembunyikan fakta fakta yang mungkin anda malu mrngungkapkannya. Tidak apa2, semua yanh anda sampaikan dijamin kerahasiaannya oleh UU Kesehatan. Bagaimana tidur, makan, minum anda? Bgm perasaan anda saat ini sedih cemas khawatir gembira? Bgm kondisi keluarga, anak, pekerjaan? Apa yang terjadi sebelum anda ke klinik? Bekerja terlalu berat. Lembur. Tekanan pekerjaan. Bagaimana olahraga anda? Apakah anda rajin puasa? Bagaimana riwayat Kesehatan keluarga? Ibu anda ada DM, HT, Jantung, Stroke Apa yang anda rasakan? Dada berdebar debar, panas, berkeringat malam,

Apa warna urine anda (maaf, kencing)? Apakah sulit waktu buang air kecil? Apakah sakit atau nyeri saat buang air kecil?
Apa warna feses anda (maaf, tinja)? Apakah sulit waktu buang air besar? Apakah sakit atau nyeri saat buang air besarl?

Iklan

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di Cerita Pasien, RSCM dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s