Muntah Setelah Melahap Mie Instan

Perutku rada rada aneh, kalau orang lain habis makan terasa enak dan mengantuk. Lah aku malah terasa ga enak, begah, kembung, asam lambung seperti mau naik ke leher dan jadi gak bisa istirahat. Aku pikir ini cuma masalah biasa aja.

Namun lama lama mengganggu juga, akhirnya waktu aku ke asrama pacar aku di Jakarta Timur dan ditraktir mie instan kantin asrama oleh si doi di situlah aku merasa mau muntah.
image

Besoknya aku periksa ke dokter spesialis gastroenterologi. Aku berkeluh kesah seputar gangguan pada lambung aku. Dokter menanyakan riwayat penyakit dan menggali keluhan lebih dalam. Sejak kapan dan bagaimana rasa dan gejalanya. Akupun disuruh untuk mengecek darah dulu. Dokter mau melihat fungsi hati dan kondisi darah aku. Berapa kadar Hb (hemoglobin) dan lain 2.

Tindakan Endoskopi
Setelah hasil lab darah lengkap dan hasilnya bisa dicetak. Dokter meminta saya untuk mengikuti pemeriksaan berikutnya yaitu endoskopi. Kalau pasien sudah tua (>45 tahun) atau pernah ada riwayat penyakit jantung biasanya sebelum Endoskopi dilakukan pemeriksaan EKG dan masuk klinik perioperatif dulu. Jangan sampai pasien kejang2 atau meninggal dunia saat tindakan Endoskopi dilakukan.
Endoskopi sebenarnya adalah secara sederhana definisinya adalah memasukkan kamera yang tersambung dengan layar monitor di ruang periksa sehingga dokter bisa melihat keadaan lambung, usus dan juga mengambil sampel jaringan biopsi.
Hasilnya bisa dicetak dan lembaran tersebut akan ditunjukkan kepada pasien saat konsultasi.

Obat dan Pantangan
Setelah tindakan Endoskopi, aku diberikan sekitar 3 atau 4 jenis obat dan pantangan pantangan makanan minuman.
Pantangan pantangan makanan minuman
Minuman:
1. Minuman bersoda
2. Kopi
3. Minuman pedas (kuah asinan kali)
4. Teh dikurangi dulu

Makanan :
1. Mie instan
2. Saos saos sambal
3. Somay, batagor
4. Keripik singkong (apalagi yang pakai lada dan serbuk cabe)
5. Sambal, cabai, jahe, kunyit
6. Asinan bogor pedas
7. Rujak
8. Buah buahan yang asam atau masih muda, misal menteng, jeruk asam, jeruk nipis, belimbing asam
9. Buah Nangka, daun sawi, dll

Banyak banget jadi bingung makan apa ya.

UPDATE: Sejak tanggal 27 April 2015 ada alur yang baru bagi orang yang akan berobat ke Poliklinik Spesialis RSCM baik untuk pasien umum tunai maupun dengan jaminan BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan Mandiri, Informasinya bisa dibaca di sini. Pelayanan Pasien RSCM Mulai 27 April 2015

Cerita Pasien Yang Lain Bisa klik Cerita Pasien

DALAM PROSES PENYELESAIAN PENULISAN

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di Cerita Pasien dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

