Kencing Manis Tipe 1

Kencing manis atau diabetes melitus adalah penyakit akibat gangguan sekresi hormon insulin. Atau hormon insulinnya sudah tidak berfungsi lagi atau tubuh telah resisten/menolak reaksi dari hormon insulin.
Untuk yang pertama kalau kejadiannya akibat kelenjar pankreasnya gagal berfungsi sejak lahir dinamakan diabetes melitus tipe 1.

Teman kantorku ternyata ada yang sejak masih kecil mengidap diabetes. Kata dokter sakitnya masuk kelompok diabetes tipe 1. Lho kok Dia masih bisa bertahan hidup? Oh ya kebetulan ia bertemu dengan dokter penyakit dalam ahli diabetes yang amat baik hati. Sejak ia masih muda dia menjadi seperti pasien tetap dokter itu.
Dokter itu sebut saja dr. Dondo memberikan obat suntik diabetes secara cuma cuma. Dr. Dondo bahkan kemudian mengangkatnya sebagai seorang petugas penhamtar surat. Jadi sekalian ia bekerja, ia juga tidak lepas dari Pengawasan dokter.
image

Obat DM
Kawanku itu panggil saja namanya Sarno selalu mebawa tas kecil berisi vial vial obat dan alat suntik. Obat seperti biasa dia meminta di kulkas dr. Dondo. Kadang dr. Dondo tidak ada maka yang menyerahkan doktet muda atau pegawai berpendidikan dr. Dondo yanf lain.

Hipoglikemia
Hipoglikemi Adalah keadaan gula darah yang berada di bawah garis normal. Hal ini yang saya tau menyebabkan gangguan kesadaran. Saya pernah melihat Pak Sarno mengencingi (maaf) pintu masuk ruang kuliah dokter karena ia merasa sedang berada di dalam toilet. Padahal saat itu sedang jam kuliah. Akhirnya beliau dibuatkan air teh manis kental satu gelas cendol besar oleh Rosyidi Cleaning Boy. Kalau orang biasa umumnya 2 sendok makan saja sudah cukup manis. Namun Rosyidi membuat teh manis 5 sendok makan.
Pernah juga pagi pagi kata Mas Jahid, Pak Sarno mengalami hipoglikemia. Saat itu Pak Sarno kebetulan menginap di kantor. Dia teriak teriak seperti sedang mimpi buruk dan air seni serta kotorannya mengotori sofa kamar belakang dimana ia menumpang tidur. Mas Jahid memanf selalu datang paling pagi untuk menyiapkan kegiatan kuliah mahasiswa.
Mas Jahid sudah tahu apa yang harus dilakukan pertama kali jika Pak Sarno mengalami hipoglikemia dan kehilangan kesadaran. Iya, Ia langsung membuat kan air teh manis kental. Ia meminumkan dengan susah payah. Dan seperti biasa, Rosyid Cleaning Boy harus menanggung kerepotan. Yups membersihkan itu semua.
Kalau saya gak begituin bisa lewat nyawanya, begitu Mas Jahid bilang, soal teh manis kental dan pengorbanannya melawan jijik.

Kerusakan Mata
Mata Pak Sarno pun karena diabetes mellitus mengalami kerusakan. Kaca matanya tebal. Bahkan meskipun sudah berkacamata, Kalau mau melihat ia harus memicing micingkan matanya. Kata dokter pembuluh darah mata itu halus halus sementara kalau penderita DM itu darahnya kadang mengandung begitu banyak gula. Jadi darah di mata tidak lancar sehingga memicu kerusakan organ mata.

Perhatian
Nama nama yang ada di tulisan ini bukanlah nama sebenarnya. Peristiwanya pun bukanlah peristiwa yang utuh. Namun telah ditambahi dan dikurangi serta mungkin ada penambahan bumbu cerita. Jika pembaca membutuhkan informasi dan bacaan kesehatan lengkap seputar penyakit mohon dapat menghubungi atau berkonsultasi dengan Dokter medis.

UPDATE: Sejak tanggal 27 April 2015 ada alur yang baru bagi orang yang akan berobat ke Poliklinik Spesialis RSCM baik untuk pasien umum tunai maupun dengan jaminan BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan Mandiri, Informasinya bisa dibaca di sini. Pelayanan Pasien RSCM Mulai 27 April 2015

Cerita Pasien Yang Lain Bisa klik Cerita Pasien

DALAM PROSES PENYELESAIAN PENULISAN

Iklan

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di Cerita Pasien dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s