Belimbing Wuluh Membawa Aku Ke Penyakit Dalam

Saya Zaenal, umur saya 47 tahun. Saya adalah penderita hipertensi kronis. Tekanan darahku selalu tinggi. Kadang 140/100. Kadang bisa lebih tinggi lagi dan membuat saya sulit beraktivitas di kantor secara normal. Kepala terasa berat dan penglihatan berkunang kunang.
Kata dokter kalau kondisi hipertensi ini didiamkan saja tanpa pengobatan maka dapat merusak organ tubuh saya. Organ yang terpengaruh jantung, jantung bisa membesar dan akhirnya tekanannya melemah. Semisal ban dalam motor yang ditiup berlebihan berulang kali. Lambat laun kata dokter bannya akan melar. Seperti itulah gambaran Penyakit hipertensi yang menyerang jantung. Belum konsekuensinya pada ginjal yang bisa mengalami gagal ginjal dan pembuluh darah yang mudah pecah.
image

Obat Tradisional Hipertensi
Saya pun rutin mengkonsumsi obat obatan dari dokter. Setiap hari tidak lupa mengkonsumsi obat penurun tekanan darah. Menghindari makanan yang asin dan bergaram tinggi. Juga makanan yang mengandung banyak kolesterol seperti jeroan, kuah kuah lemak dan makanan bersantan. Semua itu padahal makanan favorit saya.

Satu hari saya berbincang santai dengan tetangga. Ia memberitahu banyak tumbuhan pekarangan berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi. Namanya obat herbal dan tradisional. Obat tradisionalnya adalah belimbing wuluh. Di tempat saya biasanya disebut belimbing sayur.

Awalnya saya tak tahan dengan rasa asamnya. Wow betapa asamnya di lidah dan pipi dalam saya. Namun lama kelamaan sepertinya lidahku mulai adaptasi. Bahkan 6 bulan sebelum masuk ke rumah sakit, saya biasa mengunyah kunyah belimbing sayur begitu saja pada siang atau sore hari. Kan menurut pendapat saya itu obat tradisional herbal berarti gak punya efek samping apa apa, kayak obat dari pabrik.

Saya Salah
Well, apapun kalau dikonsumsi berlebihan tanpa aturan aturan yang jelas serta panduan dari ahli tinggal tunggu saja timbulnya efek bagi tubuh. Pelajaran yang saya dapat jangankan asam belimbing sayur, air putih saja kalau kita minum berlebihan maka bisa membuat kembung. Jadi meskipun itu bahan alami kita tetap harus membuat batasan dan ikuti aturan. Kalau belum makan ya jangan makan beli mbing sayur, kalau masih pagi perut kosong ya tahan dulu. Jangan juga setiap hari makan belimbing wuluh.

Penyakit Saya
Aku mengalami gangguan pada lambung. Perut sering sakit seperti ada peniti menusuk di dalamnya. Kalau terlambat makan, usus seperti melilit, mencengkeram. Sepertinya gejala sakit maagh, dokter bilang nama penyakitnya dispepsia.
image

Buang air aku berdarah.

UPDATE: Sejak tanggal 27 April 2015 ada alur yang baru bagi orang yang akan berobat ke Poliklinik Spesialis RSCM baik untuk pasien umum tunai maupun dengan jaminan BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan Mandiri, Informasinya bisa dibaca di sini. Pelayanan Pasien RSCM Mulai 27 April 2015

Cerita Pasien Yang Lain Bisa klik Cerita Pasien

DALAM PROSES PENYELESAIAN PENULISAN

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di Cerita Pasien dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

