Pengalaman RSCM Meraih JCI

Banyak hal yang harus diinspeksi, disiapkan dan dibuat Pimpinan dan Staf RSCM untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Joint Commission International (JCI).

Dalam setahun yaitu mulai akhir 2010 s/d 2011 banyak yang harus dilihat baik dalam pelayanan kepada pasien maupun lingkungan sekitar RSCM.

Inti dari persyaratan JCI adalah patient safety (keselamatan pasien). Namun tidak terbatas pada pasien sebenarnya namun terkait juga dengan keselamatan pegawai RS, keluarga pasien dan pengunjung RS. Jangan sampai pasien misalnya terjatuh dari tempat tidur. Keluarga yang menjaga jangan sampai terpapar zat berbahaya. Pengunjung jangan sampai terpeleset karena ada air AC yang bocor dan membahasi lantai keramik.

Pencegahan dan penanggulangan kebakaran juga menjadi perhatian. Hal ini membuat RSCM bersih juga akhirnya dari pedagang-pedagang penjual nasi dan makanan. Karena tidak safety misal pedagang gorengan dengan bahan bakar gas tabung melon. Pedagang mie ayam ataupun tukang soto. Jadi saat ini kalau mau cari makanan seperti itu yang versi kaki Lima maka harus keluar pagar RSCM.

Fasilitas penanggulangan kebakaran

Pelatihan dan Pelatihan

Seluruh pimpinan, pegawai dan mahasizwA tidak terkecuali diwajibkan mengikuti pelatihan. Di antaranya adalah pelatihan JCI (apa itu JCI), Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support), Penggunaan APAR pada kebakaran dan Champion of JCI.

Untuk DPJP dan mahasidwa diadakan pelatihan cara mengisi  dan melengkapi dokumen rekam medis dan membuat resume medis. Untuk petugas tertentu juga diadakan pelatihan khusus misal penanganan tumpahan zat berbahaya oleh petugas Cleaning Service.

Bulan Menyentuh Hati

Untuk mempersiapkan segala sesuatunya tentu membutuhkan kerja keras, partisipasi, kerja sama, kedisiplinan dan konsistensi. Namun sebagai manusia tentu akan ada batas lelahnya dan rasa kebosanan. Untuk menggugah hati dan semangat para pimpinan, seluruh pegawai, dan peserta didik (mahasiswa) maka dibuatlah training Bulan Menyentuh Hati Agar semangat mereka tetap menyala demi tercapainya akreditasi JCI.

Protes Keluarga Pasien

Pernah juga ada keluarga pasien yang merasa tidak nyaman dengan pelayanan di RSCM kemudian mengancam akan meminta akreditasi yang sudah diberikan oleh komite JCI untuk dicabut. Ada-ada saja.

Iklan

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di RSCM. Tandai permalink.

5 Balasan ke Pengalaman RSCM Meraih JCI

  1. Ria Adiana berkata:

    Kaka, saya mau tanya..apakah ada Info lowongan kerja untuk perawat Cipto kak bulan desember ini?

  2. JOE berkata:

    asalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh…
    mbk ada jadwal pelatihan TOT pasien safety?

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth JOE, untuk TOT Pelatihan Patient Safety sebaiknya anda menghubungi Unit Komite Mutu Keselamatan dan Kinerja RSCM di nomor 021-1500-135 minta disambungkan ke KMKK. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s