TKB Kemenkes Dilaksanakan 22 November 2014

Pembahasan Soal Ujian TKB Kesehatan, 22 November 2014

 

Masih belum ada informasi mengenai peserta TKD yang lulus passing grade dan rankingnya teratas sehingga berhak ke tahap selanjutnya yaitu mengikuti TKB (Tes Kemampuan Bidang) Kesehatan.

Seperti telah disampaikan teman-teman dan menjadi bahan diskuzi ternyata memang Ujian TKB Kesehatan dibatasi jumlah pesertanya. Yaitu dengan cara dilakukan proses perankingan. Dimana yang nilainya tertinggi dia berhak ikut tahap selanjutnya. Sudah dilakukan proses seleksi dulu memakai nilai TKD yg dicapai peserta. Jumlah peserta maksimal ujian TKB adalah 3x dari formasi jabatan yang dibuka. Misal jabatan perawat dibutuhkan 10 orang maka yang berhak ujian adalah tenaga perawat yang lulus TKD dan berada di ranking tertinggi nomor 1-30 saja.

Untuk jadwal Ujian TKB Kesehatan sendiri dijadwalkan tepat 3 minggu lagi yaitu Hari Sabtu, 22 November 2014. Tempatnya di masing-masing kota provinsi peminatan kecuali di 3 provinsi tertentu.

Kalau di Subtim Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan pada pukul 08.00 – 10.00 WIB. Namun mengenai tempat belum ditentukan final. Mungkin di Poltekkes Jakarta III Pondok Gede, Balairung UI Depok atau di Gelora Bung Karno Senayan. Namun lokasi ujian yang saat ini disiapkan adalah Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro di daerah Kuningan HR Rasuna Said, Jakarta selatan dan alternatif lain adalah Gedung Olah Raga Persatuan Olahraga Peofesional Karatedo Indonesia (GOR POPKI) di wilayah Jambore, Cibubur, Jakarta Timur (300 meter dari Gerbang Tol Cibubur Tol Jagorawi atau Mall Cibubur Junction ke arah barat). GOR POPKI itu di Jakarta Timur ya bukan di Jakarta Selatan seperti dalam pengumuman resmi Panitia Ujian CPNS Kemenkes RI.

Jumlah soal sekitar 100 soal. Cara penilaian adalah soal benar dikali 1. Nilai akan berkisar mulai dari 0 – 100. Tidak ada sistem minus dimana jawaban salah dikali angka minus. Jadi kalau bisa semua soal diberi jawaban.

HARAPAN PARA PESERTA

Peserta tentu mengharapkan transparansi dan keadilan dari Panitia Seleksi Nasional maupun Tim Panitia Seleksi Kementerian. Mohon agar peserta dapat informasi mengenai skor dan ranking yang didapatnya.

image

Pada saatnya nanti Pengumuman Kelulusan Peserta TKD CPNS Kemenkes RI tahun 2014 memberi informasi memadai perihal ranking tsb. Jangan sampai ada perasaan peserta dirugikan karena sistemnya dibuat tdk transparan. Harapan peserta tentu sdh membumbung tinggi berharap utk ikut ujian TKB setelah melihat nilainya di atas ambang batas kelulusan.

PENGUMUMAN KELULUSAN

Tim Panitia Seleksi Kementerian masih menunggu hasil validasi nilai skor peserra ujian TKD yang diolah oleh Panselnas (Kementerian PAN RB). Saatnya nanti akan diumumkan via website kementerian masing2. Untuk Kemenkes sendiri biasanya lewat website biro kepegawaian atau ropeg kemenkes RI.

Semoga sebelum tanggal 14 November 2014 datanya sudah bisa online.

image

Buat para peserta dalam waktu menunggu ini tidak ada salahnya terus belajar mengasah ilmu kesehatannya. SALAM SUKSES

Wassalam

Iklan

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di CPNS 2014, Lowongan Kerja dan tag , , . Tandai permalink.

79 Balasan ke TKB Kemenkes Dilaksanakan 22 November 2014

  1. angga berkata:

    mbak, saya mw tnya.
    dr informasi diatas, jd tjuan kta bisa milih 3 jbtn t apa?
    msalkn perawat dibuthkan 10 dkali 3 = 30
    maka diambil urtn 1-30
    trs mislkn kta brda di urtn no 31 gimana?

    terus giman dengn kita yang milih 3 jbtn kmrn?

  2. tria berkata:

    Dear admin,
    Mo tanya cnth klo posisi lab kshtn, apa bnr soal tkb nya 80% mngnai lab & 20% umum ttg kisi2 kshtn?Thx pnjlsnnya.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Tria untuk soal ujian pranata laboratorium kesehatan kami tdk tahu. Namun utk tenaga pranata komputer kata teman aku tahun lalu soalnya sama ama tenaga keperawatan.
      Namun apakah soalnya identik antara 1 tenaga dgn yg lain kami tidak tahu. Tapi dari posisi duduk memang dipisah2 kalau beda pendidikan. Tapi apakah soalnya beda sekali antar tenaga hanya panitia yg tahu.
      Tapi kalau baca kisi-kisi dari Kemenkes utk ujian TKB (bisa dibaca tulisan kami sblmnya) ya tentang kesehatan semua mbak.
      Ssalam

  3. Nadroh sitepu berkata:

    Mhn maaf ibu/bpk..bertanya..😊
    Apakah tanggal ujian diatas memang sudah fix? Atau bisa berubah sewaktu-waktu?

  4. henny berkata:

    klo skor tkd 360 lolos gak yaa? he2..(tkp 160,tiu 100,twk 100).soalnya skor yg lain juga gede2.mana formasiku cm sedikit

  5. imanuel berkata:

    Salam Min..
    Klu jumlah soal tkb 100 nmr, score benar per nomor brapa yah? soalnya sy prnh baca pada surat keptusan menpan, kalau pelaporan nilai tkb scorex 0-100. jadi bnar itu nggak klu benar per nmor nilaix 1?

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Imanuel, kalau melihat TKD kemarin tiap soal dibobot 5, mungkin di TKB juga dibobot sama karena kedua nilai akan dipakai sbg penilaian akhir kelulusan CPNS. Update: Ternyata faktor pengali (bobotnya) hanya 1. Jadi nilai angkanya benar antara 0 – 100.
      Oh ya Bro, tdk ada nilai minus utk jawaban yg salah eaaa.
      Mengenai kepmenpan nanti kalu sempat akan kami cari infoh nya. Terima ksh. Salam

  6. christy berkata:

    Dear admin Bym, untuk provinsi jawa tengah apakah info yang ada TKB juga akan dilaksanakan tanggal 22 November 2014? Mohon infonya ya, terimakasih.

  7. berliana berkata:

    sampai kapan min kita nunggu pngumuman hasil TKD nya???
    thanks for info

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Berliana, kita semua nunggu sampai pengumumannya dikeluarin sama panitia seleksi CPNS laahhh hehehe πŸ™‚ . yg sabar eaaaa

      • Rivo Yolandra berkata:

        yth saudara admin..
        apakah untuk ujian TKB selanjutnya peserta juga harus mendaftar ulang kembali?
        mohon jawabannya ya…terima kasih

      • Pegawai BYM berkata:

        Yth Rivo Yolandra, saya pernah membaca namun sumbernya saya lupa. Seingatnya di Pemda mana begitu. Bahwa peserta Ujian TKB harus memvalidasi Kartu Ujiannya sebelum ujian dengan membubuhi stempel Ujian TKB dan paraf petugas beberapa hari sebelum ujian di tempat yang telah ditunjuk.
        Coba Aja Mas Rivo googling……
        terima kasih

      • Rivo Yolandra berkata:

        yth saudara admin..
        apakah untuk ujian TKB selanjutnya peserta juga harus mendaftar ulang kembali?
        mohon jawabannya ya…terima kasih

      • Pegawai BYM berkata:

        Yth Rivo Yolandra, saya pernah membaca namun sumbernya saya lupa. Seingatnya di Pemda mana begitu. Bahwa peserta Ujian TKB harus memvalidasi Kartu Ujiannya sebelum ujian dengan membubuhi stempel Ujian TKB dan paraf petugas beberapa hari sebelum ujian di tempat yang telah ditunjuk.
        Coba Aja Mas Rivo googling……
        terima kasih

  8. arinda berkata:

    dear admin.. kalo untuk conoh soal2 tkb dan jawaban serta pembahasannya dpt didownliad ato di bel dimana ya?

  9. arinda berkata:

    dear admin.. kalo untuk contoh soal2 tkb dan jawaban serta pembahasannya dpt didownload ato di beli dimana ya?

  10. anazahidah berkata:

    Semangat dan tetap berikhtiar πŸ™‚ makasih informasinya

  11. Eko berkata:

    katanya tanggal 14 kobelum keluar ya pengumumannya?

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Mas Eko, dari admin juga sama pertanyaannya mas. Terlalu mepet buat para peserta utk mpersiapkan ujian mereka. Entah apa yg mbuat lama coz sistem TKDdengan CAT logikanya hrs bisa lbh cepat. Mungkin di sini ada tes kesabaran. Mungkin πŸ™‚ . Terima kasih

  12. Eko berkata:

    ya itulah bagian dari sistem

  13. Zaen berkata:

    Yth Admin, mau tanya nih, nanti soal TKB nya itu seluruh kemenkes apakah sama? atau tiap bidang kesehatan itu berbeda? thanks πŸ˜€

  14. astri berkata:

    Dear min, mau tanya sebenarnya bpk/ibu dpt info dari mana kalau TKB tgl 22 november? Kok sampai saat ini belum ada pengumuman lebih lanjut. Trimakasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Astri sebenarnya informasi internal saja yang menyebutkan bahwa ujian tanggal 22 Nov 14. Itu kami tahu di akhir bulan Oktober 14. Namun jadi atau tidak itu kekuasaan dari panitia. Memang yang disayangkan peserta adalah kurang atau minimnya informasi mengenai kelulusan TKD CPNS Kemenkes. Semoga sukses eaaaa. Salam

  15. rizky 1924 berkata:

    Saya cek jam 22.30 penguman TKD tes sdh dibuka. Silahkan kawan2 juga buka, semoga sukses ea

  16. Ria Adiana berkata:

    Kak mau tanya syarat legalisasi kartu ujian pake ftcpi kartu pendaftaran online
    Nah itu sudah tidak ada. Apa bisa?
    Aku ftcpi hanya satu dan itu diminta pihak rs waktu pengambilan kartu ujian.
    Print ulang lewat web sudah tidak bisa.
    Bagaimana ya ka?
    Mohon jawabannya ka

  17. angga berkata:

    adminnn…… aku mw nanya, tolong penjelasanya donk.
    apa maksdnya ini mbak????
    aku lihat ini di pengumuman hasil tkd.
    Untuk formasi jabatan yang kosong akan diikuti oleh peserta
    yang tidak dapat mengikuti ujian TKB untuk peminatan pilihan
    pertama (diluar 3 kali formasi) namun memilih peminatan
    kedua dan ketiga pada formasi jabatan yang kosong tersebut,
    sejumlah 3 (tiga) kali formasi yang kosong berdasarkan urutan
    rangking nilai tertinggi secara berurutan.

    thannks mbak….:)

    • mungkin maksudnya jika anda tdk lolos pd peminatan pertama (3kali formasi) maka anda akan di masukan ke peminatan kedua , dan ketiga dengan catatan pada formasi di instansi peminatan ke dua dan ketiga anda adlh kosong (tdk ada yg lolos pasing grade, atau tidak ada yg melamar formasi tersebut).

      hal ini kemungkinanya sangat kecil, kecuali pd instansi di pappua dan kalut dsb.

      • yuni berkata:

        kalau saja hal tersebut dijelaskan sebelum pendaftaran, tentu kita akan memprioritaskan formasi dengan peluang yang lebih besar. saya lolos passing grade TKD, tapi tidak bisa mengikuti TKB pada peminatan 2 dan 3 walaupun nilai TKD peserta yg lolos ada yang lebih rendah dr saya

  18. akhirnya pengumuman kelulusan TKD muncul d webx kemenkes.
    btw, min…, jenis soalx kesehatan secara umum untuk nakes tidak spesifik untuk tiap profesi???

  19. ACE_raka berkata:

    Dear admin
    knapa wilayah bali ngak bisa kebuka pengumuman kelulusanya….

  20. nindi berkata:

    Sy mau tny,jdwal legalisasi kartu ujian dr jam brp smpe jam brp y?krn ga ditulis di pengumuman

  21. Mili berkata:

    Mas/Mbak adm, saya mau nanya,
    Fasilitas cetak ulang kartu pendftaran cpns kemenkes di web http://www.ecpns.ropeg-kemenkes.or.id kenapa kenapa tidak disediakan lagi ya minnn??
    Saya butuh kartu pendaftaraannya untuk di print out ulang untuk ujian TKB 😦
    Soalnya saya hanya print 2 lembar untuk di poskan dan untuk saat pengambilan kartu peserta ujian yang pertama (TKD), Nahh… pas mau daftar ulang/legalisasi kartu peserta untuk ujian TKB persayaratannya harus membawa print out registrasi online dan saya ga ada lagi kopiannya, jadi mau di cetak ulang lagi, tapi kenapa ya menu LOGIN nya ga ada 😦
    Jadi itu gimana ya min?????
    Mohon pencerahannya
    Makasi adm

  22. Sigit567 berkata:

    selamat malam min, mau tanya ni
    kira-kira untuk TKB itu nilai batas lulusnya berapaan ya ? terus kalau misalnya nilai/persentasenya kurang, apakah akan ditambah dengan nilai/persentase TKD kemaren ?
    terima kasih min

  23. racman berkata:

    nanya dong…ada yg tau gak…qmi yg tersisa mengikuti tes TKB cuman 5 orang dan formasi yg di butuhkan jga cuma 5…apa pasti qmi yg 5 orang itu udah LULUS semua nya…mohon penjelasan nya….

    • Pegawai BYM berkata:

      Semoga saja harapan anda sama dengan yang terlaksana nanti yaitu semua dilimpahkan NIP KEMENKES. Saya doakan suksesss. Salam

      • Abdulloh Rivai berkata:

        kak admin.. apakah tahun ini penilaian nya masih menggunakan bobot tkd 60% dan tkb 40% kak? mohon penjelasannya kak πŸ™‚

      • Pegawai BYM berkata:

        Yth Abdulloh Rivai, lulus atau tidaknya seseorang hrs memenuhi kriteria yg ditetapkan oleh Keputisan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara. Hal ini tertuang di Kepmenpan No 17/2014 coba saja lihat di websitenya.
        Saya belum sempat publish aturan tsb. Semoga hari Senin bisa. Trims

  24. tarry berkata:

    Salam kenal admin, terima kasih untuk informasi2 yg diberikan. Saya mau tanya. Apakah admin tahu, perkiraaan pengumumam hasil tkb kemenkes. Sekaligus penentuan hasil akhir cpns? Tks

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Tarry, rencananya saya senin mau publish proses pengolahan penilaian nilai TKD sejauh yang saya tahu. Seharusnya memang sebelum akhir thn sudah harus ada ketetapan siapa saja yang diterima dan berhak diberikan NIP CPNS. Trm kasih

  25. tarry berkata:

    (Copas permenpan no 17 thn 2014)
    e. Bagi Instansi yang melaksanakan Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang maka kriteria penentuan kelulusan peserta tes sebagai berikut:
    1) Berdasarkan peringkat nilai (ranking) tertinggi dari nilai gabungan antara nilai Tes Kompetensi Dasar dengan bobot 60% dan nilai Tes Kompetensi Bidang dengan bobot 40% dalam batas jumlah formasi. Khusus untuk formasi jabatan Dosen memperhatikan pertimbangan dari Menteri yang bersangkutan;
    2) Apabila dalam batas jumlah alokasi formasi pada suatu jabatan terdapat peserta yang memiliki jumlah nilai yang sama, maka penentuan kelulusan didasarkan pada nilai yang lebih tinggi pada nilai Tes Kompetensi Dasar.
    Apabila nilai Tes Kompetensi Dasar peserta memiliki nilai yang sama, maka penentuan kelulusan didasarkan pada nilai yang lebih tinggi pada nilai tes karakteristik pribadi, tes intelegensia umum dan tes wawasan kebangsaan secara berurutan.
    4) Terhadap peserta seleksi yang mempunyai nilai MP yang pilihan penempatan/penugasannya pada satuan kerja/unit pelaksana teknis, dan/atau di Daerah terpencil/tidak diminati sebagai pilihan pertama diprioritaskan kelulusannya meskipun mempunyai nilai MP lebih rendah dari peserta lain;

  26. angga berkata:

    malam mbak
    mau nanya bisa mbak?
    mksd dr poin 4 t apaan????

  27. ayu berkata:

    pengumuman tkb kira2 kpan ya??
    trus kalo lulus tkb masi ad tes lg ato lgsung lulus cpns?

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Ayu, pengumuman kelulusan TKB Bidang Kesehatan umumnya sebulan kiemudian yaitu akhir Desember 2014.
      Kalau sudah lulus tidak dilakukan tes dulu tapi dilakukan pemberkasan dokumen Calon PNS (misal ijazah memang benar/asli, pendidikan sesuai dgn formasi jabatan) dsbnya dsbnya.
      Kalau lulus pemberakasan baru dapat SK CPNS (baca juga halaman kami https://bym71.wordpress.com/2014/11/22/pembahasan-soal-ujian-tkb-kesehatan-2014/ ).
      Kalau sudah dapat SK CPNS baru tes kesehatan (kalau tidak lulus maka tidak bisa jadi PNS dan tidak bisa mengikuti Diklat Prajabatan PNS).
      Semoga kamu lulus ya Ayu.

      • ayu berkata:

        amin,, makasi yaa..
        kalo tes kesehatan biasanya ngapain ya klo bole tau?

      • Pegawai BYM berkata:

        Yth Ayu, tes kesehatan resmi CPNS dilaksanakan di RSCM atau RS Vertikal Kemenkes RI lain yang ditunjuk sesuai surat perintahnya.
        Yang diperiksa adalah medical check up biasa. Kita dianamnesa dokter ditanya riwayat kesehatan, pernah sakit tdk, riwayat alergi, kebiasan hidup/merokok/alkohol dll.
        Setelah pemeriksaan dokter, kalau oke maka dokter menuliskan surat pemeriksaan lab darah, urin dan tes narkoba. Yang kedua adalah permintaan utk Rontgent daerah dada/paru. Demikian yg saya ingat sekedar gambaran saja. Oh ya biayanya ditanggung oleh si CPNS ya dan tdk bisa diganti uangnya oleh instansi (pengalaman saya kwitansinya dibalikin lagi ke saya πŸ™‚ )

  28. ayu berkata:

    hahaha
    kirain d bayarin pihak sana..
    ok deh, makasih yaa admin..

  29. Abdiansyah berkata:

    apakah TKB memiliki passing grade atw nilai minimal

  30. Rochim berkata:

    Admin yth, ,
    Sejauh ini perkembangan hasil ujian TKB sudah sampai mana?Sudah ada perkiraan tgl keluar?

    Terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Rochim, info dari teman kami proses komputerisasi belum selesai semua. Belum pasti kapan perkiraan pengumuman namun kemungkinan tidak lebih dari sebulan sejak tanggal ujian TKB. Terima kasih

  31. roni berkata:

    Penilaian TKB kemenkes apa di persentase lagi dengan nilai TKD atau hanya hasil TKB saja yang menentukan kelulusan. Trim’s.

  32. irma handayani berkata:

    pengumuman hasil TKB kira-kira kapan ya?? trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s