Penyebab Tidak Lulus Seleksi Administrasi CPNS KEMENKES RI 2013

Download Soal Tes Kemampuan Bidang Kesehatan CPNS Kemenkes RI Tahun 2017

Contoh Sampel Soal Ujian Tes Kemampuan Bidang TKB CPNS Kemenkes tahun 2017 bisa diminta ke email nurulsosweet@yahoo.co.id subject/Judul Email: Contoh Soal TKB 2017.

Teman-teman semua, saudara saudari sudah membuka pengumuman kelulusan seleksi administrasi CPNS KEMENKES RI 2013 dari Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan RI? Hasilnya apa?Anda dinyatakan lulus, yeahh selamat:

lulus administrasi cpns kemenkes RI 2013

Atau Apakah yang muncul adalah yang ini Mohon maaf saudara tidak lulus seleksi administrasi CPNS KEMENKES RI 2013. Keputusan panitia tidak bisa diganggu gugat. Jebrret. Tentu ada perasaan sedih, kecewa, sebal, dan tentu menimbulkan pertanyaan besar karena tidak mengerti salah dokumennya apa salah entrynya dimana atau salah legalisirnya yang mana.

pengumuman cpns kemenkes ri 2013

Apa salah dan dosaku!!!!!!!!!???????? Yah nasi sudah menjadi bubur dan kita hanya bisa mengubahnya pada kesempatan selanjutnya. (Untuk mencari tahu bisa buka tulisan di sini: pengumuman kelulusan seleksi administasi kemenkes ri 2013)

Kami bukan Panitia Penerimaan CPNS Kementerian Kesehatan RI, tapi informasi ini mungkin bisa menjelaskan sedikit tentang kesalahan-kesalahan yang mungkin tidak kita sadari dalam mengentry data pendaftaran online CPNS Kemenkes RI dan juga saat mengirimkan berkas pendaftaran ke Kotak Pos Panitia. Sekali lagi kami sampaikan mungkin informasi ini ada kesalahan dan tidak dikonfirmasi dengan panitia pengadaan CPNS. Jadi kalau mau tahu dengan benar dan akurat ya silahkan menghubungi Pejabat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Kementerian Kesehatan RI perihal penerimaan CPNS.

Tulisan ini sekedar berbagi informasi saja agar wawasan anda bertambah:

Banyak hal sepele, kecil yang bisa menyebabkan anda tidak lulus persyaratan administrasi CPNS. Oleh karena itu sebelum membuka registrasi online baiknya anda membaca dengan seksama dan benar petunjuk yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI.

Tips dan trik:
1. Baca dan pahami petunjuk pengisian (kalau perlu diprint dulu petunjuknya)
2. Jangan tergesa-gesa mengisi
3. Pilihlah tempat yang tenang dan nyaman
4. Lengkapi dulu semua berkas, baru buka reg online
5. Setelah mengisi baca lagi, sapa tahu ada yang salah atau terlewat, baru di-enter

LEMBAR REGISTRASI ONLINE

17102013

Ini adalah contoh registrasi online yang benar (tapi tidak tahu isinya benar apa tidak, semoga saja benar dan lulus, hehe). Di paling atas kanan ada hitam putih barcode. Menurut informasi yang kami dengar kalau tidak ada barcode maka lembar registrasi online dianggap salah. Mungkin maksudnya agar menghindari kita untuk mencoba mengedit data atau memudahkan panitia untuk menscan infra merah pada saat berkas diperiksa panitia (seperti di supermarket2 itu lho kalau kita mau bayar di kasir, barang belanjaan kita kan discan sama kasirnya). Kalau ga ada kan berarti berkas kita tidak original dan menyusahkan panitia.

Kalau berkas lupa ditandatangani atau tidak diberi foto itu bisa menyebabkan berkas dianggap tidak valid (sayangnya kami tidak punya contoh berkas yang benar, hanya ada yang polos).

SURAT KETERANGAN SEHAT

04102013(001)

04102013(003)

Dua contaoh surat keterangan di atas adalah benar yaitu ada cap basah stempel (berarti asli) dan berasal dari dokter puskesmas (pemerintah).

04102013

Kesalahan surat keterangan dokter yang di atas menurut informasi yang kami terima adalah surat keterangan sehat bukan berasal dari dokter pemerintah/institusi pemerintah dan tidak ada cap basah (stempel)

04102013(005)

Kesalahan surat keterangan sehat di atas adalah (menurut kami) surat tersebut berupa surat keterangan fotokopi yang dilegalisir kembali. Jadi mungkin dianggap tidak asli, sementara yang diminta oleh panitia kalau baca persyaratannya di ropeg kemenkes adalah surat keterangan sehat asli dari dokter pemerintah dan dicap basah.

Beda surat keterangan sehat (kami singkat SKS) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menurut informasi teman kami adalah SKS harus asli dan dicap basah bukan fotokopi yang dilegalisir. Sementara kalau SKCK harus fotokopi yang dilegalisir dan dicap basah, bukan yang asli. Bingung ya, coba baca bolak-balik deh. Hehehe.

SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

27092013(004)

Tahun ini kita (saya dan teman-teman) yang melamar CPNS sedikit bingung karena ada dua nomor di lembar SKCK yaitu nomor di pojok atas (dilingkari merah artinya itu bukan nomor SKCK, kami juga tidak tahu itu nomor apa) dan yang di tengah surat (dilingkari warna kuning). Jadi untuk SKCK di atas untuk nomor SKCK seharusnya diinput mulai dari kata SKCK ….sampai kata INTELKAM. Contohnya sudah diberitahu dari petunjuk oleh ropeg kemenkes. Jadi kalo mengisi yang di pojok atas berarti anda tidak teliti

27092013(010)

SKCK Yang atas adalah contoh fotokopi SKCK yang benar (ditandai panah kuning) untuk input data nomor SKCK dan ada tanda legalisir dan cap basah dari pihak kepolisian. Dan SKCK yang di bawah adalah fotokopi SKCK yang menurut kami salah karena tidak ada legalisir dan cap basah dari pihak kepolisian.

04102013(004)

IJAZAH DAN TRANSKRIP NILAI

04102013(007)

02102013(001)

02102013

27092013(002)

27092013(003)

27092013(005)

27092013(007)

27092013(008)

27092013(011)

30092013

30092013(001)

30092013(002)

SURAT KETERANGAN AKREDITASI PERGURUAN TINGGI

03102013(003)

03102013

Kalau anda tidak melampirkan salah satu surat / sertifikat akreditasi di atas maka berkas anda dianggap tidak lengkap. Lho kan saya dari Universitas Negeri yang ternama dan udah beken? tetep aja dianggap tidak lengkap brow/sist.

Contoh Soal Ujian CPNS Kemenkes RI 2013

Iklan

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Pos ini dipublikasikan di Lowongan Kerja, RSCM dan tag . Tandai permalink.

71 Balasan ke Penyebab Tidak Lulus Seleksi Administrasi CPNS KEMENKES RI 2013

  1. mey berkata:

    asslkm,, mau tanya apa rscm merekruitment pegawai untuk ditempatkn di rscm melalui email rs.cipto.mangunkusumo@gmail.com
    saya khawatir ini penipuan,, terimakasih,

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Mey, mohon menghubungi Bagian SDM RSCM di Nomor 021 500 135 (minta disambungkan ke Bag SDM) untuk informasi lebih lanjut. Sepengetahuan kami RSCM tidak mengirim email untuk rekruitment pegawainya. terima kasih

  2. Dwi Kurniawan berkata:

    Jk lulusan UI tetap pakai Sertifikat Akreditasi? tp kok saya tidak dapat yah, pas lulus kuliah? cara mendapatkannya gimana? Terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Dwi Kurniawan, sertifikat akreditasi jurusan di perguruan tinggi dari Badan Akreditasi Nasional perguruan Tinggi |BAN PT) bisa di-searching di internet atau minta fotokopinya ke Sekretariat Dekanat atau Rektorat universitas. Hampir seluruh jurusan di UI yang saya tahu sudah ada akreditasinya [jenjang A]. Saat CPNS kemarin hal tsb termasuk salah satu syarat berkas yang hrs dikirim. Dan hanya sedikit yang dari UI yang tidak melampirkannya. Terima kasih

      • Dwi Kurniawan berkata:

        saya sudah cek di BAN-PT ternyata Jurusan yg saya tempuh “Manajemen Informasi Kesehatan dan Rekam Medis” sudah tidak terdaftar akreditasnya, apa mungkin krn jurusan saya sudah di tutup sejak 2005?
        dan satu lagi pertanyaan kakak saya yang lulusan UIN Jakarta kok lulus administrasi Kemenkes padahal kakak saya tidak melampirkan sertifikat akreditasi perguruan tinggi?. Terima Kasih

      • Pegawai BYM berkata:

        Yth Dwi Kurniawan, untuk program Diploma memang ada beberapa fakultas yang belum mendapat akreditasi namun sudah jalan. Kalau yang dari D3 FKM sebenarnya ada berkas BAN PT yang lama saja yang bisa dipakai bukan yang update. Kalau ada peserta tdk melampirkan sertif akreditasi mungkin karena pada lembar nilai semester ada keterangan akreditasinya. Tapi ini mungkin karena kami juga tidak trahu datanyasecara pasti. terima kasih

  3. Ping balik: Lowongan Kerja Kesehatan dan Umum RSCM Juni 2014 | Pegawai BYM

  4. Rizka berkata:

    Aslkm,tks atas info yg bermanfaat ini
    Yg ingin sya tanyakan saya lulus di tahun 2009,surat ket akre perguruan tinggi yg dilampirkan saat saya lulus atau yg terbaru ya? Kalau pake yg wktu lulus sdh kadaluarsa di thn 2013. Bagaimana baiknya. Tks. Wass.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Rizka, wa alaikum salam. Selamat mendaftar ya semoga sukses. Kebetulan kami bukan panitia Seleksi CPNS jadi agak kurang tahu. Coba dicari informasinya di situs panselnas (Panitia Seleksi Nasional) biasanya di situ detail informasinya.
      Kalau untuk Seleksi CPNS tahun 2013 memang tidak detail informasi perihal Akreditasinya jadi berkas kapanpun asalkan itu tentang Akreditasi maka dianggap memenuhi persyaratan walaupun sudah kadaluarsa. Terima kasih. Wassalam

  5. Anis Setiorini berkata:

    terimakash atas informasi dan gmbrn mengenai soal2 tkb kesehatan, di artikel khn dsebutkn klo bnyk sekali yg menyediakan contoh2 soal kesehatan yg bs di unduh, apa bs dshare alamtny…..
    terimakasih

    • Pegawai BYM berkata:

      yth Anis Setiorini, coba di googling saja. di kaskus juga ada. Ohya kan ada juga contoh soal resmi yang dikeluarkan oleh BKN. Kami punya yang dari BKN. Tinggal unduh aja di BKN. terima kasih Salam

  6. sadha berkata:

    May tanya..untuk perstaratan kemenkes tahun ini sertifikat akreditasi Jurusan atau Universitas ya??

  7. sadha berkata:

    Mau tanya. Kan di pngumuman kemenkes yg saya downloa(Pdf) itu disuruh mengirimkan sertifikat akreditasi Jurusan. Dan setelah saya login untuk mengisi formulir, ada kolim yang perintahnya “akreditasi Perguruan Tinggi” nya ya dan dipetunjuknya suruh melampirkan. Jadi yg harus dikirim bersama berkas2 lainnya itu akreditasi Jurusan atau Universitasnya atau semuanya???

  8. hardism berkata:

    Asslmkm.. mw tanyak klo no KTP tdk dilampirkn di SKCK sah atau tdk? Saya buat SKCK kmrn pake resi ktp.. trmksh

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Hardi S M, kami bukan panitia CPNS Kemenkes 2014.Kami belum mengikuti informasi penerimaan yang terbaru.
      Mohon memeriksa dengan teliti dan hati-hati sebelum mengirim agar berkas anda dinyatakan valid. Kesalahan sedikit saja dapat membuat anda dinyatakan gugur dan tidak bisa mengikuti ujian. Terima kasih

  9. banksol berkata:

    Yth admin, mo tanya nih saya akui bahwa saya tidak teliti dalam menuliskan status akreditasi yang seharus nya A pada tahun kelulusan saya , tapi saya input B untuk akreditasi yang berlaku sekarang kira kira sepengetahuan admin apakah saya gagal seleksi administrasi……….. untuk IPK sih memenuhi keduanya baik A ataupun B.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Bank Sol, kami bukan panitia penerimaan CPNS 2014. Namun kami bisa kasih saran sedikit.
      Kalu begitu masalahnya kirimkan saja akreditasi yang sekarang untuk pengajuan berkas, jangan akreditasi pada waktu anda lulus. Semoga berkah.
      Terima kasih

  10. Penulisan di map “instansi kementrian kesehatan” maksudnya apa ya? Apa kita hrs menuliskan “kementrian kesehatan” (di map tsb) atau menulis salah satu lokasi yg kita pilih saat registrasi online contoh : rumah sakit….. (Pd map)

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Mila Siti Istiqomah, Instansi berarti nama Instansinya Misal Badan Pengawasan Obat dan Makanan Kemenkes RI atau Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI atau Rumah Sakit Umum PUsat Persahabatan Jakarta.
      Namun kami bukan panitianya sebaiknya anda membaca lagi ketentuannya agar tidak ada kesalahan. Terima kasih. Wassalam

  11. ana berkata:

    saya mau tanya,no ijazah lulusan poltekkes yang mana yg sebelah kiri No: 010/2012 atau yg kanan No:183272 , terimakasih

  12. alief berkata:

    gan kalo salah ngirim warna map gimana solusinya? apa harus kirim ulang?

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Alief, semoga sukses. Kalau dulu salah kirim Map akhirnya masuk ke beda katagori dan dinyatakan ga lulus. Misal lulusan perawat tapi masuk boks kategori penata komputer karena mapnya biru (misal).
      Kalau kirim lagi berkas tidak bisa diinput lagi karena berkas pertama sudah masuk dan sudah diinput pada loket penerimaan. (satu kode berkas hanya bisa lewat satu kali cek habis itu tersimpan dan tidak bisa dipanggil lagi datanya).
      Tapi kami tidak tahu sistem yang sekarang karena kami bukan panitianya. Semoga saja panitia sekarang lebih bijak. Terima kasih

  13. yoshi berkata:

    apakah sk akreditasi harus di legalisir?
    untuk syarat cpns?

  14. Tita berkata:

    saya bingung dengan tahun kelulusan, saya lulusan tahun 2010 akhir, tapi menerima ijazah tahun 2011 (mirip dengan contoh ijazah sarjana kesmas undip yang ada di atas) maka untuk mengisi tahun kelulusan saya apakah tahun 2011 atau tahun 2010?
    kemudian saya mengamati kalau di legalisir ijazah saya, sudah di cap legalisir dan cap instansi namun untuk kolom tanggal ternyata dikosongkan (sepertinya sudah sedemikian prosedur biasanya). bagaimana apakah bisa dibilang legalisir ijazah saya sah?

    • Pegawai BYM berkata:

      Yang Terhormat Tita, tahun lulus dengan tahun menerima ijazah bisa berbeda. Panitia penerimaan CPNS juga pasti tahu itu kan di ijazah tertulis.
      Menurut kami yang bukan panitia CPNS berarti Tita lulusan tahun 2010. Jadi yang diisi untuk tahun kelulusan ya 2010.
      Terima kasih

      • Tita berkata:

        terimakasih atas jawaban yang diberikan.
        kemudian ada permasalahan lagi, apabila ternyata terdapat dua no ijazah.
        sebagai cth :
        Nomor di ijazah ada dua:
        No. U. : 0088xx/SE(gelar sarjana)
        No. F. : 88xx/SE(gelar sarjana)/xx(tahun penerimaan ijazah)
        jadi, no ijazah yang mana yang digunakan untuk diisikan ke kolom no ijazah (apakah NO.U atau No. F)?

        Pada tahun lalu saya mengirimkan berkas lamaran CPNS ke Kemenkes, tetapi tidak lolos seleksi administrasi padahal saya merasa sudah benar dan lengkap dalam mengisikan data. Menurut saya seharusnya alasan ketidaklengkapan berkas disertai dengan keterangan kesalahannya apa sehingga menjadi jelas dan dapat diperbaiki pada seleksi cpns selanjutnya.
        Saya menyertakan akreditasi BAN PT yang di scan (bukan fotokopi). apakah menurut sepengetahuan admin, hal tersebut kira – kira yang menjadikan berkas saya tidak lolos seleksi administrasi, karena dokumen di scan,bukan fotokopi?
        (karena sampai sekarang saya juga masih mengira – ngira apa kekurangan dari berkas yang dikirimkan)
        terima kasih.

      • Pegawai BYM berkata:

        Yth Tita, Nomor Ijazah pilih salah satu jangan dua-duanya. Tahun kemarin memang nomor ijazah ganda dari Fakultas dan Universitas yang tertera di ijazah setahu kami dibenarkan kalau memilih salah satu. Namun kalau memilih dua-duanya bisa disalahkan.
        Dan seharusnya memang kesalahan berkas diberitahukan (bisa dilihat secara online) kepada pelamar yang terdiskualifikasi. Jadi mereka tidak mengira-ngira apa salah dan dosaku 😉 hehehe.
        Tapi kami tidak tahu kenapa hal tersebut tidak dilakukan.
        Terima kasih. Salam

  15. Tita berkata:

    Ok. jadi antara no ijazah fakultas dan universitas, dua – duanya dinilai benar dan dipilih salah satu, begitu ya?
    atau sekarang ada peraturan, no ijazah dari mana (fakultas atau universitas) yang benar digunakan?

    terimakasih

  16. ridho berkata:

    saya sudah menerima surat balasan cpns dan tidak lolos administrasi. dengan keterangan “legalisir fotocopy ijazah dan transkrip tidak sesuai ketentuan”. kira2 dimana kesalahan saya?
    1. lulus tahun 2006. dan legalisir terakhir tahun 2008. itu yang saya kirimkan. apakah karena legalisir saya kadaluarsa?
    thxu atas jawabannya.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Ridho, kami bukan panitia seleksi penerimaan CPNS 2014 namun kami coba bantu jawab (belum tentu benar) untuk penandatanganan legalisir ijazah ada ketentuan siapa yang menandatangani.
      Coba saudara periksa lagi apakah sudah sesuai. Kalau masalah tahun mungkin masih bisa diterima. Terima kasih

      • ridho berkata:

        yang jelas, yang menandatangani legalizir ijazah saya adalah pembantu dekan II. itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 11 tahun 2002. disitu untuk S1 salah satu pejabat yang berwenang adalah pembantu dekan. lha dmn kesalahan saya? pihak BKD tidak menjelaskan secara jelas. sudah kirim email, tidak ditanggapi pihak BKD. sya benar2 dipermainkan oleh seleksi CPNS tahun ini. Andai legalizir saya kadaluarsa, harusnya saya diberitahu, peraturan mana yang menjelaskan legalisir ada kadaluarsanya. karena saya sudah berulangkali ikut cpns dengan legalisir yang sama, tetapi lolos administrasi. Aneh kan?

      • Pegawai BYM berkata:

        Yth Ridho, saya rasa panitia validasi berkas lamaran CPNS 2014 tidak mempermainkan peserta, mungkin mereka sibuk mengolah ratusan ribu berkas pelamar (maklum saja masih banyak masyarakat yang mengagungkan dan berminat mjd profesi PNS). Untuk persyaratan legalisir sejauh yang kami dapat informasinya (kami bukan Panitia Validasi berkas CPNS 2014 lho, hehe) adalah Pembantu Dekan Bidang Akademik (Kalau dulu waktu saya kuliah Pudek I, sedangkan Pudek II mengurusi kemahasiswaan). Terima kasih

  17. agung setiawan berkata:

    kalau tulisan diamplop ditulis tangan bisa lulus admnstrasi g y mas, ketentuan ketik dan dalam kotak. trims

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Agung Setiawan, kalau ketentuannya diketik maka tentu Agung akan dinyatakan tidak lulus. Namun mungkin panitia CPNS 2014 tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut.
      Mas Agung berdoa saja agar hal tsb tidak dianggap non valid. Sehingga Mas Agung bisa ikut ujian CAT bersama teman2 kami (yang belum CPNS). Kami ikut mendoakan. Semoga Sukses. Salam

  18. Ramadhan berkata:

    Yth, admin, saya mau tanya, saya tidak lulus seleksi administrasi kemenkes, sbnrnya tgl dan tahun ijazah utk akper, itu tgl dan tahun yg d dpn ijazah yg d tandatangani direktur atau yg dibelakang ijazah seperti contoh d atas (blkg ijazah no + tgl thun registrasi ijazah) krn beda pak, d dpn ijazah tgl 21 oktober 2010 yg d tandangani direktur nya, di belakang ijazah menurut registrasi ijazah tgl 8 desember 2010, jd duluan yg d tanda tangani direktur, saya selalu bingung,.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Ramadhan, ijazah untuk Akper Poltekkes dll setahu saya yang di depan. Kalau yang di belakang adalah nomor dan tanggal registrasi ijazah.
      Jadi untuk persyaratan CPNS pakailah yang di depan seperti contoh yang dilingkar hijau/kuning. Bukan yang dilingkar merah (dalam foto di atas). Terima kasih

  19. septiani nursanti berkata:

    yth admin.
    saya ingin bertanya masalah ijazah..
    kemarin saya baca di ketentuan jabatan yang saya lamar s1 teknik komputer sementara saya s1 teknik informatika.
    apa itu pengaruh?
    karna sampai sekarang saya belum mendapat balasan dari pemerintah kota depok.
    terima kasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Septiani Nursanti, kebetulan kami bukan panitianya dan kami juga tidak tahu kualifikasi untuk jabatan tersebut.Kalau tidak mendapat balasan memang akan menimbulkan banyak pertanyaan.
      Semoga ke depannya hal-hal apa yang menyebabkan kita tidak lulus diberitahu oleh panitianya baik melalui surat ataupun melalui websitenya. Terima kasih

  20. akhmadiwijaya berkata:

    alhamdulillah, hari ini dapat melalui ujian tkd dengan cukup baik, namun saya masih mencari bahan untuk nanti bisa dijadikan referensi pembelajaran materi pada ujian tkb, untuk buku “sukses menembus tes cpns kemenkes” apakah disini masih ada yang memilikinya yang mungkin sudah tidak digunakan lagi, karena cukup sulit untuk menemukan bukunya, saya melamar pada jabatan non kesehatan, jadi saya blum punya gambaran tentang materi2 seputar bidang kesehatan yang akan diujikan pada ujian tkb nanti, klo ada yang masih memiliki buku tsb & tidak keberatan untuk sekedar meminjamkannya, saya akan sangat senang dan sangat berterimakasih….

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Mas Akhmadi Wijaya, terima kasih sudah berkunjung ke blog kami. Kami masih memiliki 1 buku tersebut (dari beberapa yang pernah kami miliki). Namun menurut penilaian kami soalnya sudah berbeda dengan soal ujian tahun 2013. Apalagi utk soal TKB tahun 2014. Namun kalau masih penasaran mau lihat isi buku tsb silahkan datang ke Salemba FKUI Jakarta. Terima kasih

  21. Edi W. berkata:

    Assalamualaikum..
    Selamat malam Admin,
    Tahun ini saya sangat terkejut dan kecewa sekali. Pada tanggal 23 September 2014 kemarin saya mengirimkan berkas ke panitia penerimaan CPNS untuk Kementrian Tenaga kerja dan Transmigrasi. Kemudian pada tanggal 23 Oktober 2014 jadwal ujian CPNS dan pengumuman peserta yang lulus administrasi keluar di situs http://www.depnakertrans.go.id, namun ternyata nama saya tidak tercantum pada daftar mereka, padahal semuanya saya memenuhi syarat, bahkan saya lulusan cumlaude (maaf bukan bermaksud sombong) dan saya melampirkan semua berkas dengan lengkap sesuai yang mereka sebutkan. Memang saya menyadari, bahwa ijazah saya sejak SD sampai DIII ada perbedaan antara tanggal lahir yang tercantum pada ijazah-ijazah tersebut dengan KTP/akta kelahiran, di ijazah selalu 15 April 1980 (dari SD-DIII) sedangkan di KTP/akta kelahiran 28 April 1980 (ini adalah yang benar).

    Apa ketidaklulusan seleksi administrasi saya karena adanya perbedaan tanggal lahir antara di ijazah dengan di KTP?

    Mohon masukannya sejauh yang admin tahu, saya tidak tahu pasti dan bertanya-tanya alasan penyebab ketidaklulusan adminstrasi saya, sementara saya sudah mempersiapkan diri dengan belajar mati-matian untuk ujian (ternyata jadwalku nihil), dan mungkin tahun depan saya akan mencobanya lagi.

    Terimakasih.

    Walaikum Salam.

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Sdr Edi W, wa alaikum salam. Sampai tahun ini ternyata Seleksi CPNS Kemenakertrans sama dengan Seleksi CPNS Kemenkes yaitu bagi yang tidak lulus seleksi tidak mengetahui apa penyebab ia tidak lulus.
      Teman kami tahun kemarin lulus, tahun ini tidak lulus. Jadi hanya bisa menebak-nebak saja penyebabnya. Padahal tahun depan akan mencoba lagi, Ia tentu akan bingung dimana salahnya dan apa yang harus dikoreksi. Sama seperti anda.
      Tapi di blog ini ada peserta yang tidak lulus tapi diberitahu kesalahannya. Sayang, saya tdk sempat menanyakan dari Kementerian/Pemda apa dia. Semoga keluhannya didengar Panitia Seleksi CPNS.
      Salam. Terima kasih

  22. sari puspita berkata:

    Saya hanya sekedar sharing pengalaman. Cpns tahun ini saya sempat dinyatakan tdk lulus administrasi. Lalu saya menemui panitia setempat dan mempertanyakan kesalahan saya. Padahal semua berkas saya sudah sesuai dan sudah saya cross check ke kantor pusat ( kebetulan saya ikut cpns di jateng). Ternyata dari panitia memiliki persepsi sendiri dlm mengartikan persyaratan cpns. Lalu setelah panitia setempat mengkros check syarat2 saya. Ternyata saya di luluskan di administrassi beserta 18 peserta lain yg senasib. Intinya kl kita benar iti patut ubtuk diperjyangkan. Krn kl yg salah dari panitianya maka merekapun akan malu dan takut dianggap tdk bisa bekerja oleh kantor pusat. Tks

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Sari Puspita, Terima kasih sudah memberikan sharing pengalaman. Kalau bisa lebih dilengkapi lagi mbak, misal mbak pergi kemana bagian apa atau apakah hanya melalui telepon atau melalui jaringan email/internet saat berkomunikasi dgn panitia pusat.
      ini untuk pengetahuan peserta di masa mendatang, hal ini penting dan sering ditanya oleh peserta
      Makasih ya mbak. Semoga mbak Sari Puspita Sukses ya

    • sari puspita berkata:

      sebelum saya kirim data saya sudah cross check dgn meminta tolong keluarga membawa lamaran saya ke cpns pusat di kuningan. disana pelayanannya sangat luar biasa, disediakan meja khusus dan dilayani dengan tulus untuk menampung keluhan cpns, bahkan keluarga ditawari apel 🙂 oleh panitia pusat. pusat menyatkan sudah lengkap, tinggal tunggu pengumuman. sangat kaget ternyata saya dinyatakan tidak lulus oleh panitia daerah. lalu saya berniat mengdatangi panitia daerah untuk menanyakan alasan tidak lulus dan singkat kata saya meminta dibuatkan keterangan alasan ketidak lulusan saya untuk saya berikan ke panitia pusat. ternyata mereka terkejut dengan permintaan saya tersebut, dan ternyata mereka menelpon pusat dan menanyakan kembali tentang persayaratannya. ketua panitia setempat lalu mendatangi saya dan menyatakan permintaan maafnya dan menyatakan saya lulus administrasi. lalu panitia menguhubungi peserta – peserta lain hari itu juga yang nasib administrasinya sama dengan saya. kami disuruh datang kembali besok untuk mengikuti seleksi TKD pada hari terakhir, saya juga mengapresiasi panitia daerah yang mau mengakui kesalahannya yang tentu tdk semua tempat akan mau mengakui kesalahannya.
      alhamdulillah saya lulus untuk ujian TKD kmrn dan mengikuti TKB , terimakasih atas kisi kisinya sangat bermanfaat
      salam

      • Pegawai BYM berkata:

        Yth Sari Puspita, terima kasih banyak, kalau boleh nanti kami masukkan ke dalam tulisan blog kami ya. Share untuk teman2 dan untuk di penerimaan mendatang. Izin dulu sama kamu boleh ya? Salam

      • sari puspita berkata:

        boleh, tp mohon jangan sampai terkesan menyalahkan panitia daerah yah. karena kasus saya ini sudah clear, jangan sampai urusannya menjadi panjang dan panitia daerah menjadi terbawa – bawa. dituliskan saja bahwa peserta yang bersangkutan harap menghubungi / datang langsung ke panitia seleksi pusat atau setempat untuk menanyakan kembali apakah berkas yang disiapkan sudah tepat sebelum dikirim via pos, untuk alamat panitia seleksi setempat sebenarnya bisa ditanyakan via tlpon ke panitia seleksi pusat. karena walaupun peserta datang langsung tetap tidak akan diterima berkasnya oleh panitia daerah, jadi walaupun kita bawa berkas tetap kita harus kirim via pos. tp hal ini untuk mencegah ketidak lulusan administrasi. kalo semua sudah bilang berkas lengkap baru kita kirim ke pos.

      • Pegawai BYM berkata:

        Baiklah tentu kehati-hatian akan kami terapkan dalam hal ini. Terima kasih

  23. assalamualaikum..mohon penjelasan untuk nomer ijazah itu yang mana ya?untuk ijazah yg dari UNDIP…terima kasih

  24. yani berkata:

    Tanya donk.. Surat akreditas itu tidak di legalisir gak masalah ya?

  25. Yth admin @pegawai Bym
    Sy mau bertanya min, sy lulusan teknik informatika saat ini sy mengabdikan diri pada dinkes dipekerjakan pd salah satu puskesmas sbgai tenaga administrasi umum dan pengolah data/SIMPUS apakah jurusan seperti sy memang dibutuhkan pd instansi seperti ini dan tdk bertentangan dgn peraturan kemenkes untuk SDMK.
    Terimakasih

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Alexanderra, tenaga administrasi umum adalah golongan jabatan yang umum di luar jabatan fungsional medis/penunjang medis seperti dokter, perawat, apoteker, adminkes dan lain-lain. Jabatan tersebut memang ada dan uraian jabatannya tersedia di lingkungan kerja instansi kesehatan. Terima kasih

  26. Golden Waryono berkata:

    kesimpulannya kalau berkas administrasinya aja njlimet begitu belum sempat di uji dengan kemampuan mungkin sudah bisa ditumbangkan dengan aturan yang kurang jelas dan kurang sederhana, bikin aja aturan aturan yang saklek, misal huruf di berkas lamaran harus tahoma atau arial atau latin salah koma atau titiknya langsung gagal, jangan sampai ada kesan mengada ada, memastikan keaslian arsip kan tidak harus dengan aturan yang njlimet begitu…..

  27. Risa berkata:

    Yth admin.. saya mau bertanya mengenai tanggal ijazah terakhir, saya lulusan poltekkes. tanggal ijazah terakhir itu yang mana ya “telah dinyatakan lulus tanggal 4 agustus 2015” atau yang diatasnya ttd direktur “tasikmalaya, 19 agustus 2015” ? mohon pencerahannya..

  28. Ping balik: Kisi kisi Soal Tes Kemampuan Bidang Kesehatan CPNS Kemenkes 2017 | Pegawai BYM RSCM

  29. Ping balik: Tes Kemampuan Dasar TKD Ujian Seleksi CPNS Kemenkes RI tahun 2017 | Pegawai BYM RSCM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s