Pengumuman kelulusan seleksi administrasi CPNS Kemenkes RI 2013

Pengumuman kelulusan seleksi administrasi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Kesehatan RI atau CPNS Kemenkes tahun pengadaan 2013, akan diumumkan pada tanggal 5 Oktober 2013. Itu berarti jatuh pada hari Sabtu. Demikian pengumuman jadwal dari situs Kemenkes RI.

Sambil menunggu pengumuman kelulusan seleksi administrasi Pengadaan CPNS Kementerian Kesehatan RI Kemenkes, menurut pengalaman teman saya yang sudah berkali-kali ikutan ujian seleksi CPNS Kemenkes RI dan pada akhirnya menjadi CPNS yang baik dan penuh tanggung jawab, ada beberapa hal yang bisa membuat peserta dinyatakan GUGUR / GAGAL dalam proses seleksi administrasi pengadaan CPNS.

Informasi dari dia sebenarnya tidak bisa dijadikan PATOKAN RESMI dan kami pun tidak bisa mengkonfirmasi keterangannya kepada Pihak yang Berwenang di Kementerian PAN atau Kementerian Kesehatan, namun mungkin bisa menambah pemahaman dan pengetahuan kita mengenai kemungkinan lulus tidaknya kita dalam seleksi administrasi CPNS 2013. Agar anda nanti bisa lebih baik lagi dalam melamar CPNS di tahun-tahun depan. Diharapkan CPNS yang ada kompetisinya semakin sengit dan terbuka sehingga SDM yang kompeten yang dimiliki oleh Negara semakin banyak. Amin

Antrian pasien Rawat Jalan RSCM

Antrian pasien Rawat Jalan RSCM

Pada pengumuman seperti tertulis di situs kemenkes RI di dokumen Pengumuman Penerimaan CPNS Kemenkes Tahun 2013.pdf SUDAH ADA WARNING di bawah ini

Pelamar  harus  memperhatikan  langkah-langkah  pengisian  secara  cermat  dan  hati-hati.  Kesalahan pengisian  yang  tidak sesuai  dengan  dokumen  pendukung  dapat  mengakibatkan ketidaklulusan seleksi administrasi.

Nah disinilah kita harus cermat, teliti, hati-hati, harus banyak bertanya dan melihat dengan contoh-contoh yang ada di petunjuk pengisian Registrasi Online Pengadaan CPNS. Apa yang harus kita isi dengan tepat, apa yang jangan diisi, apa yang harus dilampirkan apa yang tidak. Yang dimaksud dengan nomor dokumen itu yang mana, nomor ijazah, tanggal ijazah, nomor surat, legalisir itu apa, siapa yang berwenang melegalisir suatu dokumen.

Semua pertanyaan itu jika anda teliti membuka dan membaca Pengumuman Biro Kepegawaian Kemenkes RI sebenarnya bisa terjawab. Tapi namanya manusia yang mudah alfa dan selalu terkondisikan untuk tergesa-gesa dan mudah dihinggapi kekhilafan jadi salah juga deh.

Untuk persyaratan dokumen di registrasi online Kementerian Kesehatan RI ada beberapa lampiran yang harus dikirim para pelamar

  1. Map kertas ukuran Folio
  2. Lembar registrasi Online yang ada barcode-nya
  3. FC KTP
  4. FC IJAZAH
  5. Transkrip Nilai IPK
  6. Sertifikat Akreditasi Program Studi / Perguruan Tinggi dari BAN PT
  7. Surat Keterangan Sehat Dokter Pemerintah
  8. Surat Keterangan Catatan Polisi (SKCK)
  9. Surat pernyataan bersedia bekerja minimal 5 tahun materai
  10. Surat pernyataan 5 hal di atas materai
  11. Lain-lain dokumen pendukung seperti Surat Tanda Register / Apoteker untuk Dokter / Apoteker, surat perintah / SK honorer dari instansi untuk tenaga honorer

Pegawai Negeri Sipil Kementerian Kesehatan RI

Pegawai Negeri Sipil Kementerian Kesehatan RI

Pekerjaan panitia penerimaan CPNS 2013 adalah memeriksa apakah berkas lamaran CPNS 2013 lengkap atau tidak. Setelah itu melakukan validasi data secara berlapis-lapis untuk menghindari kecurangan dan kesalahan. Validasi dilakukan empat lapis pemeriksa (wah banyak juga yah). Panitia melakukan validasi data registrasi online adalah mencocokkan antara apa yang diinput oleh para pelamar CPNS Kemenkes RI di Register Online (ropeg.kemenkes.go.id) dengan dokumen terlampir yang dikirim via pos kepada panitia Tim Seleksi Pengadaan CPNS Provinsi.

Dari pemeriksaan tersebut maka para pelamar CPNS akan terbagi dalam 4 kategori

  1. Bagi yang mengirimkan berkas LENGKAP dan SESUAI dengan persyaratan yang diminta di situs online tersebut serta isian dari lembaran registrasi online yang dicetak inputnya atau isinya sesuai dengan berkas yang dikirimkan maka PELAMAR INI DATANYA DIANGGAP VALID DAN DINYATAKAN LULUS SELEKSI ADMINISTRASI.
  2. Bagi yang mengirimkan berkas TIDAK LENGKAP sesuai dengan persyaratan yang diminta di situs online maka PELAMAR INI DATANYA DIANGGAP TIDAK VALID DAN DINYATAKAN TIDAK LULUS SELEKSI ADMINISTRASI. Contohnya tidak ada pasfoto 4×6 berwarna di lembar registrasi online. Misalnya surat pernyataan bersedia bekerja 5 tahun tidak ada
  3. Bagi yang mengirimkan berkas LENGKAP dan tapi TIDAK SESUAI dengan persyaratan yang diminta di situs online tersebut maka PELAMAR INI DATANYA DIANGGAP TIDAK VALID DAN DINYATAKAN TIDAK LULUS SELEKSI ADMINISTRASI. Contohnya Akreditasi Program Studi-nya Akreditasi C.
  4. Bagi yang mengirimkan berkas LENGKAP dan SESUAI dengan persyaratan yang diminta di situs online tersebut TAPI isian dari lembaran registrasi online yang dicetak inputnya atau isinya TIDAK SESUAI dengan berkas yang dikirimkan maka PELAMAR INI DATANYA DIANGGAP TIDAK VALID DAN DINYATAKAN TIDAK LULUS SELEKSI ADMINISTRASI. Misal tanggal ijazah tidak sesuai dengan entry/input data online. Misal tanggal lahir salah/tidak sesuai dengan di ijazah. Misal nomor SKCK salah input karena tidak tahu dimana itu nomor SKCK. Dan lain2.

Jadi hanya kategori 1 saja yang dinyatakan LULUS SELEKSI ADMINISTRASI

Untuk kategori nomor 4 ini kemungkinan untuk salahnya sangat besar karena banyak hal-hal sepele yang tidak kita pahami atau kurang teliti dalam melihat contoh seperti dicontohkan di petunjuk cara pengisian. Misalnya tanggal ijazah itu dimana? Di depan ijazah ada tanggal, di belakang ada tanggal yang manakah tanggal ijazah sebenarnya?

Contoh lain untuk nomor 4 adalah nomor SKCK, anda harus hati2 dan jangan malu untuk bertanya kanan kiri teman anda serta melihat contoh yang diberikan di Petunjuk Pengisian Registrasi Online CPNS Kemenkes RI agar isian anda tepat dan tidak salah.

Kalo sudah begini yah pasrah saja yah. Karena sepertinya sistem online itu sudah canggih jadi panitia kalau mau juga tidak bisa merubah datanya. Sistemnya tertutup dan hanya bisa dibuka dan diakses oleh Pejabat Tinggi di Kemenpan atau di Kemenkes. Seorang peserta tidak bisa menginput dua kali dengan nama, tanggal lahir serta nomor KTP yang sama. Menurut

Berikut ini di bawah contoh-contoh hal yang mungkin bisa membuat anda para pelamar CPNS Kemenkes RI dinyatakan gugur dan tidak lulus seleksi administrasi (jangan sedih ya). Ini hanya perkiraan aja lho jangan sedih dulu yaaaaa….:

  1. Berkas TIDAK dikasih map
  2. Map TIDAK ditulis keterangan apa-apa
  3. Warna Map tidak sesuai dengan pendidikan
  4. KTP sudah kadaluarsa (sudah mati masa berlakunya / afkir)
  5. KTP yang terkirim ternyata KTP Bapaknya
  6. Ijazah lupa dilegalisir
  7. Ijazah dilegalisir tapi bukan oleh pejabat yang berwenang
  8. Ijazah dilegalisir pejabat yang berwenang tapi lupa distempel instansi, hanya ada stempel legalisir doang (bisa bedainnya gak?)
  9. Point 5, 6 dan 7 juga bverlaku untuk IPK (Transkrip Nilai)
  10. Tanggal dikeluarkan ijazah (tanggal ijazah) benar dientry tapi nomornya salah
  11. Nomor ijazah benar tapi tanggal ijazah salah
  12. IPK tertukar dengan indeks nilai semester
  13. Akreditasi Perguruan Tinggi yang dikeluarkan BAN tidak ada tidak terlampir
  14. Akreditasi Perguruan Tinggi tapi grade-nya C
  15. Surat Keterangan Sehat tidak ada
  16. Surat Keterangan Sehat ada tapi dari dokter swasta / klinik umum, misal dari dokter perusahaan
  17. Surat Keterangan Sehat dari dokter pemeritnah ada tapi berupa fotokopi yang dilegalisir (tidak asli)
  18. Surat Keterangan Sehat sudah kadaluarsa misal dikeluarkan pada Bulan April 2013
  19. SKCK asli tapi tidak dilegalisir dan dicap basah. Berbeda dengan Surat Keterangan Sehat, justeru SKCK itu yang memenuhi syarat adalah fotokopian yang dilegalisir dan dicap basah. Bukan SKCK asli dan polos.
  20. SKCK sudah kadaluarsa masa berlakunya
  21. No SKCK di formulir registrasi online tertukar dengan nomor blanko dinas dokumen kepolisian. No SKCK yang dimaksud adalah ini SKCK/Yanmas/nomornya/VIII/SAT INTELKAM, bukan No Misal 90-20704567 yang terletak di atas surat sebelah kiri paling atas. Biasanya pada ketukar di sini
  22. Lembar registrasi online lupa ditanda tangani oleh pengirim
  23. Lembar registrasi online tidak ada / tidak tercetak barcodenya
  24. Lembar registrasi online tidak dikasih pasfoto berwarna
  25. Lembar registrasi online dikasih pasfoto berwarna TAPI ukuran lain, misal 3×4 atau 2×3
  26. Surat pernyataan 5 butir pernyataan atau bersedia bekerja 5 tahun salah satunya atau dua-dauanya tidak ada
  27. Surat pernyataan 5 butir pernyataan atau bersedia bekerja 5 tahun TIDAK diberi materai 6.000
  28. Surat pernyataan 5 butir pernyataan atau bersedia bekerja 5 tahun ada materai TAPI LUPA ditanda tangan

Tapi jangan sedih ya, mungkin saja tahun depan ada lowongan CPNS kembali dan anda bisa masuk dan berhasil lulus menjadi CPNS. Tulisan ini bukan untuk menambah kesedihan anda tapi bertujuan mulya yaitu untuk menambah pengetahuan anda. Lagian informasi ini juga cuma perkiraan saja, proses seleksi yang sebenarnya hanya Panitia Seleksi saja yang tahu informasi yang benar.

Mohon disebarkan kepada teman-teman dan forum-forum diskusi untuk menjadi pembelajaran.

Contoh Soal Ujian CPNS Kemenkes RI 2013

BYMers menjenguk karena ada keluarga yang sakit

BYMers menjenguk karena ada keluarga yang sakit

About these ads

Tentang Pegawai BYM

Situs ini adalah situs di luar pekerjaan dinas pegawai BYM, Jakarta Pusat. Hanya sekedar berbagi dan having fun kepada dunia
Tulisan ini dipublikasikan di Lowongan Kerja, RSCM dan tag . Tandai permalink.

18 Balasan ke Pengumuman kelulusan seleksi administrasi CPNS Kemenkes RI 2013

  1. Dillah berkata:

    dimana letak no ijasah ?

    • Pegawai BYM berkata:

      Tanggal ijazah itu di lembar Ijazah bagian depan, biasanya di atas tanda tangan direktur. Kalau lulusan Poltekkes harus hati-hati mengentry jangan tertukar tanggal ijazah dengan tanggal regsitrasi ijazah (di belakang ijazah poltekkes), tanggal ijazah UI, UNDIP, UGM dan lain2 semuanya di bagian depan ijazah di atas tanda tangan dekan/rektor. Jangan tertukar dengan tanggal yudisium, tanggal surat BAN dan lain2.

  2. omen berkata:

    lupa no registrasi gimana ya??

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Omen, kebetulan kami bukan panitia CPNS, namun info yang kami dengar2 sih begini: kalau anda lupa nomor registrasi serta lembar registrasi online anda tidak difotokopi dan anda tidak mempunyai arsipnya maka anda tidak bisa mengecek status kelulusan anda. Jika anda hapal nomornya dan bisa mengecek dan anda dinyatakan lulus ttp tidak ada lembar registrasi maka anda tidak bisa mengambil kartu ujiannya. Jadi anda tetap gugur.

  3. yenni berkata:

    Bagaimana jika kita lupa nomor pendaftaran Dari hasil cetak online? Dimana bisa mendapatkan info back up nya…?

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Yenni Syafitri (lulusan 2011, hehehe (kok saya tahu ya?)), kebetulan kami bukan panitia CPNS, namun info yang kami dengar2 sih begini: kalau anda lupa nomor registrasi serta lembar registrasi online anda tidak difotokopi dan anda tidak mempunyai arsipnya maka anda tidak bisa mengecek status kelulusan anda. Jika anda hapal nomornya dan bisa mengecek dan anda dinyatakan lulus ttp tidak ada lembar registrasi maka anda tidak bisa mengambil kartu ujiannya. Jadi anda tetap gugur. Tidak ada back upnya, system pendaftaran sudah dikunci.

  4. bagaimana jika saya lupa no pendaftaran registarsi online sehingga saya tidak bisa mengecek lulus adminstrasi

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Arninda, kebetulan kami bukan panitia CPNS, namun info yang kami dengar2 sih begini: kalau anda lupa nomor registrasi serta lembar registrasi online anda tidak difotokopi dan anda tidak mempunyai arsipnya maka anda tidak bisa mengecek status kelulusan anda. Jika anda hapal nomornya dan bisa mengecek dan anda dinyatakan lulus ttp tidak ada lembar registrasi maka anda tidak bisa mengambil kartu ujiannya. Jadi anda tetap gugur.

  5. niluh berkata:

    kalau lupa no pandaftarannya bagaimana cara mengetahuinya nya kita lulus atau tidak

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Ni Luh D N, kebetulan kami bukan panitia CPNS, namun info yang kami dengar2 sih begini: kalau anda lupa nomor registrasi serta lembar registrasi online anda tidak difotokopi dan anda tidak mempunyai arsipnya maka anda tidak bisa mengecek status kelulusan anda. Jika anda hapal nomornya dan bisa mengecek dan anda dinyatakan lulus ttp tidak ada lembar registrasi maka anda tidak bisa mengambil kartu ujiannya. Jadi anda tetap gugur. Tidak ada back upnya, system pendaftaran sudah dikunci.

  6. suryawan berkata:

    kalau surat pernyataan sebenarnya yang benar ditulis tangan atau diketik sih???

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Suryawan, kami bukan dari panitia tapi info yg kami dapat begini: pernyataan 5 point dan bersedia 5 tahun itu kalau ditulis tangan dan diketik komputer dua-duanya benar.

  7. mey berkata:

    lembar registrasi online yang ada barcode’y tuu maksud’y apa yaa??apa pada saat di print pakai berwarna atau gmn yaa??

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Mey, kalau anda mencetak langsung registrasi online maka di sudut kanan paling atas akan ada tercetak garis hitam putih yang merupakan kode registrasi (barcode) yang bila discanner dengan scanner infra merah akan memunculkan data pelamar ybs. Tidak perlu pakai printer berwarna, hanya dengan printer hitam putih dan laser jet pun akan keluar barcodenya. terima kasih

  8. Ping balik: Penyebab Tidak Lulus Seleksi Administrasi CPNS KEMENKES RI 2013 | Pegawai BYM

  9. intan berkata:

    salah satu persayaratan kelengkapan administrasi adalah “Surat pernyataan 5 hal di atas materai” . 5 hal itu apa saja ya? thanks

    • Pegawai BYM berkata:

      Yth Intan, Maaf komentarnya masuk ke folder spam jadi baru kami baca.5 hal itu adalah:
      1. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan.
      2.Tidak dalam kedudukan sebagai pengurus/anggota partai politik.
      3.Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri maupun pegawai swasta.
      4. Tidak berkedudukan sebagai Calon/PNS.
      5.Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah
      Bisa baca di https://ropeg-kemenkes.or.id/pengumuman/cpns2013/Form%20Surat%20Pernyataan.pdf
      terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s